Tuesday, August 18, 2020

Ibu seperti apa saya?

Tempo hari, saya iseng new tab klik bacaan mommiesdaily yang ini untuk tau ibu macam apa saya. Kayanya seru nih. Jawaban untuk beberapa item pertanyaan masih sekadar teori buat saya karena belum mengalami fase itu. Saya jawab dengan mikir loh, kira-kira kalau begini saya akan bagaimana. Cekidot.

Kamu mengantar anak sekolah TK, saat sampai sekolah ternyata salah seragam.
Saya pilih: Jelaskan pada anak, seragamnya hari ini beda. Minta maaf sama guru. 
Saya akan berusaha menjelaskan sebaik mungkin sekaligus minta maaf sama Keefe. Tapi, kalau pada akhirnya Keefe ngga mau sekolah karena dia malu. Yaudin ayuklah puter balik, lalu jelaskan pada gurunya. 

Anak ada ruam merah di tangan dan kaki. Baru muncul pagi ini. Tidak demam.
Saya pilih: Browsing, observasi, dan cari tau kira-kira ini apa? 
Sebagai ibu yang mungkin masuk ke kaum dikit-dikit dokter, saya pilih browsing, observasi, dan cari tau kira-kira ini apa dulu lah sebelum memutuskan ke dokter. Loh kok? Iya, mungkin hasil saya sering ikut iglive, webinar, dan lain sebagainya dari para dokter yang kayanya sekarang makin rajin kasih ilmu gratisan. Tapi kalau insting saya ngga enak, semoga aja selalu ada rejeki untuk langsung bawa Keefe ke dokter. 

Sedang terburu-buru untuk pergi, anak malah menumpahkan semangkuk sereal dan susu.   
Saya pilih: Minta anak bereskan dulu tumpahannya, datang telat tak apa-apa.
Ngga ding, pertama saya pasti emosi. Haha. . Tapi selama ini, jarang banget saya kelepasan marah. Saya usahakan tarik napas. Kalau saya lagi berdua Keefe, saya mungkin hampir pasti memilih tinggalin dulu tumpahannya, (Keefe) beresin nanti kan bisa. Saya ajak Keefe pergi sambil sounding apa yang telah dia lakukan, dan apa yang harus dia lakukan setibanya di rumah. 
Tapiiiii, kalau ada mama, jelas saya minta anak bereskan dulu tumpahannya, datang telat tak apa-apa. Karena takut aja emak Keefe yang beresin tanpa melibatkan Keefe. Saya ngga maulah, urusan buang sampah aja, saya ngga mau loh buangin sampah Keefe. Keefe harus bisa buang sendiri meski dia masih main-main dulu. Biar aja berantakan dulu, asal Keefe tanggung jawab. 

Anak diminta bawa kue untuk charity bazaar di sekolah.
saya pilih: Beli ajalah Keefe, ngga sempet ibuk kalau harus bikin sendiri.
Nah, itu jawaban sesuai kondisi saya saat ini yang malas ke dapur. Sibuk ngga sibuk, saya bukan ngga sempat tapi ngga mau aja, haha. Mungkin saya akan jawab yang lain, kalau suatu saat passion di dapur mulai tumbuh. Mama saya aja baru bebikinan kue pas saya SMP loh. Dunia berubah, gaes. Tapi, kalau nanti saya masih males ke dapur tapi ada mama, saya punya jawaban lain sih. Yaitu:
Bikin sendiri dong. Libatkan anak dalam proses bikinnya biar dia menghargai kerja kerasnya sendiri. Seperti aktivitas mama dan Keefe tiap hari. Baking time every day. 

Playdate ke playground outdoor baru, bawa apa aja?
Saya pilih: Wah kalau tempatnya baru sih mending bawa semua yang kira-kira dibutuhin. Topi? Kacamata hitam? Handuk? daripada nanti repot?

Anak akan berulang tahun dan dirayakan di rumah.
Saya pilih: Tiup lilin aja ngga apa-apa ya? Yang penting kan dirayakan?
Nah, saya tu dulu jaman dari bayi sampai TK, SD mungkin beberapa kali, dan sweet17 dirayain meriah loh. Sumpah. Ngga tau ding kok ngga pengen rayain ultah Keefe seperti dulu mama papa saya merayakan ultah saya. Ultah Keefe pertama aja, saya kalem. Mama yang bikin naskun buat dibagi ke tetangga. Nah ultah ke dua, saya mulai mikir, saya kok pengen Keefe punya kenangan ultahnya, dan mulai menyesali pas ultahnya yang pertama malah ga ada dokumentasi apapun. Jadi di ultah Keefe ke dua, saya rayain di rumah aja, pesen kue tart, mama masak-bikin kue buat dibagi ke tetangga, nyanyi, dan foto keluarga. Ngga pake dekor. Saya beli sih balon, tapi nyerah, karena ngga bisa niup dan males nyari pompa. Mungkin, ke depan gitu aja, sampai Keefe bisa request dia mau ultah model gimana.

Anak minta ponsel, amannya diberi saat umur berapa?
Saya pilih: Saat dia bisa bertanggung jawab untuk itu.
Sebagai orangtua nanggung alias yang ogah kasih Keefe gadget tapii yaa kadang dikasih juga, hahah. Tapi saya bersyukur dan bangga pada diri sendiri loh. Ini adalah waktu terlama Keefe ngga pegang gadget, #terimakasih mama. Dan kalau saya telaah #naon sekali nonton youtube peringainya akan berbeda. Tanpa Youtube Keefe lebih kalem, ngga lempar mainan, ngga tumpahin air. Keefe bisa 24/7 tanpa hp kalau ada mama di rumah. Mama saya juga tim #bukangadget(agak)gariskeras. Jadi kalau saya kerja Keefe sama mama, saya pulker Keefe sama saya, kami akan melakukan aktivitas fisik. Saya merasa bersyukur karena ngga 24 jam sama Keefe. Pengalaman WFH plus tanpa mama kemarin sungguh melelahkan. Prestasi banget saya kalau dalam sehari Keefe tanpa gadget. Saya juga merasa lega karena udah sejak kuliah saya ngga pernah nonton tv. Jadi TV di rumah hanyalah pajangan. Ngga ding, kadang Erik, adik saya, main PS. Ngga ding (2), Dicky kalau pulang juga sering nyalakan TV nonton Youtube buat Keefe meski kadang saya kecewa karena screentime yang terjadi pada kehidupan saya mau tidak mau harus diakui memang meminimalkan komunikasi. Tapi yaudahlah, sebulan sekali juga belum tentu. Anggep aja cheating day, sekali-kali jadi hiburan lain buat Keefe.

Anak tantrum saat balita, berguling-guling di tengah mall yang ramai. 
Saya pilih: Tungguin aja, maklum anak kecil belum bisa kelola emosinya sendiri
Pernah kejadian sekali, saya ngemall berdua Keefe doang, Keefe minta main di playground padahal udah main di block mall yang lain. Prinsip saya makin Keefe nangis, saya harus lebih kuat untuk tidak kasih apa yang dia mau. Jadi pas saya bilang tidak main lagi, Keefe nangis, saya jelasin makin nangis, maka saya berhenti karena percuma. Saya bilang yaudah nangis tapi tetap ngga main. Nangis banget tapi ngga sampe guling-guling sih. Di rumah pun begitu, kadang mama saya ngga tega sih, tapi mama saya lebih takut sama saya, haha. Kalau Keefe mulai nangis tak terkendali, saya cari kresek, Keefe muntah, abis muntah dia pasti langsung tenang dan bisa saya jelasin kenapa ngga boleh begini dan begitu dengan damai. Sekarang, lucunya, tiap nangis, Keefe auto cari kresek sendiri sambil bilang "takut muntah". Tapi udah jarang banget nangis sampai muntah, karena sadar meski muntah ibuknya tidak akan menyerah. Ehmm, saya bukan kejam ya, kata psikolog itu adalah cara untuk merelease emosi, terlebih buat saya ngga mau nangis jadi senjata. 

Anak belum lancar membaca di umur 6 tahun. Yang kamu lakukan?
Saya pilih: Aku tambahin activity di rumah deh biar bisa cepat lancar. Beli flashcard atau bikin ya?
BELI DONG make it simple, wkwk. CMIIW, sejauh yang saya tau 6 tahun masih belum wajib bisa baca kan ya. Dan tentu, rajin ikut webinar dan semacamnya biar tau stimulasi apa dan kapan harus cemas dan bawa ke profesional. Jadi kalau itu terjadi saat ini, saya ngga buru-buru bawa ke klinik tumbang. 

Karantina selama pandemi, ngapain aja tiap hari?
Saya pilih: Santai ajalah, kita cemas anak juga cemas kok. Ngga usah dipaksa yang penting berusaha anak ada aktivitas lain selain gadget.
Pas saya WFH, saya ikutkan Keefe distance learning school berbasis montessory dari sekolah montessory yang cukup bagus dari sampel yang saya ambil. Nyatanya, aktivitasnya sebelas dua belas sama aktivitas saya dan Keefe sehari-hari. Saya ngga pernah maksa sih. Keefe maunya apa saya ikutin, tapi saya berusaha memfasilitasi. Meski pas WFH kemarin (saya WFH cuma dua minggu, fyi), pas mama lagi di Pamekasan, saya colongan juga kasih Keefe Youtube. Makanya saya bisa jawab di saya (lagi-lagi ini saya ya), saya merasakan betul manfaat tanpa gadget. Jadi, sebisa mungkin aktivitasnya bukan gadget. 

Itulah sepuluh pertanyaan dari mommiesdaily. Lalu ibu seperti apakah saya?

I‘m The Cool Mom
Kamu ibu yang cool! Selalu chill, nggak gampang panik, memberi anak tanggung jawab, dan selalu tahu apa yang harus dilakukan di kondisi darurat. 


nah kan, jadi betul, selama hampir 30 tahun hidup saya, saya baru benar-benar bangga terhadap diri saya sendiri setelah menjadi ibu dan melihat tumbuh kembang Keefe. Bangga terhadap pola parenting, setiap keputusan: kapan harus merasa bersalah, harus cemas, kapan harus membiarkan menangis. Saya bangga karena saya punya itu semua. Saya bangga terhadap diri saya sendiri ketika kakek neneknya, bapaknya, dan orang lain bangga terhadap perkembangan Keefe. Karena saya yakin, meski masih banyak kekurangan saya sebagai ibu: Keefe tidak akan seperti Keefe sekarang jika bukan saya ibunya.
      

No comments:

Post a Comment