Tuesday, March 5, 2019

Depresi dan Support System

Hari ini, saya banyak baca IGS teman-teman yang isinya curhat seorang supir Grab. Saya iseng mencari artikel asli yang ditulis oleh mba Nidta Jameelah. Kemudian saya teringat 10 bulan yang lalu, pasca persalinan. Sebelum waktu bersalin tiba, saya dan mama cukup sering membicarakan soal baby blues. Kata mama, "halah, ngga ada itu baby blues. Mama ngga pernah ngalamin kaya gitu, nrima aja apa yang udah seharusnya". Tapi saya keukeuh, kalau babyblues ngga ada yang pernah ngalamin ngga mungkin ada istilah itu.

Saya sudah pernah cerita bagaimana saya melewati proses melahirkan disini dan disini. Setelah baca cerita mba Nidta tersebut, saya jadi semangat lagi untuk melanjutkan tulisan saya. 

Berdasarkan apa yang saya alami, saya bisa memahami ibu-ibu dengan kasus penganiayaan bahkan pembunuhan yang mereka lakukan terhadap bayi mereka sendiri. Dulu, saya pasti berkomentar, "ibu atau binatang?". Saya tidak membenarkan, tapi saya bisa memahami. Sekarang. Setelah saya jadi ibu. 

Saya ngga tau apakah yang saya alami dulu termasuk baby blues atau bukan. Tapi pasca melahirkan itu memang serasa mental saya diobrak-abrik. Saya sering nangis sendiri di kamar. Rasanya hampir tiap malam saya menahan isak tangis agar ngga terdengar mama. Entahlah, mungkin rasa ngga berdaya yang membuat gelisah. Sakit pasca sc, sakit saat menyusui, volume ASI yang saat dipompa cuma bikin capek cuci botol, ditambah Keefe yang melulu Kolik. Semua itu ngga saya siapkan ketika saya masih hamil. Hamdallah saya punya support system yang baik.

Meski punya bayi saya ngga ikutan begadang. Seminggu pertama Keefe lebih banyak minum sufor. Keefe nangis, mama yang ngegendong sambil kasih sufor atau ASIP. Saya tidur. Tapi saya tidur dengan rasa bersalah terhadap mama yang saya limpahkan untuk jaga Keefe. Beberapa kali saya memaksakan untuk bangun tengah malam demi menyusui Keefe langsung. Sakit. Susah. Hingga akhirnya di minggu kedua pasca melahirkan bekas jaitan mengeluarkan nanah dan darah, hash.  

Saya pun masih bisa bangun siang, karena segala keperluan Keefe ada mama yang menyiapkan. Saya ngga pernah dibangunin kecuali saya yang minta untuk belajar nenenin Keefe sehabis dia mandi. 

Seminggu pertama saya juga ngga pernah bersihin pup Keefe. Meskipun seharusnya saya bersyukur adanya support system yang baik, ada mama, bibi saya, dan nenek yang gantian urus Keefe, tapi rasa bersalah itu mencekam. 

Saya lupa di hari keberapa Keefe lahir, saya pengen bersihin pup Keefe karena memang belum pernah. Waktu itu ada bibi (tante) saya. Pas saya mau bersihin, bibi saya menawarkan diri untuk membersihkan, tapi saya menolak. Pas lagi eksekusi, bolak balik bibi komentar,"itu di sana, itu di sini, aduh ngga bersih". Akhirnya saya lempar kapasnya sambil teriak, "ambu rah bik (baca: berhenti ngomognya)" . Terus saya nangis teriak sejadi-jadinya. Ada kali seminggu lebih bibi ngga saya sapa. Sampai sekarang saya ngga pernah minta maaf atas kejadian itu. Kalau bibik baca ini, maaf ya bik!

Keefe susah banget untuk latch on. Puting saya sudah masuk ke mulutnya tapi dia malah nangis sambil geleng-gelengin kepala. Kata orang-orang waktu itu, Keefe rebutan nenen sama makhluk lain. Ngga masuk akal, tapi saya sempet kepikiran juga, jijay banget ada makhluk lain yang nenen sama saya. Kalau dipikir-pikir sekarang, Keefe itu bingput karena kenal dot duluan daripada puting saya.

Pernah juga waktu Keefe nangis, mama lagi di kamar beresin baju-baju Keefe di lemari. Karena Keefe nangis, saya angkat saya pangku untuk nenenin. Tapi Keefe makin nangis. Makin saya berusaha nenenin makin Keefe nangis. Akhirnya, saya menghela napas, saya biarin aja Keefe nangis di pangkuan saya. Saya bengong. Mama langsung ambil Keefe keluar kamar. Saya tutup pintu, tidur, dan nangis sampe tertidur. Pas bangun ngga sengaja saya denger mama lagi telpon papa ceritain kejadin itu. Mama bilang takut Keefe aku apa-apain. 

Dua bulan pertama itu, mimpi buruk banget buat saya. Saya ngotot pengen ASI dan menyusui langsung, tapi perut saya sakit kalau nenenin Keefe semalaman. Saya sulit tidur dalam posisi nenenin (Sampai sekarang, setelah sepuluh bulan). Saya pengen begadang gendong Keefe kalau lagi kolik, tapi perut saya sakit dan jadi bernanah lagi di bekas jaitan. Saya pengen stok ASI tapi ASIP selalu kepake dan miskin volume ASIP yang dihasilkan. Makanya saya menyambut masa cuti berakhir dengan suka cita karena rasanya saya butuh kesegaran dari rutinitas selama dua bulan yang "melelahkan" itu.

Nah. Saya aja yang punya super support system masih bisa merasakan depresi pasca melahirkan. Ngga kebayang ibu-ibu yang ngga punya itu semua. Kalau dulu saya menganggap ibu yang aniaya atau bunuh bayinya adalah binatang, sekarang pertanyaan saya, "kemana suaminya? kemana orang-orang disekelilingnya? ngapain aja mereka saat ibu butuh bantuan?".

Soal mom shaming. Saya pikir ibu-ibu millenial udah seharusnya stop mom shaming, berhenti bertanya soal ASI-sufor, normal-sesar, endesbre-endesbre. Karena kita ngga tau seberapa "kebawa perasaan"nya lawan bicara kita. Toh, sudah banyak artikel kampanye buruknya mom shaming. Mom shamer, berarti gadgetnya dipake cuma scroll ig lambe-lambean, wkwkw. 

Saya sih jarang dijulitin orang-orang, karena memang lingkaran pertemanan saya ngga banyak. Pengalaman pertama dijulitin itu ya justru dari dokter yang pernah saya ceritakan disini. Sepulang dari dokter waktu itu, saya ada tamu yang datang untuk nengokin saya dan Keefe. Kemudian terjadi percakapan saat saya ngasih minum Keefe lewat dot, kira-kira begini:

Tante : lo ngga ASI Eksklusif?
Mama  : ASI kok
Tante  : Itu ASI?
Saya uda ngga enak ati.
Mama  : oh ngga itu sufor, barusan abis dari dokter soalnya
Tante  : Oh yaa berarti ngga eksklusif lagi kalau gitu
Saya  : @#$%@#$%

Selama orang yang ngomong bukan orang terdekat, yang setahun sekali belum tentu bertemu, atau orang-orang yang bisa saya hindirai, biasanya saya bodo amat. Anggap kentut aja, yang baunya cuma sesaat terus menghilang ngga berbekas. 

Lantas apakah seorang ibu baru bisa dibilang ibu hebat kalau melahirkan normal yang katanya sakitnya adalah rasa sakit ibu sejati? Apakabar ibu yang lahiran normal dengan hypno atau waterbirth untuk meminimalisir rasa sakit? Atau ibu super adalah ibu ASI eksklusif? stay at home mom? anter jemput anak sekolah dengan mobil sendiri? Monmap, kita ngga temenan. 

No comments:

Post a Comment