Wednesday, November 14, 2018

Keefe 6 Bulan

Keefe 6 Bulan
Artinya, rejeki Keefe minum ASI masih dilancarkan sampai detik ini. Denger-denger (artinya belum pernah cari tau sendiri), ASI eksklusif itu bayi minum ASI saja dari usia 0-6 bulan, jadi saya ngga pernah anggap Keefe bayi ASI eksklusif, karena memang asupan pertama Keefe adalah bubuk-bubuk putih itu.

Dulu, kalau lagi inget Keefe pernah icip-icip sufor rasanya marah, kecewa, menyesal, dan perasaan-perasaan negatif lainnya. Makin kesini saya makin sadar, itulah yang terbaik buat saya (terutama) dan buat Keefe. Mungkin kalau saat itu saya memaksakan untuk kasih Keefe ASI, resiko baby blues makin meningkat, karena waktu itu kondisi mental dan fisik saya payah banget.

Keefe 6 bulan
Artinya sudah 6 bulan saya jadi ibu dan 4 bulan bagi waktu antara eping mom dan dbf mom.
Senin s.d Kamis selain kerja hidup saya seputaran pumping, cuci, dan steril, dimana 2 part terakhir adalah paling melelahkan dan paling enggan untuk dilakukan.

Dibalik pipi tomat, double cheek, lengan berlapis, dan paha yang bikin pengen noel, saya selalu ketar ketir saat produksi ASI lagi menurun, entah karena lagi menstruasi, atau sering skip jadwal pumping, atau karena jarang kena iler Keefe langsung.

Kalau dipikir-pikir kadang saya juga mikir (halah) apa yang saya kejar bertahan kasih Keefe ASIP yang jelas sudah tidak ada bateri baiknya, tidak ada antibodinya, kepruk-kepruk es batu tiap hari Kamis untuk bawa pulang ASIP aman sampai rumah? Kadang saya merenung apakah ini benar-benar tulus dari dalam diri atau sekedar unjuk kekuatan diri atau malah cuma penghematan?
Jujur, sayapun belum yakin setulus apa diri saya, tapi ini adalah bentuk tanggung jawab saya sebagai Ibu selagi bisa dan mampu diusahakan entah apapun motif dibelakangnya.

Kalau hitung punya hitung, saya hidup benar-benar 24/7 bersama Keefe cuma sampai usia Keefe 2 bulan ya, dari 4 bulan terakhir, raga saya bertemu Keefe cuma 2 bulan aja, karena 2 bulan sisanya saya me time kerja di Surabaya sendiri aja tanpa anak tanpa suami lol. Sedih?! Ehmm, ngga sih, karena saya percaya Keefe terbaik diasuh mama saya untuk saat ini.

Orang-orang selalu nanya, Keefe inget ibunya ngga? Alhamdulillah, kayanya Keefe selalu inget bau ketek ibunya ini. Keefe tetep mau nenen, alhamdulillah, meskipun setengah minggu minum asinya lewat karet dot. Keefe tetep bisa tenang saya gendong ketika dia mulai emoh digendong orang lain. Saingan saya ya cuma mama wkwkw.

Baru-baru ini saya ngeh mungkin Keefe tetap ingat saya karena dia minum ASI dari saya meskipun waktu kami bertemu ngga selayaknya yang lain. Dan yang selalu saya ingat, "ibu tetap ibu, anak pasti inget sama ibunya, meski sesingkat mungkin waktu bersama", kata-kata penghibur yang selalu diucapkan mama ketika saya mulai khawatir Keefe lupa ibunya.

Sekarang Keefe sudah 6 bulan (lebih 7 hari), sudah MPASI, dan yang buat kubahagia, pas diumur 6 bulan Keefe ngerangkak udah cepet banget. Pas umur 5 bulan sih Keefe ngrangkaknya mundur kaya undur-undur.

Sedih ngga karena mungkin akan melewati milestone Keefe? Ngga sih, karena kemarin Keefe unjuk kebolehan ngrangkak kedepan ada saya, wkwkw, ngga ding. Yaa ngga aja, ngga sedih. Yang sedih kalau perkembangan Keefe terlambat. Yang penting tujuan tumbuh kembang Keefe tercapai saya lihat atau ngga saya lihat ending juga pasti saya tau dan saya lihat, #apasih.

Di 6 bulan ini:

1. ASI(P) 
Beberapa jam setelah lahir sampai besoknya (lupa jamnya) asupan utama Keefe adalah SUFOR, terus seminggu pertama mix sufor dan asi, dimana kayanya proporsi sufor masih lebih besar, baru deh setelah seminggu berhasil lepas sufor full ASI(P). Sebagai manusia biasa, sering banget galau, ngga konsisten. Buat saya nenenin itu bikin capek tapi ngangenin. Tiap minggu takut Keefe ogah nenen karena bingput. Pas produksi ASI lagi terjun bebas, udah kebayang aja, huhu nanti aku ga bisa liat tatapan gemes Keefe pas lagi nenen? Iya, Keefe itu pas lagi nenen sering banget liatin saya, sampe bikin saya terharu. Nenennya tiduran, bukan yang duduk, jadi kepala Keefe agak mendongak dan dia liatin sayaa, huhuuhu. Pas saya di Surabaya atau pas lagi produksi ASI turun saya galau, duh nanti Keefe ngga mau nenen, gimana? Eh, pas dirumah, yeyy Keefe masih lihai ngenyot langsung dari saya, tapi kok, lo, Keefe buruan dong nenennya, ibu pegel nih/ Keefe, masih laper yaa, duh ada watsap Keefe/ Keefe, masih aja nih ngenyot, ngantuk Keefe. REPEAT huhuh n___n

2. MPASI
Untungnya, jauh sebelum Keefe MPASI saya dikenalin ignya dr. Meta Hanindita, SpA sama temen saya. Terimakasih Silvina, i love you ! Jadi saya belum terperosok dalam lingkaran "katanya". Saya jadi tau MPASI tidak diawali dengan menu tunggal buah dan sayur. Saya jadi tau kalau MPASI instan itu ngga sama kaya indomi makanan instan lainnya. Berawal dari blog dan igs dr. Meta saya makin sering cari tau sumber-sumber yang lain, dan jelas dari dokter spesialis anak, bukan mommy instragram atau bahkan situs-situs parenting terpercaya sekalipun kalau sumbernya bukan dsa ya ngga mau ambil jadi patokan. Saya juga sering liat yutubnya dr. tiwi juga, dokternya Rafathar itu. Yang penting, saya ngga jadi keluarin duit banyak untuk beli ini itu, bahan-bahan MPASI yang berseliweran di IG mamak-mamak milenials yang mungkin saya beli kalau saya ngga "bertemu" dr. Meta lebih dulu #ibubijakselamatkanisidompet.

3. Kenal Orang
Menurut sependek pengetahuan dan pengalaman ngasuh Keefe, kayanya dia mulai tau dan bisa bedakan mana emaknya, ibunya, bapaknya, dan lainnya. Saat ngga nyaman digendong orang lain atau lagi kepengen digendong, Keefe udah bisa julurin tangan \w/.

4. Remote, Tali tas, Sepatu
Daripada Teether Keefe lebih doyan Remote, Tali tas, dan Sepatu(nya sendiri). Saat liat barang-barang itu Keefe akan semangat 45 ngerangkak buat ambil barang itu terus dijilad, dan digigid. Biasanya sih saya biarin, karena kata dokter tiwi (lagi-lagi) ngga pernah ada mainan yang bersih sempurna. Biarin aja anak eksplor yang ada, tujuannya juga nambah antibodi. CMIIW, bisa liat langsung di yutubnya dr. tiwi. Ada lagi sih yang selalu dicari Keefe, Handphone. Tapi belum pernah saya kasih, karena pasti masuk mulut. Selain takut keseterum, kayanya semua HP disekitar Keefe temenan sama kuman-kuman WC :p

5. Bebas Imunisasi (Sementara)
Alhamdulillah, Keefe udah selesai imunisasi sampai di 6 bulan ini. Istirahat bentar untuk lanjut imunisasi 3 bulan lagi. Vaksin ini drama banget pas BCG dan Pentavalen I. Pas BCG, sebagai ibu baru yang oon dan ga nurut sama yang lebih pengalaman, yaitu emak Keefe, akhirnya obat tidak penting yang ngga jelas faedahnya masuk perut Keefe gara-gara informasi yang salah. Pas Pentavalen I, saya mulai jadi ibu idealis, saya keukeuh ngga kasih Keefe Paracetamol padahal waktu itu Keefe demam. Saya ngotot ijin kerja, untuk nenenin Keefe langsung. Pedoman saya waktu itu adalah informasi di blognya dr. arifianto, sp.A. Saya idealis, tapi tetap realistis, saya ngga kasih Keefe paracetamol tapi ditangan selalu ada termometer. Waktu itu, angka di termometer nunjukin 36.7 derajat C. Jadi biarpun agak takut tapi saya berusaha tenang bahwa semuanya akan baik-baik saja dengan direct breastfeeding. Dramanya adalah saya ngga disapa mama, gaes. Mama ngga "pegang" Keefe samsek, menghindari saya dan Keefe dihari Keefe imunisasi sampai besoknya. Terus saya liat mama nangis gara-gara katanya (kata buyut Keefe) ngga tega liat Keefe. Tapi akhirnya semua berakhir bahagia dan drama-drama imunisasi selesai di Pentav I aja. Imunisasi selanjutnya aman tanpa demam, tanpa paracetamol, dan drama lainnya.
Ibu, Keefe, dan Emak Keefe Happy. Alhamdulillah. Semoga berlanjut ya Keefe di imunisasi-imunisasi berikutnya. 

Itulah sepenggal cerita Keefe selama 6 bulan ini. Yang punya banyak cerita mungkin Emak Keefe yang sehari-hari sama Keefe.

Penutup:
Don't grow up too fast, boy!-- eh itu kata ibu anak lain. 
Kata Ibu Keefe, "ayo dong cepet gede Keefe, biar bisa gandengan tangan, maen bola bareng, mewarnai, cerita, baca buku, saling peluk dan saling cium, keefe protes ngga suka sama baju yang dipilih ibu, keefe tantrum gara-gara ngga ibu belikan mainan, yuk cepet gede Keefe". Bahagia yaaa anak sholeh ibu. 

No comments:

Post a Comment