Monday, November 19, 2018

Melahirkan itu...

(bagi saya)

Sebelum bercerita tentang proses melahirkan yang wah(duh), saya pamer dulu kalau selama kurang lebih 40 minggu, saya "hebat" seperti orang tidak hamil. Artinya, tidak morning sickness, tidak mual, tidak ngidam, dan tidak-tidak "negatif" lainnya yang mungkin dirasakan wanita hamil pada umumnya. Saya hamil yaahh layaknya seperti sebelum hamil. 

Akhirnya saya merasakan yang namanya rutin ke dokter tapi bukan karena sakit.

Selama hamil, saya gonta/i obgyn sebanyak tiga kali.

Pertama, sejak tau ada dua garis merah di tespek, tiga hari kemudian saya ditemani Dicky memeriksakan diri ke salah satu obgyn di RS Mitra Keluarga Waru. Belum merasa klik di hati dengan obgyn di RSMKW, saya cari-cari obgyn. Kali kedua dan ketiga saya coba salah satu obgyn di RS Siloam Surabaya. Dua kali kontrol, saya tetap merasa tidak cocok dengan beliau, karena yaah menurut saya terlalu banyak yang tidak boleh saya lakukan. Mungkin memang saya yang tambeng, tapi menurut saya sih orang hamil bukan orang sakit yang banyak pantangan. Kalau ini itu ngga boleh, nanti saya jadi takut-takut untuk melakukan sesuatu. Dan lagi, saya merasa saya tidak terlalu diedukasi mengenai kehamilan saat kontrol kedua. Beliau hanya bilang semua sehat, selesai, saya dan Dicky dipersilakan pulang.

Obgyn terakhir dan terbaik menurut saya, hasil rekomendasi dari teman, yaitu dr. Dewi Arofah, SpOG. Kesan pertama saya terhadap beliau sangat-sangat ramah, mengedukasi, dan yang paling penting menenangkan. Beliau menjelaskan detail, mulai dari kepala sampai kaki. Tangan kanan, tangan kiri, jantung, perut, dan di kontrol pertama dengan dr. Dewi saya tau kalau saya hamil anak laki-laki, karena "monas"nya memang terlihat sekali.

Jika obgyn sebelumnya banyak pantangan, dr. Dewi sebaliknya. Katanya, "lakukanlah apapun, makan apa saja, wanita hamil butuh senang dan enjoy". Bhaieqlah. Eh ada ding pantangannya, ada empat pantangan, tapi yang saya ingat hanya dua :p, yaitu: nikotin, alkohol, lupa, dan lupa, maaf yah.

Selama hamil, mungkin saya terlalu enjoy. Dengan kondisi: sendiri di rantau, tanpa suami dan orang tua, dan alhamdulillah saya selalu merasa "sehat", saya selalu ogah-ogahan saat mama mengajak untuk memeriksakan kehamilan di Pamekasan. Setiap mama tanya dimana saya mau melahirkan, saya selalu jawab: "gampang, liat ntar". 

Fyi, selama 36 minggu saya rutin memeriksakan kehamilan di Surabaya tanpa "menyentuh" obgyn di Pamekasan, padahal tiap weekend biasanya saya selalu pulang ke Pamekasan. 

Hati kecil sebenarnya saya ngga mau melahirkan di Pamekasan, karena sepertinya (sepertinya loh ya) tidak ada dokter pro normal disana. Semua teman saya yang melahirkan di Pamekasan berakhir di kamar operasi tidak peduli siapa dokternya. Memang kesimpulan yang gegabah karena saya ngga pernah tau cerita dibalik keputusan sc. 

Tapi lama-lama, saya pikir mama bener juga, la gimana kalau tiba-tiba saat di Pamekasan bocah ngajak ketemuan? Masa ditolak? Akhirnya, setelah masa cuti saya putuskan konsultasi ke salah satu dokter Pamekasan, sebut saja dokter A. ehtapi, beliau bilang ketuban saya sudah berkurang, beliau kasih deadline sampai tanggal 2 Mei 2018 kalau belum ada tanda-tanda brojol, pilihannya ada dua: induksi atau sc. 

Karena ngga puas, ditemani Dicky dan mama, saya ke Surabaya untuk konsultasi lagi ke dr. Dewi, lagi-lagi beliau menenangkan: kondisi saya baik dan masih siap untuk normal sampai uk 42 minggu. Posisi bayi sudah "dibawah", air ketuban masih cukup dengan kondisi baik.

Pulang dari Surabaya, besoknya, saya iseng ke obgyn yang berbeda di Pamekasan, sebut saja dokter B. Dokter B bilang posisi bayi masih diatas, belum turun ke jalan lahir. Saya diminta untuk banyak jalan, nungging dan "berhubungan" dengan suami. Kalau tanggal 10 Mei 2018 belum ada tanda melahirkan, pilihan: induksi atau sc. Huff. .

Sebenarnya sih, saya tidak masalah jika kondisi benar-benar mengharuskan untuk sc. Tapi sebisa mungkin usaha dululah untuk normal. Katanya kan ibu sejati adalah ibu yang melahirkan normal

5 Mei 2018, saya kembali lagi kontrol dr. Dewi dengan keputusan akan melahirkan dibantu dr. Dewi. UK waktu itu kurleb 39 minggu. Hasil pemeriksaan, posisi bayi benar-benar sempurna dibawah, intinya sudah di jalan lahir, ketuban oke. Tapi, jika tanggal 10 Mei 2018 dimana UK memasuki minggu ke-40, saya diminta untuk datang lagi, untuk Vagina Toucher (VT) jika belum ada tanda melahirkan. Katanya, VT akan merangsang kontraksi. Tidak pernah dr. Dewi menawarkan atau memberikan pilihan sc.

Karena belum ada tanda apapun saya putuskan untuk pulang aja ke pamekasan alih-alih untuk tetap tinggal di Surabaya.

Minggu pagi, 6 Mei 2018, saya dan Dicky berencana mengunjungi mertua sebelum Dicky balik ke perantauan. Pas mau mandi, saya lihat Pantyliner lo kok warnanya pink. Terus, saya panggil mama, nanya ini darah bukan. Mama bilang itu darah tanda-tanda melahirkan. Mama ambilin saya air minum karena emang tiba-tiba saya jadi degdegan. Mama panggil Dicky yang lagi ngopi di teras.

Dicky nanya, "mau ke Surabaya nggak? Ke dr. Dewi?"

Saya diem, mikir, bingung, lalu saya bilang, "disini ajalah, takut ada apa-apa dijalan"

Dicky: "Mau ke dokter siapa? A atau B"?

--mikir--

Saya optimis bisa melahirkan normal, saya putuskan dokter B ajalah, karena dokternya perempuan, saya risih kalau harus "ngangkang"  di hadapan dokter A yang laki-laki. Saya telpon dokter B yang meminta saya untuk datang ke RS saja. 

Saya mandi, niat hati ingin BAK. Tapi kok, pipisnya ngga selesai-selesai, saya berdiri, byaarr, waduh ketuban ternyata. Sesegera mungkin beberes cus RS. 

Sesampai di RS, saya langsung masuk UGD, kalau ngga salah inget sih waktu itu pukul 10am. Ketuban sudah berhenti keluar, saya ngga ngerasain kontraksi sama sekali. Saya langsung diminta reservasi kamar, tanpa diperiksa terlebih dahulu. Waktu itu banyak sekali pertanyaan di otak kenapa kok saya tidak diperiksa dulu, kenapa harus reservasi kamar dulu. Katanya sih, biar memudahkan kalau-kalau pas kelahiran pasti sudah ada kamar.

Setelah itu, saya dipasangi infus. Saya tanya mbak perawat, "loh kok langsung pasang infus mbak?" Dijawab katanya emang gitu. Saya nangis, entah apa yang membuat saya nangis, saya ngga takut melahirkan, tapi gimana ya, belum apa-apa sudah pasang infus itu sungguh menjatuhkan mental saya. 

Setelah pasang infus, baru saya di VT, cek dalem, baru pembukaan satu katanya. Ngga lama dari cek dalam, saya didorong (pake kursi roda) ke kamar. Di kamar, banyak sekali pertanyaan kejanggalan bagi saya, Dicky, dan mama sebagai orang awam. Tanpa dijelaskan, mungkin kalian sudah tau apa yang saya pikirkan saat itu. Yasudahlah, diikuti saja. 

Saya lupa pastinya pukul berapa dokter datang, yang jelas sore, mungkin sekitar pukul 15-16pm, saya di VT langsung oleh dokter, katanya masih bukaan satu. Karena ketuban sudah pecah saya diminta untuk memilih induksi atau sc karena saya memang belum merasakan kontraksi. Sebagai ibu yang (mencoba) sejati, saya pilih induksi dulu. (Kayanya) pukul 17pm, infus saya diganti infus induksi.

Saya ngga pernah takut melahirkan. Bukan sombong atau takabur. Kalau jaman now, banyak sekali yang menyebutkan afirmasi positif, saya sebaliknya. Selama hamil saya selalu men-sugesti diri kalau melahirkan itu pasti sakit, beberapa kali melihat video melahirkan apapun prosesnya, biar tau sesakit itu prosesnya. Jadi ketika saatnya tiba, saya kaget dengan rasa sakitnya.  

Selama hamil, saya selalu minta sama Allah tolong selamatkan kami berdua atau ambil nyawa kami berdua. Saya ngga sanggup kalau harus kehilangan bayi yang selama sembilan bulan berbagi tubuh dengan saya. Pun saya tidak tega jika anak saya harus hidup tanpa ibu (kandung) meskipun dengan saya atau tanpa saya anak saya akan dikelilingi orang-orang yang akan menyayangi dia setulus hati.   

Setelah infus induksi terpasang, saya mulai merasakan kontraksi, tapi katanya mbak perawat, saya masih cantik berarti masih jauh dari melahirkan. Iya, kontraksi tapi kontraksinya masih biasa aja sih emang. 

Saya bolak/i pipis, naik turun tempat tidur untuk pipis di kamar mandi, saya tanya mbak perawat waktu cek detak jantung bayi, katanya boleh untuk pipis di kamar mandi. Lama-lama saya jadi kok kepikiran, saya googling, terus nemu blog yang cerita proses kelahirnya yang didahului pecah ketuban, dan ternyata harus bedrest. Nanya lagi dengan perawat yang berbeda, dan ngga boleh ding naik turun kasur. Hashh. Akhirnya, mama dan papa keluar beli popok sekali pakai dewasa. 

Untuk urusan jam saya lupa pastinya, tapi kayanya sih pukul 10pm, saya merasa ketuban saya keluar lagi. Dosis induksi ditambah. Disitu, disitu, dan disitu, saya seperti disiksa. Sugesti melahirkan itu sakit ngga ngaruh. Sakit banget ternyata. Selain rasa kontraksi yang mulai ngga bisa dituliskan lagi gimana sakitnya, saya juga harus nahan rasa pipis tapi ngga bisa pipis. Saya kebelet pipis, tapi kok pipisnya ngga mau keluar. Kesiksa banget. Terus tiba-tiba kebelet pup, tapi ngga bisa pup. Subhanallah sekali. Sakit kontraksi, ngga bisa pipis, ngga bisa pup jadi satu. 

Perawat satu bilang itu bukan kebelet pipis (sebenernya), rasanya emang gitu kok kalau mau melahirkan. 
Perawat satunya bilang, "loh usaha mbak biar pipisnya keluar, coba dirangsang dengan dialiri air, nanti ganggu jalan keluar bayi". 

--lagi-lagi harus tarik napas panjang--

Saya yang tadinya konsisten ngitung durasi kontraksi lewat aplikasi hp, jadi bodo amat lah, sakit tauk, ga mikir pegang hp. Perawat juga ngga mau cek dalem, katanya takut infeksi karena ketuban udah pecah. Saya ingat pukul 2am, 7 Mei 2018, saya maksa buat cek dalem, udah ngga kuat rasanya. Ternyata setelah cek dalem, masih bukaan dua sis. Pengen nangis, ingin kuberkata "kasur", tapi ngga boleh, istighfar aja. 

Tangan Dicky, mama, papa, gantian kuremes-remes. Sesekali liat mata Dicky, mama, papa berkaca-kaca, entah saya yang GR atau salah liat. Tapi rasanya mereka merasakan apa yang saya rasakan.

Saya inget percakapan saya sama Dicky waktu itu:
Dicky : "Sayang kuat?"
Saya : "Ngeremehin aku, ben (baca: kamu)?"
Dicky : "Kalau ngga tahan sc aja, sayang"

Terharu T_

Dari yang awal yakin saya pasti kuat, akhirnya, saya mulai galau, saya mau sc aja, tapi nanti saya bukan ibu sejati dong. Huhu. Yasudah tahan dulu. Sesakit itu, saya galau dalem ati antara bertahan normal atau langsung sc aja. Sakiitttnyaaa. . 

4am, saya bangunin Dicky yang tertidur duduk disebelah saya, saya bilang sambil nahan nangis, "aku sesar aja ya?". Kibar bendera putih.

"iya"- Dicky langsung bangun pergi ke tempat perawat konfirmasi untuk sc. 

Terus Dicky dan mama pamit sholat, saya ditemani papa nunggu perawat. Saya remas-remas tangan papa saat kontraksi dateng. 

Abis itu perawat dateng ganti infus induksi dengan infus biasa, pasang kateter. 

Busyet, bukan tambah berkurang nyerinya, saya malah kaya kesetanan, makin dahsyat sakitnya. Saya ngga sanggup, saya teriak-teriak panggil mama, saya bilang saya ngga kuat. Bener-bener teriak kaya orang kesurupan. Padahal sebelumnya saya berusaha untuk ngga teriak. Saya teriak minta untuk cek dalem. 

Perawat ngga mau, karena 2 jam yang lalu baru bukaan 2, ngga mungkin dalam waktu dua jam pembukaan udah nambah cepet. Saya maksa. Akhirnya dicek, bukaan 8, gaes. 

Saya yang tadinya teriak kesetanan langsung diem terus ngomong: "aku mau normal". Teriakan saya langsung saya tahan, saya mau simpen tenaga buat ngeden. 


--bersambung--

No comments:

Post a Comment