Sunday, April 21, 2019

Keegoisan Ibu dan Anak

Minggu-minggu ini akan jadi minggu tidak tenang. Seperti malam ini, biasanya jam segini saya baru aja sampe kos dari rumah di Pamekasan. Tapi kali ini sudah dari Jumat kemarin saya di Surabaya padahal nyaris long weekend karena harpitnas di hari Kamis. Dalam hati sebenarnya saya menggerutu kenapa sih saya ketiban jadi panitia kegiatan kampus jadi harus ambil jatah saya dengan Keefe. Sebal. Tapi ya gimana, konsekuensi saya memilih working mom. 

Dicky sering bilang, "kasian Keefe" kalau saya tiba-tiba harus lebih lama di Surabaya karena ada pekerjaan. Kalau dengar itu saya sebal, saya sedih. Meskipun dulu saya pernah ngerasa, "ah gini doang" pas ninggalin Keefe bayi. Tapi nyatanya makin ke sini makin berat karena saya makin cinta sama bocah itu. 

Saya ngga pernah drama nangis saat hari Minggu bukan berarti saya ngga sesedih itu ninggalin Keefe. Kalau dibilang kasian Keefe karena ibunya harus kerja lebih lama, saya lebih kasian sama diri saya sendiri. 

Saya ninggal Keefe bukan melepas tanggung jawab begitu saja. Saya titip Keefe sama orang yang jelas-jelas bisa dipercaya, orang yang cinta sayang Keefe mungkin lebih dari saya. Saya ninggal Keefe kerja tidak serta merta Keefe jadi tidak terurus. 

Jadi, saya tidak pernah ninggalin Keefe dengan rasa bersalah. Eh bersalah ding, tapi sama diri sendiri. Alih-alih kasian sama Keefe, saya justru menangisi diri sendiri. Dekat sama Keefe melelahkan tapi jauh itu menyiksa. Belum lagi penyesalan-penyesalan yang datang karena sepertinya saat main sama Keefe ngga maksimal. 

Keefe saya tinggal tau apa coba? Mungkin dia tau saya ada atau ngga ada. Tapi ngga ada saya dia tetap berlimpah kasih sayang. Tetap banyak yang ngajak main. La saya? Saya sampai kos krik krik. Cuma bisa liatin video Keefe. Ketawa sendiri, nangis sendiri liat video-video itu.

Kalau mau protes bisa aja saya protes. Ngga pernah ada dibayangan untuk hidup terpisah-pisah gini. Tapi balik lagi. Saya dikasih kondisi seperti ini berarti saya bisa. Allah percaya sama saya dan Keefe kami semua bisa berkompromi terhadap jarak dan kerinduan. 

Kalau diingat-ingat lagi. Dicky juga dulu banget pernah bilang, sebisa mungkin kondisi terendah rumtang jangan sampai orangtua tau, kasian. Aahh, makin ke sini  saya lebih suka mengasihani diri sendiri daripada orang lain. Saya tau bertengkar dalam pernikahan itu biasa. Pacaran aja berantem woles aja. Ngga pernah woro-woro orangtua. Selain emang karena ngga mau bikin orangtua kepikiran, yaa emang ga enak juga berantem itu. Yakan? Makan ati. Jadi ya saya mending kasian diri sendiri dulu ajalah. Judge me, im egoist. 

No comments:

Post a Comment