Tuesday, April 23, 2019

Mantan Anak KRL Jakarta

Kemarin malam, pas jaga UTS saya killing time dengan blogwalking ke blognya haloterong. Baca blogpost terakhir, saya merasa diajak nostalgia dengan hiruk pikuk kehidupan stasiun. 

Sebelumnya bisa baca dulu tulisan saya ini.

Sebagai mantan anak KRL, stasiun-stasiun yang ada di blogpost itu adalah stasiun saya sehari-hari. Di tempat kerja yang pertama, saya akhirnya memutuskan untuk naik APTB aja rute Ciputat-Sarinah yang rata-rata sekali jalan bisa sampe dua jam. Total 4 jam waktu saya abis di jalan. Sama aja kaya Surabaya-Pamekasan, lol. Waktu itu saya udah nyobain beberapa alternatif pilihan yang saya pikir bisa memendekkan durasi di jalan. NIHIL. 

Karena kantor pertama saya 8-5 office hours-nya jadi sungguh ngga ada transportasi umum yang bersahabat waktu itu. Saya pernah naik angkot ke Stasiun Pondok Ranji jam 5 pagi sudah penuh dengan calon orang barbar. Akhirnya saya memutuskan untuk naik KRL dulu ke arah serpong berharap akan dapat KRL yang sepi dari sana. Salah prediksi, sis. Sungguh orang pinggiran Jakarta bangun jam berapa sih. Saya jadi rugi waktu dua kali. Tenaga pun. Sampai Tanah Abang saya naik bajaj ke Kebon Sirih. Kapok. Ogah lagi-lagi naik KRL pas berangkat kerja. 

Pulang kerja pernah saya iseng jalan kaki dari kantor ke Stasiun Gondangdia untuk transit di Tanah Abang. Busyet. Lautan manusia. Di Stasiun Tanah Abang, saya naik KRL ke arah Serpong untuk turun di Pondok Ranji. Saya naik gerbong khusus wanita. Mau mati rasanya. SUMPAH. Udahlah ngga manusiawi sama sekali. Saya ngga punya space untuk bernafas. Kanan kiri depan belakang udah ngga ada sudut sama sekali semua ditempeli badan orang lain. BYE naik KRL di gerbong wanita. Cukup pertama dan terakhir kali. 

Nah, Stasiun Tanah Abang ini bukan stasiun yang tiap hari saya kunjungi. Tapi cukup sering jadi stasiun pertemuan dan perpisahan sama Dicky kalau Dicky lagi main ke Jakarta. Jadi ya cukup taulah kondisinya seperti apa. Kalau sekarang jadi banyak PKL yang jualan di situ, hiks miris banget. Semoga segera dibenahi lah.

Di kantor kedua, saya mulai menikmati transportasi Jakarta. Lucky me, office hours-nya flexible. Ciri khas start up company generasi milenial, wkwkwk. Saya berangkat jam 8 dari Ciputat (sudah) naik Gojek. Jalanannya rame tapi ngga macet. Aye-aye. Jam 9 sudah di kantor. Makin hari malah makin siang berangkatnya. Pernah jam 9 sampai kantor jam 10. Pulang kantor biasanya abis magrib. Malah kadang abis isya'. Nunggu jalanan udah mulai tolerable dulu. Beberapa kali saya naik Gojek juga ke Ciputat. Tapi susah dapet drivernya. Kalau saya tanya sih, biasanya banyak ogah pick up penumpang ke Ciputat karena jauh dan macet. Baiklah akhirnya saya putuskan untuk ngegojek ke Stasiun Palmerah atau Kebayoran dulu.

Tapi meski saya udah pulang malem dari kantor sampai stasiun masih aja penuh manusia. Untungnya Palmerah atau Kebayoran bersahabat untuk saya selonjoran di peron nunggu KRL sepi. Saya woles aja selonjoran meski kadang ada bangku untuk duduk. Sambil nonton drama korea via Viu sambil makan pempek atau somay, lol. Selow karena ngga buru-buru sampai rumah juga, karena besok ngga harus bangun subuh untuk kemudian menuju medan perang. Biasanya jam 8 atau 8.30 malem saya sampai rumah. 

Turun di Pondok Ranji persis banget sama yang diceritain haloterong. Mau naik angkot mau naik gojek kalau ke arah Ciputat harus nyebrang jalan nyebrang rel kerata api dan penuh kebisingan suara klakson. Kadang jadi chaos juga. Saya nyebrang sering udah ngga pake tolah-toleh juga karena udah macet banget sama angkot dan motor-motor. 

Oiya saya pernah tu iseng nyobain berangkat kerja naik KRL. Saya mau tau aja serame apa KRL di jam 8 pagi. Saya turun di Stasiun Kebayoran. Order Gojek. Abangnya baru kali jadi driver saya juga ngga tau. Si abang jemput saya persis di depan pintu keluar stasiun. huuhh udah hampir dipukulin sama opang disana. Ngeri banget deh. Saya juga diteriakin sama abang-abang opang disana. Ya monmap, Pak, newbie. Untungnya ngga sampai terjadi baku hantam, tapi saya ngga boleh langsung naik. Saya jalan jauuuuhhhh bangeet baru boleh naik Gojek. BANGET jauhnya. Diikuti tau sama opang. Amsyong. 

Well. Jakarta tetap kurindukan kebisingannya. Tempat saya belajar survive dan menikmati hidup meski jalannya susah. Kalau sekali lagi ditanya masih mau ngga pindah ke Jakarta. Lagi-lagi kalau untuk kehidupan lebih baik, kenapa tidak? Apalagi Jakarta sudah punya MRT. Aye-aye. 

No comments:

Post a Comment