Wednesday, November 21, 2018

Antara Keefe, ADB, dan ISK

hati-hati: Postingan panjang


Seperti yang telah saya ceritakan disini, bahwa Keefe akan tes darah (dan urine) untuk memeriksa dugaan Anemia Defisiensi Besi (ADB) atau Infeksi Saluran Kemih (ISK). Perjalanan (panjang) tes darah dan urine berakhir hari ini.

14 Nopember 2018, Sepulang konsultasi dengan dr. Meta, saya langsung bawa Keefe ke lab untuk segala tes yang dibutuhkan. Sebelum ambil darah, Keefe dipasang urine collector untuk menampung pipisnya. Setelah terpasang baru deh eksekusi untuk pengambilan darah yang penuh isak tangis, wkwk. Perawat kesusahan untuk mencari pembuluh darah Keefe di lengan kanan. Keefe yang tadinya anteng mulai merasa terganggu tangannya diikat dan ditekan-tekan akhirnya menangis. Lama banget dua perawat cari pembuluh darah Keefe sebelum akhirnya jarum suntik ditusukkan.

Lamaaa. .
Darah ngga kesedot gengs, berkali-kali pistonnya ditarik-didorong ngga juga ngeluarin darah. Tangisan Keefe makin menjadi, perawat berulang minta maaf ke Keefe sambil terus mencoba dan akhirnya menyerah. Perawat kemudian meminta saya (beserta rombongan pengantar) untuk menenangkan Keefe sebelum mencoba ambil darah di lengan kiri.

Setelah Keefe tenang, perawat mencoba cari pembuluh di lengan kiri. Daaan, tidak berhasil gengs.
Perawat ngga berani menusukkan jarum dan meminta untuk kembali besok untuk dieksekusi perawat lainnya.

Yang nangis bukan cuma Keefe, semua nangis kecuali Ibu Keefe yang tangguh ini. Erik aja nangis.

Sebelum pulang, cek urine collector masih kosong. Saya dibawakan urine collector untuk dipasang dirumah sebelum besok ke lab.

15 Nopember 2018, saya kembali ke lab, urine collector dicek (saya pasang pukul 1pm), ternyata masih kosong lalu diganti yang baru, lalu Keefe diambil darahnya. Ngga gampang tapi berhasil, alhamdulillah. Urine collector baru terisi pukul 4.30pm tapi ngga cukup sebagai sampel pemeriksaan. Saya dan rombongan menunggu di lab "hanya untuk memenuhi  urine collector". 7pm urine collector masih kering, kami putuskan untuk pulang dulu ke Pamekasan.

Waktu itu, saya dan mama menduga Keefe ISK karena pipis yang tak kunjung mancur sampai tiba di rumah di Pamekasan (Saya ngga pakaikan Keefe pospak). Esok harinya pun sehari kurleb Keefe hanya pipis empat kali.

Hari ini, 21 Nopember 2018, Keefe kembali ke lab hanya untuk setor pipis. Saya pasangi Keefe urine collector dari kos dan tiba di lab pukul 10.15am. Ternyata pipisnya tumpah, yang tersisa di urine collector bagaikan uap air di pagi hari. Dasar bayi udah banyak polah, empat kali pipis semua tumpah. Kami berhasil menampung pipis Keefe saat adzan ashar. Akhirnya.

Semua hasil saya minta di-email sekalian saya minta email ulang hasil pemeriksaan darah saya waktu hamil Keefe, Maret 2018.

4pm, saya dapat email hasil lengkap pemeriksaan darah dan urine punya Keefe plus punya saya dulu. Saya baca hasil lab Keefe lalu saya ngomong  ke mama: " Wah, Keefe ADB ini". Sigap saya whatsapp hasil ke dr. Meta. Sebelum dibalas, saya baca lagi pengalaman Mba Ocha, senior saya jaman kuliah, tentang ADB dan Khitan Mas Adam, anaknya.

Berikut adalah percakapan saya dengan dr. Meta via whatsapp.

Saya : Assalamu'alaikum, dr Meta. Dok, berikut adalah hasil pemeriksaan darah dan urine Keefe. Dan hasil pemeriksaan darah saya sewaktu hamil Keefe.



* Punya Keefe



 *Punya saya


dr. Meta : Waalaikumsalam.
Bu ada defisiensi zat besi
Tapi isknya negatif
Pipis udah normal bu? (sebelumnya saya pernah whatsapp dr. Meta karena waktu "jarang" pipis)
Bb udah naik blm? 

Pipis sudah normal dok

Bb 14 nop 8.6kg, hari ini 8.7kg dok

Oke bu bagus

Untuk defisiensi besinya bagaimana dok?

Kira2 apa penyebab ya dok? Apa dari asupan saya yg mungkin kurang zat besi karena masih asi (mengingat keefe baru mpasi)?

Bukan bu emang wajar
Cadangan besinya emang abis pas 6 bulan

(ini beneran dr. Meta bales sepanjang ini lengkap dengan screenshoot ya)

Ini yg saya bilang normal td bu
Liat deh
Zat besi kebutuhannya yg kotak tinggi
Yg bs terpenuhi dr asi cm yg kuning
Dikit bgt
Tapi usia 0-5 bln msh ada cadangan zat besi dr ibu pas hamil (yg pink)
Begitu 6 bulan, abis semua cadangannya
Yg harus dipenuhi dr mpasi yg putih
Banyak bgt
Artinya mpasi harus kaya zat besi


Keefe masih di Stadium 2 ya bu

Solusinya bagaimana ya dok? Saya baru saja baca blog dr. Meta apa hrs tambah suplemen zat besi?

Mohon maaf dok, pencerahannya, selama ini sya berusaha RUM dok, mohon penjelasannya mengenai suplementasi zat besi 😊🙏

Coba baca highlight saya di instastory bu
Ttg RUM, ttg mpasi, ttg zat besi
Ada semua kok

Baik dok

Jd apa harus suplementasi dok? Jika iya apa dok? Dan dosisnya bgm?

Mnm zat besi bu
Boleh beli sangobion drop
Sehari 1cc bu sampai sebulan
Sebelum makan, atau 1 jam setelah makan
Harus pd saat perut kosong bu

Saya campur asi dok?

Jangan bu. Diberikan dengan air saja

Dok, keefe sering pucat wajah (tp masih aktif), pucat tangan dan kaki (sering dingin) apakah sbnrnya menunjukkan tanda adb dok?

*(ini yang saya tanyai di dsa sidoarjo seperti yang saya ceritakan disini)

Betul bu
Saya kmrn mnt cek adb krn mnrt saya keefe pucet emang

Maaf sy tny lagi dok, untuk adb dihasil lab apa benar saya lihat di ferritin, serum iron, dan tibc?

Betul bu, diliat semuanya
Feritin udah di bawah normal
Si tibc juga
Hb jg udah mepet bu
Hb harusnya di atas 11
Ini 11.3 ya
Kalau dibiarin trs lama2 hb ikut turun

Ooh begitu dok
Dok, kalau tibc justru diatas normal sekali dok

Bacanya bukan gt bu hehe
Justru 1/sekian
Kalau tinggi artinya adb

Oohh, terimakasih pencerahannya dok

Beratnya sempet ga naik brp lama ya bu?

[copas blog]
Sebelumnya ini informasi BB Keefe:
pas lahir, 7 Mei 2018 : 3.5 kg
24 Juni 2018 : 5.7 kg (imunisasi BCG)
22 Juli 2018 : 6.9 kg (imunisasi Pentav I)
26 Agustus 2018 : 8.0 kg (imunisasi Pentav II)
30 September 2018 : 8.4 kg (imunisasi Pentav III)
28 Oktober 2018 : 8.6 kg (imunisasi IPV)
2 November 2018 : 8.6 kg (pas periksa di RS Kendangsari Merr)

14 November 2018 : 8.6 kg (periksa dr. Meta)
21 November 2018 : 8.7 kg *terbaru

kenaikan seminggu ini bagus ya bu
Nah dr 4 bln ya seretnya bu
Mgkn cadangan zat besi abis duluan karena ibunya anemia?

Saya belum pernah cek hb lagi dok 😅

Maksud saya ini bu hehe
*(foward hasil lab saya waktu hamil Keefe)
Range di situ normalnya 11.5 ya, ibu 10.7 

Ohh iya dok, huhu

*(Ternyata dulu anemia gengs, tapi emang gitu sih kata obyn, cuma masih dalam batas wajar, ngga tau kalau ngaruh ke bayi, yang lagi hamil sebaiknya cek darah lengkap yak, kalau ada rejeki lebih baik lagi rubella dan teman-temannya huhu)

Berpengaruh ya dok? Artinya apa sekarang saya jg hrs banyak makan banyak zat besi dok?

Kalau skrg engga sih bu
Tp ya gpp jg buat kepentingan ibu sndr
Kita liat deh bu abis mnm zat besi beratnya hrsnya naik baik
Sebulan 400 gr ya bu

Baik dokk. . Terimakasih banyak pencerahannya dok.
Untuk tinggi badan bagaimana dok? Krn kmrn dr. Meta juga fokus dgn tb keefe yg cm 65cm.
Pertambahan sesuai bb nya nanti yg hrs sy perhatikan bagaimana dok?

Kalau bb naik baik selama 3 bln berturut2, pb pasti akan naik bu
Kalau bb ga naik, pb jg ga akan naik
Jd fokusnya skrg naikin bb dulu aja
Krn kalau bb naik otomatis pb ngikutin kok

Siap. Terimakasih banyak dr. Meta

---
Jadi memang sebelumnya sudah ada "kecurigaan" saya dan mama terhadap Keefe tapi selalu "terabaikan".

Mama sering banget bilang : "nik, Keefe ini dingin banget loh tangan kaki nya pucet lagi"
Saya : " Biasa paling ma, dingin", terus besarin suhu ac

Pernah malem-malem saya bilang:
Saya : " Ma, Keefe ini kok kaya putih banget sih mukanya? Anemia jangan-jangan"
Mama: " Aah nggaklah, ngga mungkin"

See, wkwkw. Kalau merasa ada keanehan terhadap anak langsung cari tau yaa, gengs
--

Yaa begitulah cerita tentang Keefe, semoga bermanfaat.

Tentang ADB bisa dibaca di blognya dr. Meta, atau IDAI

3 comments:

  1. Bun setelah pertemua pertama dg dr meta apa bunda pernah kontrol lagi?

    ReplyDelete
  2. Bun mau tanya anak saya jalan 6 bulan. Berat sama tinggi normal, kira2 butuh minum supplement zat besi ga ya, karena katanya suda bisa konsumsi suplement zat besi sejak umur 4 bulan

    ReplyDelete