Tuesday, November 20, 2018

Perjalanan Dokter Spesialis Anak

Seperti yang sudah saya ceritakan disini,
Keefe udah cobain periksa dan konsultasi di dokter anak sebanyak 6 dokter. Banyak? Ehmm, abisnya belum ada yang cocok sih. Cari dokter kayanya lebih ribet daripada cari jodoh deh.

Kayanya dari segi medis, saya ngikut mama, yang anak sakit dikit langsung pergi ke dokter. Kalau kata mama, mama ngga mau nyesel kalau terjadi sesuatu. Tapi saya ngga serta merta gitu aja ngikut konsep dikit-dikit ke dokter.

Sejak Keefe keluar dari kamar operasi, mama selalu nanya tiap perawat visit kamar, kapan Keefe "dilihat" dsa. Perawat bilang, "ngga usah, bu, anaknya sehat kok". Tapi mama ngotot bilang perawat kalau mau cucunya diperiksa dsa. Awalnya saya risih, apaan sih mama orang Keefe ngga kenapa-kenapa juga.

Dari hari pertama Keefe lahir sampai hari terakhir Keefe di RS, ga bosen-bosen mama bilang sama perawat yang visit kalau mama mau Keefe "disentuh" dsa. Tapi, dokternya ngga dateng-dateng. Sampai di hari ketiga, saat mau pulang, perawat dan obgyn bilang untuk konsultasi sendiri di tempat praktek dsa.

(ternyata setelah cari tau sendiri, emak Keefe bener, prosedurnya sih setiap kelahiran seharusnya didampingi dsa yang mengobservasi anak baru lahir untuk mengindentifikasi adanya kemungkinan kelainan tak kasat mata)

Dari malam pertama Keefe lahir, sampai dirumah, malam-malam saya kelabu. Keefe kolik, nangis mulu ngga berhenti dari malem sampai subuh. Yang begadang gendong Keefe memang bukan saya, mama. Karena masih sufor, saya selalu diminta mama untuk tidur agar badan cepat pulih sehingga produksi asi lancar. Tapi tiap buka mata, liat mama ngantuk-ngantuk gendong Keefe dan kadang sambil ngedotin juga, disitu saya saya merasa gagal jadi anak dan ibu. Kayanya tanggung jawab sebagai ibu saya lempar gitu aja ke mama. Iya, sering banget lebih dari 5 jam Keefe nangis sampai harus digendong.

Bulan-bulan pertama itu "cobaan" banget buat saya. Pas hamil, saya selalu men-sugesti diri kalau melahirkan itu sakit. Tapi saya lupa menyiapkan mental, mengurus bayi baru lahir itu melelahkan.

Masyaallah banget, rejeki banget punya mama. Alhamdulillaaahh. .

Lupa dihari keberapa, kayanya usia Keefe baru semingguan. Mama bilang, "anakmu ini bawa aja ke dokter, kembung tiap malem ini makanya rewel", seperti udah tau apa yang ada di dalem pikiran saya, mama ngomong lagi, "udah, ngga usah dibeli obatnya, yang penting tau dulu ini kenapa anakmu nangis tiap malem, kan kasian kalau ada yang sakit". Oke deh, saya setuju ke dokter.

Berikut ini pengalaman saya bawa Keefe periksa dan konsultasi dsa.

1. Dsa di Pamekasan
Ini lanjutan dari cerita di atas. Dsa ini termasuk langganan. Dari jaman adik kedua saya kecil sampai si ragil yang memang bolak balik sering opname di RS, pasti yang menangani adalah dsa ini. Awalnya saya ya biasa aja sih sama beliau karena toh memang beliau yang dicari kalau adik-adik saya sakit sejak dulu.

Tapi saya mulai ilfeel pas bawa Keefe pertama kali untuk periksa.

Dsa: lahirnya normal apa sc?
Saya : sc dok
Dsa : kenapa sc?
Saya liat-liatan sama mama, terus
Saya : ngga kuat dok
Dsa : waduuh (sambil ketawa), anak kedua harus sc ini.

Oke, mungkin ini jadi masalah pribadi saya yang sensitif pasca melahirkan. Tapi kok rasanya ngga tepat kata-kata itu muncul dari seorang dokter.

Diagnosisnya : Keefe intoleran terhadap laktosa di ASI. Sarannya: Sebelum kasih ASI, harus kasih air putih dulu. Dan saya ngga boleh makan ikan laut, kacang ijo, kelor, bayam dan pedas.

Saya ngga masalah sama pantangan makanan, tapi Hah? Air putih? Bukannya ngga boleh ya kasih bayi air putih?

Yaudahlah, saya pasrah toh kata dokter yang lebih ngerti.

Akhirnya pas pulang, sebelum Keefe nyusu saya kasih Keefe air putih 30ml dengan berat hati.

Karena ngga sanggup sama beratnya hati, cukup sekali aja saya kasih Keefe air putih.

Saya memang ngga tau, mungkin memang benar, air putih adalah solusi untuk bayi yang intoleran terhadap ASI, tapi saya coba ikuti kata hati aja.

2. dr. Noerdjatmiko, sp.A
Minggu kedua setelah melahirkan saya "terpaksa" memeriksakan diri ke dr. Dewi yang hari itu praktek di RS Putri Surabaya. Sambil menyelam minum air, saya random aja cari dsa, sekalian bawa Keefe konsultasi yang memang masih kolik tiap malam. Tapi tujuan utama adalah konfirmasi mengenai air putih. Waktu itu saya telat banget sampai di lokasi. Saya sudah bolak/i di telpon RS diminta untuk segera datang karena dr. Noer akan pulang. Saya minta tolong untuk ditunggu karena saya dari Pamekasan.

Setelah sampai dan Keefe diperiksa. Kata dr. Noer, anak yang minum ASIP dengan dot pasti akan kembung karena udara pasti masuk dari dot. Untuk itu saya diminta untuk jangan lagi kasih Keefe dot. Dan Big No untuk air putih. Nahkan, baiklah.

(saya ngga ceritakan sih ke dr. Noer histori Keefe dikasih air putih, tapi alasan kenapa jangan kasih air putih untuk bayi bisa dibaca disini).

Kesan saya sih ya cukuplah, B aja, karena saya sebenarnya cuma butuh jawaban tidak untuk air putih. Tapi mungkin karena waktu itu memang saya yang terlambat dari jadwal yang seharusnya, jadi kesannya beliau buru-buru saat menjelaskan.

3. Prof. Dr. dr. Teddy Onteseno, sp.A(K), spJp, FIHA
Busyeet, panjangan gelar daripada nama lol. Beliau termasuk dokter langganan keluarga. Saya waktu kecil sakit yang kalau dibawa ke dokter Pamekasan tak kunjung sembuh pasti langsung diperiksakan ke dr. Teddy, berlanjut sampai adik-adik saya yang lain.

Saya lupa sih alasan kenapa bawa Keefe ke dokter ini. Tapi saya ngerasa kok jadi B aja sih. Ngga sesuai, belum klik lah dihati untuk jadi dokter langganan Keefe nanti (namanya manusia pasti akan sakit kan, walaupun amit-amit sih)

Nah no. 4 dan seterusnya ini adalah dokter yang murni mau saya datangi sebenar-benarnya hanya untuk konsultasi, bukan karena Keefe sakit. Saya mau konsultasi banyak hal terutama MPASI.

Saya mulai punya prinsip yang selalu saya bilang ke Dicky, "ke dokter ngga harus sakit kan// lebih baik mencegah kan daripada mengobati". Saya selalu sounding itu ke Dicky, karena ngga ada yang lebih buat bahagia selain satu suara sama suami, ya nggak? Alhamdulillah Dicky setuju-setuju aja.

Dokter keempat sebenarnya adalah dr. Meta, tapi karena yang sudah saya ceritakan sebelumnya, jadi batal deh. Karena ngga mau sia-sia udah bawa Keefe ke Surabaya, di kampus, saya gabut cari-cari dsa yang banyak direkomendasikan di Surabaya, saya tanya teman-teman, dan akhirnya :

4. Dsa di Sidoarjo
Pertama kali dateng, kesan saya sih, dokternya ganteng. Tapiii. .
Awal masuk saya ditanya Keefe kenapa, saya bilang sehat, mau konsultasi aja. Tiap saya tanya, dokternya motong, "bu jangan dikit-dikit anggep anak sakit bu/ pake termometer dong bu untuk putuskan anak demam atau dingin". Yakali ngga pake termometer dok, saya juga tau kali. Hash.

Ngga lama, suara adzan isya berkumandang, ditengah-tengah adzan saya tanya:

Saya : "dok, ini kan Keefe mau MPASI (niatnya kan emang mau konsultasi MPASI)"

Dokter : "apa lagi bu? Saya mau sholat ini" sambil pake kopyah

Saya langsung keder digituin, tapi yaudah menter ajalah.

Saya : "menunya apa ya dok?"

Dokter : "terserah, buah boleh tapi jangan lama-lama nanti ngga ada gizinya, mau yang instan-instan itu juga boleh" terus berdiri dari kursi, saya cegat dong

Saya: "Udah boleh air putih belum?"

Dokter : "yajangan lah bu, ngapain air putih, orang bule abis makan, minum susu bu" terus pergi ditinggal sholat.

Silakan dinilai sendiri -.-"

Karena ngga puas sama hasilnya, saya cari-cari lagi dsa, tanya lagi sana sini. Akhirnya saya dapat rekomendasi dr. Dini Adityarini, sp.A dari teman dosen di kampus. Saya baca-baca review, saya baca blog yang menyebutkan bahwa beliau adalah dr. Tiwinya Wong Suroboyo. Saya juga jadi follow instagramnya dan jadi semangat konsultasi.

2 November 2018, setelah sehari sebelumnya reservasi via telpon, saya datang di RSIA Kendangsari Merr (RSKM), saya daftar untuk pengambilan nomor antrean kemudian saya bayar biaya administrasi. Karena dokter belum datang, saya putuskan untuk makan dulu di Kantin. Setelah makan, saya kembali ke depan ruang praktek dan dapat kabar mengejutkan: dr. Dini ngga bisa praktek karena sakit. Sedih ngga? Bangeeett.

Pulang ke kos dengan gundah gulana, sebel, mana Keefe uda waktunya MPASI. Batal deh konsultasi MPASI. Saya juga sedih karena saya juga mau konsultasi masalah produksi ASI yang terjun bebas. Fyi, dr. Dini termasuk satgas ASI Surabaya. Apalagi Keefe lagi pilek perdana setelah hampir 6 bulan ngga pernah pilek samsek.

Setelah sampai kos saya mikir, wah Keefe pilek nih, daripada saya bawa ke dsa Pamekasan, mumpung masih di Surabaya, saya bawa aja Keefe periksa di Surabaya, tapi ke siapa? Tanya sana sini lagi dong, dan akhirnya:

5. dr. Leny Kartina, sp.A
Di hari yang sama, sore hari sebelum pulang Pamekasan, saya balik ke RSKM. Saya dapet antrean nomor 6. Saya nunggu lama banget karena saya rasa satu pasien bisa sampai 20 menit di "dalam".

Kesan: dokternya welcome, ngga buru-buru, becandain, nguddang (apa ya bahasanya) Keefe mulu. dr. Leny yang menyarankan untuk coba MPASI instan selama dua hari karena terfortifikasi kaya zat besi, sebelum ke MPASI homemade.

Tapi lagi-lagi belum klik dihati. Saat saya ceritakan alergi Keefe, beliau "hanya" meminta saya untuk berhati-hati dalam makanan. Saya "disanguin" resep untuk pilek dan alergi Keefe. Yah, ngga saya beli dong, saya rasa pileknya masih biasa aja, dan saya juga ngga yakin sama alerginya.

Setelah dari RSKM, saya cuss pulang ke Pamekasan. Besoknya, saya kasih Keefe MPASI pertama Miln*. Saya udah mulai "melupakan" konsultasi yang saya inginkan. Tapi Allah berkehendak lain. Saya dikasih kesempatan untuk konsultasi dengan dr. Meta.

6. dr. Meta Hanindita, sp.A
Yang saya baca, dokter meta ini dokter spesialis anak yang ambil spesialis lagi soal gizi. Bisa baca disini. Mungkin karena memang belajar "lebih" soal nutrisi dan tumbuh kembang anak, beliau adalah satu-satunya dokter yang meminta KMS (sebelum jadwal, saya disms pihak RS untuk bawa KMS). Cerita lengkap dengan dr. Meta bisa dibaca disini, wkwkw. Intinya, saya se-jatuh cinta itu dengan beliau. Ngga nyesel lah saya bela-belain bawa Keefe ke Surabaya (lagi) demi buat ketemu dr. Meta.

Waktu tunggu antrean dr. Leny saya pikir itu sudah lama. Ternyata dr. Meta lebih lama lagi. Saya dapat no. Antrean kedua. Saat nunggu mama saya sampai bilang:

"agguuh ce' abidheh, tedhung ngara"//
"busyet lama amat, tidur kali".

Iya karena selama itu. Eh ternyata Keefe diperiksa juga lama. Pas di dalem sih ngga berasa. Tapi kata adik saya yang nunggu di luar lama banget. Sejam lah kira-kira.

Yah itulah perjalanan dsa Keefe dari saya yang mulai ikut jejak mama saya. Yang dikit-dikit ke dokter. Urusan obat dibeli atau ngga urusan belakang, yang penting tau penyebab, alhamdulillah dapet ilmu baru. Saya masih RUM kok :)

---

No comments:

Post a Comment