Friday, March 22, 2019

Tips Mengelola Budget Skincare untuk Kaum Mediocre

Eaa tips. Sesekali biar ngga curhat mulu isi blog.
Baca judul yaa, untuk kaum mediocre kaya saya, wkwkw. Yang bukan bagian, boleh skip #gayaemangadayangbacabloglu.

Saya tuh pertama kali ke klinik kecantikan pas kuliah. Saya yang sebelumnya pake sabun badan (merek apapun) untuk cuci muka ini tiba-tiba kegatelan pengen cobain sabun wajah merek biore (random aja pilih biore) terus jadi jerawatan parah yang sakit gitu. Ngga tahan sakit dan malunya, akhirnya pergi deh ke klinik kecantikan. Jerawat sembuh, balik lagi cuci muka pake sabun badan. Artinya ya cuci muka kalau mandi aja. 

Dikenalin skincare sama mama saya awal 2015, pertama kali menginjakkan kaki di Jakarta. Biar muka terawat di tengah polusi, she said. Waktu itu saya dibelikan skincarenya  La Tulipe. Lengkap. Facial wash, toner, krim pagi, dan krim malam. Tapi lagi-lagi, bertahan beberapa minggu aja. Ngga sempet dan capek. Pagi-pagi saya bangun mepet ngejar APTB untuk bisa sampai kantor tepat waktu. Malam, lelah, beb. Tapi waktu itu udah tobat, ngga pake sabun badan buat muka, pake facial wash La Tulipe karena ngga ada efek apapun, baik negatif atau positif. 

Terus terakhir kali saya ke klinik kecantikan pas mau nikah. Saya rawatlah kulit biar bersih bersinar sunlight pas hari H. Setelah nikah, saya ngga pernah lagi ke klinik kecantikan. Males otw ke sananya, males ngantrenya, ditambah saya hamil jadi produk skincare dari klinik saya stop karena ngga tau aman buat bumil atau ngga.

Pas hamil muka saya kaya zombi. Jerawatan, gede-gede seluruh muka, sakit. Tapi saya ngga ke dokter, ngga pake skincare macem-macem. Saya cuma pake facial wash seri tree teanya The body shop dan trea tea oilnya saya totol-totol di jerawat tiap malem, meski ngga ngefek :'(.

yaudahlah, berharap dan yakin itu adalah jerawat hormonal yang bakal hempas dengan sendirinya pasca melahirkan. Bener aja, beberapa minggu sebelum lahiran, jerawat mulai kalem. Setelah melahirkan kulit saya jadi bebas jerawat. Tapi masalah baru muncul. Kulit wajah saya kering kerontang banget, sampai yang ngelupas di daerah sekitar bibir dan kerasa ketarik.

Kemudian, hari pertama menginjakkan kaki di Surabaya, setelah dua bulan cuti melahirkan, saya langsung ke counter TBS. Saya beli rangkaian sc seri Vitamin E, setelah baca review, of course. Alhamdulillah waktu itu sedang diskon. Saya beli Facial wash, toner, krim pagi, dan krim malam. Ngga beli sunscreen, karena waktu itu belum tau kalau ss sepenting itu. 

Tipsnya mana, woi, curhat mulu. Haha, monmaap, ngga ada intro ngga enak. 

Jadi sekarang saya mulai rutin pake sc dan lebih banyak stepnya. Double cleansing, double toning, pake essens, serum (kalau ngga males), moisturizing, sunscreen (pagi hari, tapi belum ke tahap reapply, mager, cin), lipmask (kalau malem dan ngga males, biar paginya lembab jadi siap kalau mau pake lipstik), dan selalu pake makeup remover kalau abis pake lipstik meski lipstiknya udah pudar sekalipun. Ngga sampe 10 step ala korean skincare pun, produknya banyak ya.

Nah, biar pengeluaran sc sobat kismin mediocre kaya saya ngga over budget, maka ini tips yang sedang saya jalankan. Cekidot.

1. Tetapkan budget untuk pengeluaran sc.
FYI, setelah banyak baca soal perawatan kulit, skincare itu kebutuhan primer ya. Meskipun sekarang ngga terlihat bedanya (kaya saya, belum glowing kaya song hye gyo, lol), yakin aja, kulit terawat akan berbeda dengan kulit tidak terawat. Kulit adalah investasi kalau kita seenggaknya ngga mau keliatan tua dibandingkan umur sebenarnya. Jadi tetapkan budget pengeluaran sc. Katakanlah 200k rupiah per bulan.

200k gimana bisa beli produk segitu banyaknya? Sadar, gaes, kita kaum mediocre. Belinya dicicil, haha. Kali ada yang belum tau, produk skincare wajib itu adalah double cleanser, hydrating toner, moisturizer, dan sunscreen. Setidaknya harus punya lima produk wajib itu. 

2. Rutin bukan harga
Nah untuk pemula, pastikan punya kelima produk diatas. Beli moisturizer yang bisa untuk pagi dan malam, biar hemat. Beli produk affordable. Ingat yang penting rutin pake sc, bukan mahalnya. Budget 200k bisa kok dapet 5 produk wajib. 

3. Pastikan pengeluaran sesuai budget
Pastikan tiap bulan maksimal 200k pengeluaran sc. Jangan lebih, boleh kurang. Produk-produk sc ngga akan habis dalam waktu sebulan kok. Minimal habis dalam waktu dua bulan. Kecuali sunscreen kalau reapply per dua jam seperti saran para suhu (dokter kulit). Karena saya belum pernah reapply sunscreen jadi ngga tau wajar pemakaiannya berapa lama.

4. Buat tabungan budget skincare
Anggaplah bulan ini kamu beli lima produk wajib dengan budget 200k. Bulan depannya kamu bisa beli produk lain, misal essens atau serum seharga maksimal 200k. Kalau kurang dari 200k, jadikan "kembaliannya" sebagai tabungan skincare untuk bulan depannya lagi. Jadi kamu bisa beli produk lebih dari 200k kalau kamu punya tabungan skincare. Misal nih dua bulan berturut-turut kamu ngga beli skincare karena produknya masih ada, berarti di bulan ketiga budget skincaremu sebesar 600k. Bisa beli produk yang lebih mahal atau produk highend yang sedang diskon, hehe.

5. Beli produk diskon
Jelas lah ya wahai sesama kaum, wkwk. Biar 200k di bulan berjalan cukup untuk beli beberapa produk yang bagus carilah yang sedang diskon sahaja. 

6. Self control
Ini jelas susah, beb. Apalagi kalau kamu gampang keracunan produk baru yang affordable atau highend tapi lagi diskon, beuh. Pasti hasrat ingin cepat beli dan nyobain akan muncul. Jadi pastikan punya self control yang baik ya. Jangan gampang tergoda diskon termakan racun apalagi kalau produk sejenis masih ada. Harap bersabar sampai bulan depan atau tabungan skincare cukup untuk beli produk baru.

Kalau kamu mudah teracuni, jangan pergi ke e-commarce manapun jangan injakkan kaki bahkan ke guardian saat budget ss udah habis. Bahaya, karena diskon tidak kenal situasi keuanganmu.

7. Pastikan sesuai jenis kulit dan baca Review 
Harus tau jenis kulit dan sebelum beli produk baru jangan lupa baca review. Cari review orang yang jenis kulitnya sama seperti kulit kamu, ya. Meminimalisir produk gagal karena ngga cocok. Sayang kan duitnya, dipreloved bisa sih, tapi susah lakunya #pengalaman, hahah. Lebih sayang lagi kulitmu. Kan kasian jadi jerawatan kalau ngga cocok.

Apalagi yaa. Kayanya itu deh yang saya terapkan dan masih struggling soal selfcontrol. Meskipun muka ya gitu-gitu aja, belum ada lalat yang nempel terus kepleset, well, ini prestasi. Delapan bulan terakhir saya rutin pake skincare pagi dan malam. Kecuali hari libur banyak cheatingnya karena saya males mandi pagi. Asa ngga adil aja sama badan kalau cuci muka lengkap dengan sc pagi hari tapi badan ngga mandi. Jadi kalau libur biasanya saya skip a.m routine skincare. failed. 

Oia, meskipun kadang ada tabungan skincare dan sedang diskon tapi saya masih belum pernah beli produk highend. Horor, takut cocok malah. Kan berabe kalau cocok terus produk abis di kala budget pas-pasan, lol. 

Semoga bermanfaat.  

2 comments:

  1. Nice article! Sebetulnya kalo bisa minta / beli produk sampel sebelum beli full size bisa jadi trik untuk minimalisir ngeluarin duit untuk produk yang gak kepake karena gak cocok.

    http://jurnalnadia.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo salam kenal. Terimakasih sudah baca. Bisa dicoba ya kalo disediakan sampel size. Ato bisa beli yang trevel size dulu yak.

      Delete