Thursday, December 20, 2018

Me VS Mom

Judulnya kok ya provokatif sekali. Biar aja deh. Kubingung harus buat judul apa. Btw nih, bulan Desember artinya bulannya perempuan ya. Ucapan selamat hari ibu, dari kalimat yang penuh romantisme untuk ibu sampai yang ngaku ngga pernah "merayakan", foto bersama ibu bertaburan di media sosial. Yakin juga deh, akan banyak cewek-cewek yang tersipu malu, terharu karena ucapan selamat hai kau calon ibu dari anak-anakku via whatsapp atau media sosial lainnya dari pacar mereka. 

Saya sih, baru beberapa tahun terakhir ngucapin selamat hari ibu ke mama. Sebelumnya ngga pernah, cuek lah. Baru rutin tiap tahun sejak jadi anak rantau Jakarda (kerasa banget jauh sama mama). Biasanya sih lewat pesan singkat whatsapp. Sama seperti kalian, nulisnya sambil berurai air mata. Tapi dibalesnya cuma satu kata, lebai. Kemudian kata bertambah seiring bertambahnya tahun, apalagi tahun lalu pas saya lagi hamil. Lebai. Iya makasih. Kamu juga pasti jadi ibu yang lebih baik. Gitu. Dibales dengan tiga titik sudah bikin air mata makin menggenang. Saya memang jarang sih, ngucapin langsung. Karena kalimat pasti tertahan di tenggorokan karena sibuk menahan air mata agar ngga jatuh. Biasanya kalau liat saya nangis gitu, mama cuma ngeluarin jurus satu katanya. Lebai.  Tapi dibalik itu semua, mama adalah orang paling romantis di tengah keluarga. Selalu siapin surprise untuk siapapun yang berulangtahun, kasih kado, dan hal-hal romantis lainnya.

Buat kalian yang baru kenal saya 10 tahun terakhir, mungin (atau pasti) nyangka saya (dan adik-adik saya) adalah anak yang dimanja karena segala sesuatunya disediakan mama (dan papa saya). Yaa ngga salah sih, karena memang saya dibesarkan dengan penuh cinta :p. Dulu saya benci sekali, setiap ada orang yang ngatain ketidakbecusan saya mengurus hidup karena menganggap saya dimanja. Ngga enak ati, ketika ada yang bilang "ngga nyangka ya kamu bisa" hanya karena saya dianggap anak manja. Sampai sering, saya lampiaskan ketidaksukaan saya dicap anak manja ke mama. Hingga akhirnya, saya disadarkan teman saya, dia bilang, "jangan kamu lupa bersyukur atas cinta yang kamu dapat. Kalau ada yang bilang kamu dimanja, ya biar aja, emang iya karena mamamu penuh cinta".

Saya tertohok, menyesali. Saya benar-benar lupa bersyukur hanya karena stempel manja oleh orang lain yang sebenarnya tidak penting untuk saya. Karena pandangan orang lain ke saya tidak akan mengubah hidup saya.

Kalau kalian tanya tante-tante dan om-om saya, siapa yang paling keras dalam mendidik anak, pasti satu suara menjawab mama saya. Baru-baru ini adik sepupu saya cerita, kalau dulu dia nakal mamanya pasti bilang, "untung kamu bukan anak mama watik (mama saya), habis kamu". Iya, dulu mama saya sekeras itu. Sampai dulu saya pernah lebih merasa cinta kepada mami (kakak papa) dan uwa (kakak mama) saya hanya karena mereka tidak pernah marah terhadap saya.

Disini acung tangan, siapa yang pernah ngga disapa mama selama tiga hari, benar-benar ngga diurus, ngga dikasih makan? Saya gengs, saya pernah, sering. Tenang-tenang, mama saya ngga stress kok. Waktu itu saya masih SD, pulang sekolah saya bikin panik mama karena pulang sekolah saya dijemput koko (sepupu yang seumuran saya) naik sepeda, saya berdiri dibelakang (karena sepeda gowes cowok), pulang ke rumah koko, ngga pamit. Saya main lama banget di rumah koko, sampai akhirnya mami nyuru pulang karena mama nyari. Sepanjang perjalanan pulang kusudah deg-degan karena tau rumah bakal jadi neraka. Bener aja, mama bilang : "Kamu ngapain ke sini? Kalau kamu mau jadi anak mami, sana, pulang ke rumah mami, jangan lagi pulang ke sini, mama udah ngga mau urus kamu yang ngga mau diurus mama". Saya minta maaf sambil nangis mama bergeming. Tiga hari kalau ngga salah.

Siapa di sini yang pernah makan cabe utuh tanpa tahu bulat? Saya. Waktu SD, pernah tu besoknya ulangan, saya milih buat main di rumah koko saya, mama nyuru belajar saya ngga mau, saya bilang udah bisa. Akhirnya mama ngijinin dengan perjanjian saya makan lombok sebanyak soal salah. Dan bener aja, kalau ngga salah, saya salah 7. Gila aja saya makan 7 cabe utuh. Ngga kok, satu tapi kalau jaman dulu ada KPAI, mama saya bisa kena pasal kali. Kaki tangan saya diiket mama pake kain jarik gendongan adik saya. Terus saya dijejelin cabe utuh gengs. Ngga, mama saya ngga pernah terobsesi dengan nilai dan peringkat anak-anaknya. Mama ngga pernah marah anak-anaknya ngga dapat ranking di kelas. Tapi kalau ulangan ngga belajar terus dapet jelek, nah itu baru marah. Pernah juga saya dijejelin lombok karena hasil ulangan jelek yang seharusnya ditandatangani orang tua, saya tandatangani sendiri. Ketahuan guru dan disuru minta tandatangan ortu. Intinya, karena saya bohong.

Dulu, kalau saya lupa buang (misal) bungkus makanan, mama saya bakal panggil saya biar saya buang bungkusnya. Ngga pernah ada cerita mama yang buang bungkus makanan saya. Mending cuma dipanggil terus disuru buang, ini sambil diomelin juga.

Segala benda pernah mama pake jadi alat untuk mukul saya. Sandal jepit, sisir, hanger baju, sapu lidi udah pernah saya rasain semua gengs. Emang ada ya anak dimanja ngerasain apa yang saya rasain dulu waktu kecil?

Biarpun dulu mama sekeras itu sama saya, saya ngga pernah dendam, malah saya lega kalau mama udah ngga marah berarti saya bisa cerita apapun, bisa main-main lagi sama mama. Saya sakit tetep mama yang saya cari. Sampai detik ini, saya ngga pernah menyesali apa yang sudah saya lewati dulu.

Ehmm, mungkin ngga tepat juga sih kalau saya bilang saya ngga dimanja. Nyatanya ya saya dimanja juga, wkwk. Biarpun ekonomi keluarga saya pas-pasan, mungkin malah dibilang pernah ada di titik terendah, tapi mama dan papa saya ngga pernah membiarkan saya kekurangan. Dulu waktu SD, saya pernah pengen barbie yang iklannya muncul terus di TV. Saya inget banget harganya Rp. 199.999. Terus saya sakit, entah sakitnya karena kepengen tapi ngga dibeliin, atau emang waktunya sakit. Ngga dibeliin karena ya mana punya duit segitu. Karena sakit saya tak kunjung sembuh, padahal sudah bolak balik ke dokter di Pamakesan. Akhirnya mama dan papa saya bawa saya ke dokter di Surabaya. Pulang dari dokter, mampir di Galaxy Mall, buat beli barbie seharga 200k jaman saya SD, gengs.

Kalau sekarang saya harus beliin Keefe mainan kecil seharga 200k, saya pasti mikir seribu kali :p. Abis saya dapat barbie, adik saya liat (kaya) hotwheels  terus minta dibelikan. Tapi ngga dibelikan, yah duit abis kepake beli barbie. Saya inget banget adik saya tantrum di mall, goleran di lantai minta dibelikan. Bukan dapet hotwheels malah dapet pukulan dari papa saya. Saya inget banget  adik saya nangis kenceng sambil pegangin kaki mama saya tapi mama papa saya jalan terus keluar tempat mainan. Mama saya cerita kalau dulu mama dan papa sebenernya pengen nangis karena ngga bisa belikan adik saya mainan itu.

Yaa, sekarang memang mama saya jauh berubah, jadi memang ngga salah juga kalau orang bilang mama manjain anak-anaknya. Semua itu bener banget. Tapi itu punya cerita. Ada sebab dibalik itu semua. Jadi kalau ada yang bilang "karena dimanja mama" saya dan adik-adik jadi ngga bisa apa-apa, atau malah jadi aneh kalau kami bisa mencapai sesuatu, saya marah. Saya marah sama orang itu dan saya marah pada diri sendiri kalau saya diam aja ngga bisa belain mama. Saya marah ngga terima kalau mama dianggap sebagai penyebab ketidakbecusan kami.

Saya cuma mau bilang sama orang-orang yang bilang saya dimanja. Kalian ngga ada waktu saya tumbuh dan ngga pernah ada di posisi mama saya. Yakin deh, kalau kalian jadi mama kalian ngga akan sanggup, karena hidup mama berat. Yaahh, Allah adil sih, Allah ngga pilih kalian karena kalian memang ngga sanggup.

Saya ngga pernah nyesel lahir dan dibesarkan mama dan papa dengan penuh cinta kasih. Orangtua yang selalu berusaha biar anak-anaknya ngga pernah kekurangan. Saya sangaaaatt cinta mama melebihi apapun. Karena saya cinta mama, saya jadi tahu cinta orang tua sepanjang masa, cinta anak sepanjang galah, benar adanya.

Bahagia ya ma. Sudah jangan berat lagi hidupnya :')  

  

No comments:

Post a Comment