Friday, December 7, 2018

Keefe 7 Bulan

Di tanggal 7 ini saya, Keefe, dan Emak Keefe lagi di Jakarta nih. Daaan, Keefe 7 bulan. Yey, alhamdulillaahh.


Alhamdulillah masih dikasih rejeki ASI meskipun udah mulai kejar setoran. Akhirnya saya merasakan yang namanya  harus buru-buru pulang karena udah ngga ada stok ASIP lagi di rumah. Yang sedih karena kadang cuma bisa menghasilkan 600ml ASIP/hari padahal Keefe bisa minum sampai 1000ml ASIP/hari.

Sedih sih tapi ya makin sedih makin ga produksi ntar. Sudah ke dokter, sudah minum beberapa booster ASI tapi ngga ngaruh juga. Ternyata bersyukur atas rejeki yang didapat itu benar-benar susah ya.

Mama saya selalu bilang, "kamu udah usaha buat ngASI, tapi kalau memang dicukupkan rejekinya disyukuri aja, insyaallah Keefe sehat". Sekarang, demi penghiburan diri, saya jadi suka berhitung: "ah sudahlah, gapapa kalau harus sufor, toh mungkin harga sufor seminggu sama aja kaya ongkos pulper surabaya-pamekasan tiap minggu yang minimal harus naek trevel demi anter ASIP" lol. Tapi kok tetep sedih huhu.

Lima bulan lalu, saat pertama kali harus ninggalin Keefe untuk kerja di Surabaya, saya kepikiran nanti gimana ya rasanya jauh sama anak, sedih pasti (meskipun ngga yang sampai kepikiran untuk resign juga sih, wkwk). Toh nyatanya ketika sudah sampai di Surabaya hidup saya normal. Ngga yang nangis di kos tiap malam mau tidur. Yaa hidup dengan normal dan wajar. Mungkin naluri keibuan saya memang ngga ada kali ya. Tapi bohong banget sih kalau saya bilang saya ngga mikirin Keefe, eh jadi tetep punya naluri keibuan dong, dikit, haha.

Detik berganti menit berganti jam dan sekarang:
Kenapa bocah kok makin bikin kangen aja sih. Sekarang, setengah jam keluar rumah, saya udah kangen banget sama Keefe, udah liatin foto videonya di perjalanan. Di kampus makin sering gabut cuma buat liat galeri Keefe.

Selain karena pengen kasih ASIP fresh dan nenen langsung, rasa kangen jadi buat saya pengen cepet-cepet tinggal serumah dengan Keefe. Bismillah yaa Keefe.

Sebulan lalu, saya cerita gimana Keefe di usianya yang keenam bulan. Sekarang cerita Keefe 7 bulan ah.

1. Keefe GTM
Jadi bocah udah bisa tutup mulut menolak makan. Entah, mungkin bayi-bayi GTM yang lain sama pintarnya dengan Keefe. Keefe udah bisa bedain mana sendok kosong mana berisi. Dikasih sendok kosong dia mangap, disodorin sendok berisi dia mingkem.

Kalau lagi duduk di highchair, menolak makan dengan nunduk aja di bawah meja. Kalau makanan udah berhasil masuk mulut, dia emut lama atau mangap aja mulutnya, sampai makanan lumer karena liur terus disemburin.

Bosen sama makanan? Emak Keefe udah masak beda kok untuk makan pagi, siang, sore.

Ngga enak? Udahlah, masakan Keefe udah masakan rumahan. Gula, garam, bawang merah, bumbu dapur segala masuk, emak Keefe mah ngga diragukan lagi soal rasa. Om tantenya aja suka bubur puree masakan emak yang ditolak Keefe.

Eh tapi kalau liat orang lain makan dia menatap dan berusaha ngambil dengan penuh keinginan loh.

Seperti tadi, Emak Keefe masak bayam dan ikan laut, buat Keefe di blender di tambah "pernak-pernik" lainnya Keefe tutup mulut. Begitu liat saya makan dia pengen, saya kasih bayamnya, doyan gaes. Loalah bayi sukanya makanan orang dewasa.

Tapi meskipun cuma dikit kuantitas yang masuk insyaallah berkualitas ya. Berat banget euy gendong Keefe sekarang.

2. (Baru) bisa duduk Ajeg
Umur 5 bulan, Keefe hobi nungging dan udah bisa ngerangkak mundur, umur 6 bulan Keefe udah bisa ngerangkak secepat kilat ke depan. Tapi kenapa Keefe belum bisa duduk tegak yak? Pasti condong bungkuk ke depan ditahan tangan. Tapi sudah kutemukan jawabannya. Keefe ngga bisa diem. Kalau lagi pake sepatu dia pasti akan gigit sepatunya, yang mana posisi tubuh pasti condong ke depan, bungkuk. Ngga pake sepatu, dia lebih milih untuk merangkak. Jadi kalau Keefe didudukkan terus dikasih mainan, pasti Keefe akan usaha tengkurap buat mainin mainannya, terus ngerangkak cari yang lain. Tapi alhamdulillah sekarang duduknya udah tegak, bahkan dia uda bisa duduk sendiri, ngga didudukin. Abis merangkak dia duduk sendiri, yey.

3. Berdiri
Motorik kasar yang cepat sih (katanya). Dari belum bisa duduk tegak Keefe uda sering "manjat" tembok. Mama saya sampai becandaan bilang, "mbok yang satu (duduk) diselesaikan dulu, baru yang lain, dek". Saking ambisiusnya untuk berdiri, Keefe jadi makin susah tidur.

Untuk soal tidur, Keefe plek banget sama saya. Ngga bisa tidur kalau berisik dan ngga gelap. Pun Keefe bukan tipe bayi yang digeletakin gitu aja lalu dia tidur sendiri. Kadang harus ditimang kadang cukup dipukpuk.

Kalau lagi nenen atau ngedot, Keefe pasti merem tuh, uda siap tidurlah, eh pas yang jagain udah mau tidur juga dia langsung balik badan, segar bugar, kaya abis dicharge, naikin badan ibu atau emak atau siapun didekatnya, nungging-nungging, atau merangkak cari tembok, berusaha berdiri, untuk "main" sama bayangannya T_T.

Dan itu, juga berlaku ketika di mobil. Dulu, doi diem aja, duduk manis, anteng digendong menghadap belakang atau nangislah kalo bosen dan ngantuk. Sekarang, dia suka berdiri, balik depan, balik belakang, samping. Yah mulai nih memasuki "selamat datang fase bikin capek".

3. Keefe's First Staycation
Halah, sok sokan staycation, padahal cuma nginep semalem doang di villa Batu yang murah meriah sama keluarga besar saya, terus besoknya berenang. Yang agak aneh sih, waow anakku tahan banget sama dingin. Ibu bapak kedinginan selimutan tapi Keefe ogah selimutan. Pas tidur di Batu, lama banget dia ngga bangun minta nenen. Pun tidur telentang tanpa selimut. Pukul 3 pagi Keefe pup, ibu kedinginan cebokin Keefe, la dia sumringah sekali. Ibu akhirnya mengalah selimut di kaki aja demi Keefe yang ngga mau ibunya selimutan juga. Pas berenang juga, ngga ada ekspresi kedinginan tu bocah.

4. (Seolah) Mengerti Nama
Mungkin ini cuma kebetulan. Tapi udah sering banget kalau ada yang ngomong "kiiiff" dia akan otomatis noleh. Yeyyy. .

5. Terbang
Pengalaman bawa bocah terbang. Saya sempat khawatir Keefe cranky di pesawat, takut Keefe ngga mau nenen atau ngedot pas take off atau landing. Karena ya, kalau ngga pengen minum disodorin minum dia ngga akan mau.

Saya sedia 2 botol asip jaga-jaga Keefe ngga mau nenen, karena kalau di tempat umum Keefe ngga mau nenen.

Sampe dalem pesawat, pas lampu uda dipadamkan, Emak Keefe kasih dot ngga lama Keefe tidur. Horornya belum take off asipnya abis. Ah ganti botol deh. Pas landing Keefe masih tidur, asip udah abis. Saya deg-degan karena dia sempet mingkep aja mau saya nenenin, meskipun akhirnya dia mau. Berakhir bahagia deh, Keefe tetep bobo cantik sampe rumah uwa saya dia baru bangun, langsung maen ngga rewel sama sekali. Good boy.

PR nih, besok masih harus naek pesawat bawa bocah balik pulang. Wish me luck. Aamiin.

6. Konyol
Ini beberapa kejadian yang konyol sih. Bukan kekonyolan Keefe tapi.

Pertama, karena Keefe ADB, tiap hari Keefe saya kasih suplemen zat besi dengan dosis 1ml/hari. Suplemen zat besi Keefe sebotol berisi 15ml. Artinya akan habis dalam waktu 15 hari. Awal pemberian, saya di rumah, jadi saya yang kasih, selebihnya mama yang suapin Keefe. Pas pulang di jadwal pulang berikutnya, pas mau ngasih zat besi, saya liat lo kok masih banyak ini yang tersisa, kaya cuma berkurang dikit. Saya tanya mama, mama bilang dikasih kok tiap hari. Okelah. Pas saya mau kasih Keefe suplemennya, mama negur, "lo jangan banyak-banyak ngasihnya, sesuai dosis dokter lah". Ternyata, emak Keefe salah baca tulisan. 0.1 dipikir 1 lol. Jadi 4 hari yang seharusnya 4ml jadi 0.4ml, tepok jidat. Marah ngga sama emak Keefe? Nggaklah, kualat ntar. Yaa ngga kepikiran marah juga sih, kan ngga sengaja. Kalau salah ya, saya juga yang salah ngga kasih tau ukurannya sebelum ninggalin.

Kedua, pas hari wisuda adik saya. Saya udah siap-siap tinggal berangkat, saya mau suapin Keefe di mobil jadi saya siapin bubur Keefe di dapur umum kos. Sewaktu saya tinggal Keefe anteng jilatin remote AC dan Dicky lagi siap-siap, pake baju. Pas balik dari dapur, saya kaget liat Keefe jilat kantong mat4har1 yang masih ada struk. Yang dijilat bukan plastiknya, tapi struknya. Saya langsung buka mulutnya ada potongan kertas. Alhamdulillah belum tertelan. Begitu liat struknya, udah tinggal separo aja, saya cek lagi di mulut Keefe sampai dia nangis, bersih wkwkw. . Marah sama Dicky nggak? Nggaklah, ngapain. Waktu ketemu  cuma bentar, rugi kalau mau saling tuding salah. Kalau mau saling salah-salahan, ya semua salah sih. Kata Dicky: "gapapa biar Keefe kutu buku". Pak, ini struk, bukan koran.

No comments:

Post a Comment