Wednesday, January 16, 2019

2009 vs 2019

Entah dari mana usulnya, 2009 vs 2019 yang sekarang jadi hot topic. Aku ngga ikutan share foto jaman 2009 bukan karena dulu belum berhijab sih, tapi karena ngga punya foto jaman dulu, hahaha. Semua foto ada di hardisk, hardisk ada di Dicky, dan Dicky lagi menjalajah Jawa Timur bagian timur lol. Dan ya karena ngga share foto, kayanya lebih berfaedah (buat aku) untuk tulis kira-kira apa sih yang beda dari aku yang dulu dan yang sekarang, bukan secara fisik, cieh banget ngga gue. Biar ngga melulu soal Keefe aja. 


2009 aku dapet predikat baru sebagai mahasiswa. Yang mana pas jaman SMA aku ngga ada keinginan kuliah, haha. Pengen kerja ajalah. Tapi ya, kuliah karena orangtua taunya ya gue pengen kuliah aja sik. Aku, sebagai anak berbakti dong, pengen lah banggain orangtua yang cuma punya ijasah SMA, nunjukin ke orang-orang kalo emak bapak gue bisa loh nguliahin anaknya. Akhirnya ya, aku daftar kuliah sana-sini dengan terpaksa sih. Dan sekarang, 2019, aku berterimakasih sekali sama rasa terpaksa waktu itu. 

2009, masuk kuliah, yaah standarlah ya, kuliah, tugas, pengaderan (baca: ospek) yang waktu itu tyda tau kapan akan berakhir, sungguh menguras keringat dan air mata. Jaman kuliah aku golongan kupu-kupu, kuliah-pulang. Ngga demen organisasi. Yaa ikutlah, sebagai anak bawang dan pelengkap isi absensi, hahaha. Kesibukanku selain kuliah sih ada di semester berapa ya, pokoknya pas udah memenuhi syarat, aktif lah jadi asisten dosen, cie banget lagi kan gue. Belaga kepinteran di depan junior, wkwk. 

Masuk kuliah, mikir, ah abis beres kuliah, kerja sampe ada yang nikahin dan jadi ibu rumah tangga ajalah. Jadi dulu aku pengen nikah muda, punya anak dan di rumah aja, kaya mamaku. Dan 2019 ini, kayanya aku kibar bendera putih deh kalau harus 24/7 di rumah. Kayanya kalau aku ngga kerja adanya malah ngga bakalan produktif.  Karena yah, aku ngga suka bersih-bersih, suka masak tapi ngga suka cuci piring jadi mending ngga usah masaklah ya daripada wajan kotor lol. Anakpun belum tentu terurus dengan baik dibanding diurus sama aku yang sekarang bekerja ini. 2019, hamdallah juga karena tyda jadi nikah muda, haha. 

Masih di keinginan yang (mungkin, lupa gaes) terjadi di 2009, yaitu kalau bisa mah aku ngga kerja yang pake seragam formal. Dan ya di 2019 ini terjadi sih, entah karena Allah mengabulkan doa atau karena gue yang oon, secara tes kerja (yang nanti harus berseragam) ini itu kaga ada yang lolos, wkwk. Tapi aku bersyukur banget bisa ada di tempat kerja yang sekarang ini.

2009, boro-boro kuliah s2, lah s1 aja aku emoh. Jadi pas kuliah s1 itu yaa ogahlah buat kuliah lagi. Udahlah, lulus, kerja, nikah, lalu stay at home mom impian indah waktu itu. Terus kenapa s2? Ikut-ikutan gengs. Secara waktu itu demam beasiswa dan temen segeng ngapa yak apply semua. Yaah sebagai bentuk loyalitas dan solidaritas sih apply juga lah. Laa, rejeki. Yaudah. Dan lagi-lagi sekarang, 2019 terimakasih yaa rasa ikut-ikutan sudah muncul waktu itu. 

Itu keinginan-keinginan yang ada di tahun 2009 sih, meskipun dilakukan di tahun-tahun setelahnya. Jadi kesimpulannya, mengerjakan sesuatu yang bukan keinginan atau karena ikut-ikutan (baca: mudah terpengaruh :p) itu ngga selalu memberi dampak buruk, gaes. Bisa jadi di kehidupan yang akan datang, kita akan berterimakasih sekali pada keputusan-keputusan yang (mungkin) banyak intervensi di dalamnya, bahkan keputusan meh yang dibuat hanya karena mayoritas melakukan itu. 

Tambahan, dulu, selain ngga ada pikiran terlintas untuk s2, aku juga ngga mau jadi dosen. Yaahh jadi dosen, kerja apa belajar ? Denger kata belajar aja dulu (sampai sekarang sih) mual, kuliah aja karena "keharusan". Tapi yaa ternyata sekarang, aku ada di titik ini, yang sekarang uda terbiasa dipanggil ibu padahal dulu geli. 

Nyesel nggak jadi dosen? Ehmmm. Walaupun ternyata jadi dosen ngga seperti yang aku bayangin dulu, yang kerjanya cuma ngajar. Ternyata dosen itu selain tridarma banyak juga kerjaan ini itu, ina inu nya, gaes. Makanya sampe ada guyonan, dosen, kerjaan sak dos, upah sak sen. Oke. Menjawab pertanyaan: ngga nyesel ya. Catet. Biarpun masih sering banyak yang ngomong, enak ya libur ngajar sebulan kadang sampe tiga bulan. Hem, belum tau aja, kadang kerjaan makjleb dateng dengan embel-embel "cepet selesaiin ya mumpung mahasiswa libur". Wew.

Terimakasih 2009. Terimakasih aku yang dulu. Kamu terbaik.

No comments:

Post a Comment