Monday, March 18, 2019

Jarak Kelahiran Ideal

Halo, lagi di jalan nih mau kontrol IUD yang harusnya dilakukan tiga bulan yang lalu. Baru disempetin sekarang karena kayanya uda longgar.

Macet. Dan untuk mengisi waktu mari kita bahas soal jarak punya anak. Menurut saya.

Jadi, berdasarkan pengalaman saya sebagai sulung dari tiga bersaudara, anak sulung adalah anak terberuntung. Apalagi kalau jarak sama adiknya jauh. Lima tahun kaya saya dan adik saya. Kenapa? Wah tumpah-tumpah kasih sayang. Apalagi kalau sulung juga cucu pertama. Mabok cinta lol.

eh beneran deh. Bayangin aja. Lima tahun ngga ada "saingan". Sayangnya ngga dibagi, utuh buat sulung.

Terus punya adik. Kasian deh si adik. Dari brojol dia harus terima nasib berbagi kasih sayang sama kakak. Terus dia punya adik lagi. Yaaahh makin dibagi-bagi deh.

Kalau menurut saya, yang paling kasian itu anak nomer dua. Paling enak tentu anak pertama. Anak terakhir juga. Karena meskipun kasih sayang orangtua terbagi-bagi untuk kakak-kakaknya tapi doi dapet ganti rasa sayang dari kakak-kakaknya.

Nah, menurut saya, menurut saya ya, kalau mau adil sih jarak kelahiran itu berdekatan sih. Setahun misal. Hahaha. . Jadi biar aja kakak ngga lama-lama biar langsung ngerasain pembagian jatah kasih sayang. Biar adil sama adik, hahaha. Biar orangtua sejak dini belajar manajeman kasih sayang. Hahaha. . Baiklah sekian analisis ngaco ala saya.

Yang paling penting mah menurut saya ya, lagi-lagi. Mau punya anak berapapun silakan. Yang paling penting adalah kesiapan punya anak, suami dan istri (juga anak kalau sudah ada). Kesiapan finansial penting. Tauu kok tiap anak bawa rejeki. Tapi kalau saya sih, puyeng aja kalau kondisi sekarang cukup untuk bertiga tapi dipaksakan untuk nambah tanggung jawab (anak perlu sekolah ya, ngga cuma makan doang).

Katanya kan banyak anak banyak rejeki. Kata saya sih, yakin dan sanggup dulu bisa menjemput rejeki yang banyak baru punya anak banyak. Sekarang pas-pasan ya sila nambah anak kalau yakin sampai berapapun anaknya bisa pas, bukan malah kurang. Kan kasian kalau sampai ada salah satu anak ngga sekolah gara-gara ngga cukup finansial?

Prioritas sih kondisi mental dan rumtang. Kasian anak dong kalau bapak-ibu sering ribut terus masih lagi nambah anak. Apalagi kalau ibu belum siap nambah bayi. Ibu belum siap artinya bapak juga belum siap. Anak tanggung jawab berdua kan. Kalau ibu ngga siap, yakin bapak bisa handle tugas ibu?! Sebaliknya ya. Kalau bapak ngga siap punya anak, tapi ibu maksa nanti ngga boleh ngomel-ngomel urusin anak saat bapak leha-leha main pupG, eh.


Finansial siap. Mental kuat. Rumtang bahagia. Adalagi, kemampuan membesarkan dan mendidik juga nomor satu. Anak banyak tapi ngos-ngosan merawat dan mendidik. Yakin ngga kita selalu "ada" buat anak? Yakin? Bener? Kalau saya belum yakin, masih sering kena marah mama gara-gara jari sibuk scroll IG padahal ada Keefe di depan mata lagi main.

baiklah. Semua itu menurut saya.

Yang bilang tulisan ini kode untuk kasih Keefe adik yang kurang dari dua bulan lagi mau setahun. Monmaap demi apa saya bermacet ria dan rela antre sama nyamuk untuk kencengin IUD lagi.

No comments:

Post a Comment