Thursday, January 17, 2019

Mengatasi Masalah dengan Masalah

Adalah lanjutan dari cerita tentang melahirkan, haha.

Kalau ada yang bilang, wah lahiran sesar takut sakit ya? -coba gih sana lahiran sesar. yaa belum tentu sakit sih, hahaha. karena saya takjub sendiri lihat orang-orang yang sehari abis lahiran sesar langsung bisa gendong bayi sambil haha-hihi. Saya sendiri baru gendong Keefe hari ketiga pas mau pulang dari RS. Sebelumnya "seakan" tak peduli dengan kehadirannya. 

Sebelum lanjut cerita, baca dulu melahirkan bagi saya. 

Cerita singkat bagian I: 

Perawat datang ke kamar inap, untuk ganti infus induksi jadi infus biasa sekaligus menginfokan bahwa dokter dan tim akan datang setelah sholat subuh dan minta saya untuk berhenti makan minum aka puasa untuk persiapan operasi. Infus diganti, kontraksi makin hebat, saya kesetanan, mikir sakit dan mikirin dokter yang masih harus sholat di rumah masing-masing, yang entah di mana rumahnya. Saya teriak minta cek bukaan. Perawat ngga mau cek, saya ngotot, dan akhirnya diceklah. Bukaan 8. Saya bilang normal ajalah, kutungguin, sama-sama nunggu dokter juga kan. Perawat pamit untuk infokan dokter kalau saya udah bukaan 8. Kemudian datang dan bilang,

"kata dokter sekarang persiapan operasi aja dulu, nanti dilihat lagi di kamar operasi, kalau misal bayinya udah turun, lahir normal di ruang operasi ngga papa. Soalnya tadi saya lihat posisi bayinya masih di atas"

baiklaaah, bye lahiran normal. Firasat kalau diri ini pasti akan melahirkan sesar sih. Tapi bodo amat, yang penting cepet selesai. Terus tiba-tiba perawat nanya,

"udah beli sufor belum buat bayinya?"

saya : "lah ngapain? mau ASI kok"

"iya, tapi nanti setelah lahiran masa ngga mau disusui? ASInya kan belum keluar"

"ngga papa tunggu ASI aja"

"kasian mba, nanti mbanya sesar loh, ngga boleh langsung nyusuin, di TV itu cuma skin to skin mba, nanti bayinya teler karena obat bius"

aku : ?##%#?$#$%? 

mama : "bayi kan tahan tiga hari sus"

"iya bu, tapi kasian bu, masa ngga mau diminumin bu, tapi ya terserah ibunya aja"

selesai.

Persoalan berikutnya adalah karena kontraksi hebat, saya ketakutan untuk pindah dari tempat tidur ke kursi roda, saya minta untuk bawa saya ke ruang operasi langsung sama ranjang yang saya tiduri. Mungkin yang pernah lahiran sesar juga nganggep saya lebai. Tapi emang sumpah sakitnya yang lebai bukan aku. Akhirnya yaa tetep juga duduk di kursi roda. 

Abis duduk di kursi roda itu, saya ngga tau deh dimana Dicky, mama, dan papa. Yang jelas saat kursi roda udah berhenti di depan pintu ruang operasi, belum ada Dicky, mama, dan papa. Cuma ada mertua laki-laki. 

Ngga ada adegan, 
"Sayang, ma, pa doain aku ya?" Terus cium tangan, dada-dada masuk ruang operasi dengan tangisan haru.
Sayanya juga ngga kepikiran. Yang ada dipikiran emang "cuma" ayo selesaikan rasa sakitnya.

Kursi roda berhenti di depan pintu, saya jalan dong ke ruangan buat ganti baju ditemani perawat yang bertugas megangin infus. Saya ganti baju operasi sendiri, terus masuk ruang operasi jalan kaki juga. Yaa emang ngga jauh sih. Tapi inget kontraksinya itu, mengerikan. Masuk ruang operasi saya kaget, uwow banget semua personilnya laki-laki, gengs yang mana saya menolak obgyn hanya karena dia laki-laki.

Sabodo lah, yang penting bayi cepet keluar, saya bebas dari rasa sakit.

Saya berbaring di ranjang operasi. Ngga lama dokter dateng. Saya diminta "ngangkang" untuk cek bukaan. 

"bukaan 8, tapi ngga bisa normal, bayinya masih diatas" kata dokter

saya diem aja. Lakukan lah apa aja, normal, sesar, terserah yang penting cepet selesai. Udah kaya ngga punya tenaga lagi buat ngomong. 

Saya diminta duduk agak bungkuk oleh dokter anastesi untuk disuntik bius lewat tulang belakang. Abis disuntik saya kesemutan dari kaki menjalar ke badan, hilang kontraksi. Waktu itu saya inget banget, dalam hati saya bilang alhamdulillaah, gara-gara secepat kilat kontraksi pergi. Eh tapi tiba-tiba saya mual pengen muntah. Saya bilang dong. Terus salah satu timnya bilang, yaudah muntah aja kalau mau muntah. Yaaa muntah beneran lah. Terus dia kaget dong, "lo mba-nya ngga puasa ya?"

Kapok, kan udah bilang mau muntah, malah ditantangin. Yakali puasa, bukan sesar terencana, Pak. Tapi saya diem aja, ngga punya tenaga buat ngomong. Abis muntah itu saya diem. Masih terasa sih badan digerak-gerakin, tapi ngga sakit. Terus saya denger,

"buh rajeh (wow besar) bayinya" - ah elah tau gitu daritadi operasi.

tapi saya tetep diem aja. Sampai saya denger Keefe nangis, terus saya tanya (masih sambil merem) sehat ngga. Saya bilang saya mau lihat. 

"Sehat. Nanti aja. Dibersihkan dulu"

Lama, saya denger orang-orang disitu ngobrol ngga jelas, sekarang saya lupa apa yang diobrolin. Saya merem aja. Kalau liat video lahiran sesar dari bukaanmoment atau diabirth itu jauh banget deh dari saya waktu itu. Kayanya sepanjang proses sesar saya cuma merem lusuh, capek. Karena udah merasa lama, tapi Keefe belum "diliatin" ke saya, saya tanya dong (tetep sambil merem). Terus Keefe dateng, buka matalah ya.

"Alhamdulillah ganteng". Kata-kata yang keluar beneran cuma itu. Terus merem lagi, ngga yang nangis terharu gimana-gimana. Entahlah tergerus oleh kelelahan kayanya, hahaha. Saya tu baru nangis pas keluar ruang operasi, pertama kali disamperin papa terus diciumin, papa bilang aku hebat sambil nangis. Terus mama nyamperin, terus Dicky yang baru selesai nga-adzanin Keefe.  

Singkat cerita, masuk kamar rawat inap, ngga lama mama dan papa harus pulang karena mama mau siap-siapin papa yang mau pergi dinas (cie dinas) ke luar kota. Jadi ditinggal dulu berdua Dicky, bertiga Keefe. Ngobrol bentar sama Dicky. Ngga lama aku merem. Sempet buka mata liat Dicky merem juga. Terus buka mata lagi ada bibik (tante) yang lagi gendong Keefe, alhamdulillah. Kalau dipikir-pikir sekarang, orangtua macam aku dan Dicky, gimana kalau tu bayi diculik yekan, wkwk.

Neraka dateng lagi. Siang hari itu saya udah mulai merasa ngga nyaman sama selang infus dan kateter. Belum lagi kalau perawat dateng buat nyuntik yang sakitnya naudzubillah sambil ngerecokin bayi udah di-suforin belum. Sampe menjelang sore saya keukeuh untuk ngga kasih Keefe sufor. Tapi akhirnya bibik keluar beli sufor. Marah sih waktu itu, tapi gimana saya juga ngga berdaya waktu itu.

Pasca operasi itu drama baru buat saya. Apalagi pas obat bius perlahan mulai ilang dan harus rutin disuntik lewat selang infus. Saya berkali-kali minta suster untuk lepas kateter karena sumpah ngga nyaman banget pake kateter. Di situ saya udah mulai uring-uringan. Saya harus nahan pake kateter sampe hari kedua.

Hari kedua, abis magrib kalau ngga salah. Setelah bisa duduk meski sakitnya astaganaga, saya coba buat nyusuin Keefe. Dari hari pertama lahiran itu, beberapa temen sudah nanya uda keras belum PD-nya. Saya ngga merasakan ada perubahan. Salah sih, karena baru nyoba nyusuin di hari kedua. Tapi yaa gimana, sakit banget buat gerakin badan. Daaan, sakitnya nambah pas nyusuin Keefe. Berkali-kali saya bilang ini bayi udah ada gigi apa yak. Beneran sumpah. Ngerasa kok tajem banget sih gusinya. Nyusuin bayi ngga gampang ternyata. Susah latch on nya. Yang kalau dipikir-pikir sekarang, mungkin Keefe bayi bingput karena udah kebiasa pake dot yang bentuknya ngga sama kaya puting saya. 

Beberapa jam setelah lahiran itu, saya jadi orang yang ngga bisa bersyukur, ngeluh terus, uring-uringan. Berkali-kali saya bilang ke mama, kok saya ambil keputusan mengatasi masalah dengan masalah baru, karena apa? Karena tetep sakit juga gaes meski lahiran sesar. Otak dan hati jadi makin suntuk kalau denger Keefe nangis dan liat dia minum sufor, semetara merasa ni badan kaya mayat idup karena susah dan sakit digerakin.

Pulang dari RS, kupikir semua akan baik-baik saja, karena babai kateter, babai suntikan. Ternyata ngga, babyblues ada gengss.

--bersambung
  

No comments:

Post a Comment