Friday, August 28, 2020

Panggilan Ibu

Mantan ART tetangga sebelah rumah saya sering banget nanya pertanyaan yang sudah sering beliau tanyakan, "kenapa dipanggil ibu?", menurutnya saya pantesnya dipanggil mami, hahaha. 

Saya pengen dipanggil ibu sejak kuliah sih. Visioner sekali. Kala itu, saya terinspirasi sama Marshanda. Bukan karena fans Marshanda. Hanya saja waktu itu menurut saya panggilan ibu sangat membumi dan Indonesia sekali. Dan yang penting ngga pasaran seperti: Mama. Hahaha. Monmaaap.

Sejak saat ini saya kekeuh kalau punya anak, panggillah saya ibu. Meski sekarang ngga dipanggil ibu juga sih. Tapi IBUK, hahaha. .

Mungkin bagi sebagian kalangan, panggilan mama, mami itu keren yaa. Tapi coba perhatikan makin kesini sepertinya bergeser ke panggilan yang Indonesia sekali bahkan panggilan daerah. Beberapa artis memilih dipanggil ibu x bapak. Sebut saja Andien dan suami, Atiqah Hasiholan dan Rio Dewanto. Bisa jadi beberapa tahun ke depan justru panggilan ibu x bapak akan menggeser panggilan mama x papa memeroleh predikat pasaran itu. Hahah

Saya sih sempat menyesal ya ketika Keefe udah tegas banget panggil saya ibuk. Ahh harusnya saya dipanggil ambu deh. Kan berdarah sunda kitu. 

Berikut adalah beberapa panggilan ibu dengan definisinya versi saya. Tolong jangan ambek ya, buibuk.

Ibu
Karena udah merasa klik dengan panggilan ini bahkan sejak saya belum mengenal cinta #tsaahh. Selain Indonesia banget, waktu itu di lingkungan terdekat saya hampir ngga ada yang panggil ibunya dengan ibu.

Mama
Mama papa adalah bahasa serapan dari bahasa cina tapi nyatanya panggilan ini justru generik banget. Ngga perlu darah cina untuk dipanggil mama papa. Saya auto menolak dipanggil mama bukan karena mengingkari darah yang saya punya, bukan pula karena udah kebanyakan yang pakai, tapi saya udah ngira kalau Keefe bakalan panggil mama saya dengan sebutan mama juga. Meski mama saya dipanggilnya Emak tapi Keefe sering banget ikutan panggil mama.

Mami/Mommy
Kata ART sebelah rumah sih, saya cocoknya dipanggil mami, haha. Tapi justru menurut saya tampilan saya jauh dari kesan mami. Di mata saya, mami itu adalah panggilan wah untuk ibu-ibu fashionable, kota banget, yang bahasa ibunya adalah bahasa inggris atau sehari-hari bilingual sama anak. Nah yang terakhir itu coret banget di saya. Hahaha. 

Bunda
Sama seperti mami, bunda juga ngga cocok buat saya. Menurut saya, bunda itu sosok yang keibuan banget, penyabar sekali, perfect mom lah. Laah saya, masak aja males, cuci piring ogah, beberes apalagi. Ngaca, sis. 

Umi
Aaahh ini pun. Ngaji saya belepotan. Malu sama panggilan kalau saya maksa dipanggil umi. Di mata saya, yang dipanggil umi itu yang jilbabnya panjang, santun tutur katanya, ngga bergibah kaya saya. Tapi kemudian definisi saya bubar jalan ya liat Dian Ayu yang rock and roll dipanggil umi :D

Well, itulah sekilas beberapa alasan pribadi saya atas pemilihan kenapa dipanggil ibu. Ngga ada tendensi apapun ya, sis. Jelas saya percaya apapun panggilannya kita adalah yang terbaik bagi anak(-anak) kita ngga peduli seberapa sering kita merasa bersalah.

Bude, baca ini yaa. Biar ngga tanya-tanya terus kenapa saya dipanggil Ibuk. 





No comments:

Post a Comment