Saturday, January 5, 2019

Keefe 8 bulan part 2


Di delapan bulan ini, banyak banget yang perlu aku inget. Ditulis deh, biar ngga lupa. Biar Keefe nanti juga bisa baca. Jadi bukan buat ajang "banding anak" ya.

Di delapan bulan ini,

lap keringet untuk memandikan Keefe karena makin aktif, banyak tingkah. Butuh kekuatan super untuk memandikan Keefe. Ini sebenarnya udah terjadi di usia hampir 7 bulan saat Keefe udah bisa berdiri. Bayangin aja megangin bocah yang ngotot pengen berdiri padahal belum bisa berdiri sendiri dengan badan berlumur sabun. Mending kalau cuma berdiri. Setelah berdiri dia akan muter kanan kiri balik depan belakang. Sok jago suka pake lepas tangan (ngga pegangan). Huuff.

gtm no gtm. Mingkem untuk makanan dia sendiri, nggragas untuk makanan orang lain. Mingkem kemudian ngemut sampe ngantuk untuk makanan berat MPASInya, begitu selesai, semangat 45 makan pukis, kue lumpur, telur puyuh, biskuit, keju, makanan al, ibu, dan lain-lain. Sering Ogah makan pake sendok begitu disuapin pake tangan mangap meski kemudian diemut. Biskuit dan keju sebagai kerupuk solusi biar Keefe mau ngunyah makanan di mulut. Makan banyak menurut aku yang ngga tau porsi makan anak lain sih. Karena abis dia selesai dengan makan beratnya (yang bisa selesai dalam waktu sejam, tepok jidat), dia masih bisa abisin satu pukis, disusul beberapa butir telur puyuh dan keju. Itupun ku stop karena takut kekenyangan.

8.8kgs. Kekhawatiran aku terbukti. Setelah konsultasi dengan dr. Meta, emak Keefe beli timbangan digital untuk bisa memantau terus berat badan Keefe (emang ngga akurat buat nimbang bayi, tapi timbangan bayi mahal gaes, kepake bentar doang, sayang :p). Pas aku timbang terus gendong Keefe, berat Keefe 8.7-8.8 kg, ngga pernah sampe 9 kg. Tapi pas orang lain yang timbang kemudian gendong Keefe beratnya bisa tembus di angka 9. Aku dan mama ngotot-ngototan soal BB Keefe. Mama ngotot berat Keefe lebih dari 9kg, tapi aku ngga mau kalah dong, aku yakin beratnya ngga naek dari 2 bulan lalu. Daripada menerka, tadi kubawa Keefe ke bidan imunisasi Keefe dan bener dong beratnya cuma 8.8kg. Sedih. Emak Keefe ikut sedih, berkali-kali ngomong sendiri, "kok beratmu ngga nambah sih dek?".

Selain ASI, urusan BB jadi concern utamaku sampai saat ini. Emang, ngga papa kurus yang penting sehat. Aaamiin. Alhamdulillah kalau emang sehat, bukan karena "terlihat" sehat. Nanti tulis terpisah kenapa aku idealis soal BB sekalian share hasil konsultasi dengan dr. Meta, Februari nanti.

bau tangan. Tulisan ini mungkin berfaedah untuk ibu-ibu yang khawatir anaknya bau tangan. Percayalah, kalaupun mitos bau tangan benar adanya, ngga akan sampai usia lima tahun juga anak minta gendong. Aku udah buktikan. (Baca Keefe susah tidur, ngga sampe sebulan dari tulisan itu kondisinya udah berubah loh). Pernah, uda waktu tidur, aku udah ngantuk banget, Dicky udah tidur, tapi Keefe masih heboh ke sana ke sini. Kumenyerah, kugendong Keefe dengan harapan segera tidur, dan dia berontak minta turun. Sekarang, belum pernah sekalipun Keefe ditimang pas doi ngantuk mau tidur. Yang masih bilang hati-hati bau tangan berarti belum gaul sama ilmu pengetahuan lol. Yang sebenar-benarnya dari bayi bau tangan itu, bukan manjanya, tapi encok woi. 

screen time. Belum sih. kecuali colongan nonton tv, yang bisa diitung jari bahkan ngga sampe ada jari mungkin dalam seminggu. Keefe pun kadang cuek sama tv meski nyala di depan dia. Tapi diri ini kadang ada bandingin juga sama anak orang, hahaha. Pernah denger, bayi usia 8 bulan udah bisa tepuk tangan karena youtube. Terus beberapa minggu yang lalu liat Vechia imut, anak Franda, duh kok bisa tepuk tangan. Keefe belum. Kumulai galau, kemudian rutin tepuk tangan random depan Keefe, dia cuma plonga plongo. duh apa ku kasih yutub yak. Ah, ngga dulu deh. biar aja, aku tepuk tangan sampe gempor depan keefe sambil nyanyi merdu, wkwkw.

marah. Wakakak, anak bayiku udah bisa marah. Apakah dia punya bakat tantrum hebat? Wkwkw, karena kalau marah sekarang udah bisa pukul diri sendiri. Nangis sambil tangannya dijulurin naik turun itu loh.

caper, alias cari perhatian. Udah jago pura-pura akting nangis.  Awalnya batuk beneran, terus akhirnya caper batuknya dimainin, batuk boongan. Nangis kenceng dan lama kalau (misal) kejedot terus orang disekitarnya "kaget". Tapi ngga bakalan nangis atau nangis bentar kalau kejedotnya sama saya yang "cuek" ini.   


yaahh, delapan bulan ini, udah banyak kemajuan motorik dan emosi Keefe, makin lucu deh anak gue, ter-alhamdulillaah.

No comments:

Post a Comment