Wednesday, April 10, 2019

Keefe 11 Bulan

Alhamdulillah, bulan depan mulai bisa ngasih icip Keefe sekotak Ultra Mimi rasa vanila.

Yang paling bikin terharu, Keefe makin nempel ibunya. Udah sering lebih pilih saya daripada mama, yeyy. Sampe mama bilang, "tu kan ketakutanmu karena jauh dari Keefe ngga terbukti. Meskipun jarang ketemu Keefe tetep mau sama kamu, tetep pilih kamu". Teralhamdulillah. Meskipun sering banget kalau udah ada engkongnya (papa saya) Keefe  semangat 45 minta gendong dan main sama engkong, ngga mau lagi digendong ibu.

Di usianya yang ke-11 (bulan) ini banyak banget milestone Keefe yang saya ingat.

Siniiii
Maksudnya adalah Keefe udah bisa meragain pake lambaian tangannya naik turun pas ada yang ngomong, "sini burung". Haha, iya, diajarinnya sama bibik saya pas liat burung. Eh keterusan dong. Pas saya bilang, "sini mak", "sini kucing", otomatis tangan Keefe gerak naik turun. Yeaahh kalau dia mood sih, lol.


bentuk dan nunjuk
Akhirnya, di awal usia 10 bulan kemarin buku-buku yang saya beli di BBW Surabaya ngga mubadzir. Setelah beberapa kali saya coba tunjukkan buku tapi Keefe ngga tertarik. Sebelum saya "mainan" buku, Keefe excited tiap kali ngeliat kucing (liar) dan burung lovebird piaraan bibik saya. Eh pas ditunjukkin buku gambar burung dan kucing Keefe langsung ngeh. Saya tanya, "mana burungnya? mana kucingnya?" eh dia nunjuk dong. Nunjuk yang bener-bener nunjuk pake telunjuk. Proud n_n

tepuk tangan
Alhamdulillaaah. Jujur sih, kemarin sempet khawatir banget. Keefe mau setahun tapi kok belum bisa tepuk tangan. Kemarin pas ada uwak saya dari Jakarta dateng, Keefe dipangku dinyanyiin sambil diajarin tepuk tangan. Eh pas uwak saya ngelepas tangan Keefe, Keefe tepuk tangan sendiri dong. Terus abis bisa tepuk tangan, tidurpun dia ngigo tepuk tangan. Ah elah, tepuk tangan doang nunggu datengin niya (uwak saya) dari Jakarta dulu masa. 

Ngeeeeng
Udah bisa banget sambil ngerangkak sambil tangannya pegang dan menggeret benda apapun. Awalnya ngga bersuara, sampai awal bulan kemarin mulai bisa ngeeenngggg. Sama halnya, mendorong pushwalker ngga lupa ngeeenngggg. Entah siapa yang ngajarin. Proud.

Lempar bola
Udah bisa lempar bola bahkan mengerti perintah untuk masukin bola ke mulut pushwalker. Padahal bulan lalu kalau diajarin lempar bola tuh bola masih dipegang, harus saya atau orang yang ngajak main yang ngedorong bola biar bisa lepas dari genggamannya.

Halo, remote AC 
Udah bisa sok-sokan kaya orang lagi telpon, pegang HP terus ditempelin ke telinganya. Padahal ngga ada yang ngajarin loh. Dia ambil HP terus ditempelin ke telinga sambil bersuara, terus saya dan orang sekitar otomatis bilang halo. Keterusan sampe sekarang. Begitu ada yang bilang halo Keefe langsung cari HP terus ditempelin ke pipinya sih.

Keefe itu udah sering banget pegang remote AC, terus diperhatikan, diliat-liat, terus masuk mulut. Eh minggu lalu dong, pas pulang, pagi-pagi, tiba-tiba Keefe ambil remote AC diarahin ke AC. Nah saya pikir kebetulan doang. Ngga taunya tiap kali pegang remote AC udah langsung ngarahin ke ACnya. Huaa seneng loh saya. Ini ngga ada juga yang ngajarin. 

Jadi sekarang Keefe mulai ngeh, udah bisa merhatiin kebiasaan orang-orang sekitar terus mulai bisa niru. Udah besar ya. Tandanya harus mulai hati-hati, children see children do, katanya. 

Berdiri sendiri
Kalau lagi ngga sadar Keefe bisa berdiri sendiri tanpa tumpuan terus tepuk tangan atau joget-joget. Tapi begitu sadar, dia bingung cari pegangan. Udah mulai berani ditatah cuma digandeng satu tangan. 

Suka Binatang
Padahal ibunya takut. Udah dari usia 9 bulan kayanya, saya lupa, Keefe mulai sadar kalau kucing yang tiap hari di rumah itu adalah makhluk yang berbeda yang disebut dengan hewan. Jadi kalau liat kucing mulai "uh uh uh" terus merangkak atau "lari" sambil ditatah mendekat. Pernah juga tiba-tiba ada jangkrik di lantai rumah, eh ditangkep dong. Kelinci pun (mau) dipegang. Kemarin, sama nindi (bibik saya) dipegangin ayam, eh Keefe berani. Waow PR banget buat ibu, kuatin mental nemenin Keefe main sama hewan.

Cemburu
Berawal dari playdate sama teman kuliah yang anaknya cuma selisih sebulan dengan Keefe. Setelah selesai main kami (saya dan Keefe) di jemput mama. Pas mama dateng, mama nggendong anak teman saya itu. Eh Keefe nangis merengek minta digendong mama. Kupikir karena pengen aja dia digendong mama. Terus, pas kemaren saya dan Keefe main ke rumah nenek saya di Bangkalan, saya cobain gendong sepupu saya yang berusia tiga tahun dan gendut banget. Saya pengen tau kuat ngga saya gendong doi. Pas ada Keefe. Nah pas berhasil gendong, Keefe nangis loh, merengek minta saya gendong. Pas saya turunin sepupu dari gendongan saya, Keefe ngga nangis lagi. Terus saya iseng ngegodain Keefe, saya gendong lagi lah sepupu saya itu. Eh nangis lagi. Well, bayiku mulai posesif.  

Tumbuh gigi
Asik. Ngga lagi dibilang kurang kalsium, ahahaha. Gigi bawahnya udah numbuh satu, gaes. Mau dua malah. Tapi bikin saya merasakan parno lagi buat nyusuin. Digigit dan ditarik puting saya pas nyusu. Berdarah. Huhu. Minggu lalu saya kibar bendera putih. Ngga kuat banget nahan sakitnya pas Keefe nenen. Akhirnya di Minggu pagi, saya Keefe ASIP lewat botol. Tapi tetep kalau saya pangku atau gendong Keefe narik baju saya minta nenen. Terpaksa saya tolak dengan saya ajak main terus kasih dotnya. Tapi pas mau tidur siang udah saya siapin ASIP di dot, dilempar gaes. Nangis maksa  buka baju saya. Huhu. Terpaksa nenenin lah. Terharu sih karena pilih nenen. Tapiiiii. .

Oiya, Keefe udah bisa nyuapin juga lohh. Love Keefe \^^/

No comments:

Post a Comment