Thursday, August 27, 2020

Setengah tahun Covid19, Kesan dan Pesan

Ngga berasa ya kita udah berkawan kurleb enam bulan sama Covid19. Udah akrab? Hihi. .

Saya ngga tau mau nulis darimana, yaudahlah tulis aja.

Pertama, mungkin ada yang syukuri dari adanya covid19 ini. Pas doi belum ada, jam kerja saya kan rada ngga fleksibel ya mungkin sebagai ibu. Saya dosen yang juga punya mahasiswa bekerja. Jadi saya juga ngajar pagi - malam. Rutinitas saya biasanya jam 7 saya dan Keefe bangun, main, kalau sempet saya yang mandikan. 8.30 saya sudah harus berangkat karena jam 9 saya udah harus ngajar. Biasanya kalau pas ada jadwal malam, 2 atau 2.30 pm saya usahakan pulang. Tapi Keefe tidur kan. Jam 4pm bangun. Kami main sepeda, ke lapangan bola, cari kucing kasih makan kucing jalanan. 5.45 atau 6 pm saya berangkat lagi ngampus sampai jam 9 atau 9.30pm. Sesampainya di rumah Keefe udah tidur. Malah ngga jarang saya harus sampai jam rumah jam 4 sore lalu ngampus lagi jam 6 sore. Sejak ada covid ini kuliah jadi online, saya jadikan satu aja kelas pagi-malam untuk zooming di malam hari, di rumah. Waktu saya jadi sangat lebih bersahabat.

Kedua, saya pikir saya overthinker tapi mungkin ngga juga ya. Saya takut covid loh, sampai detik ini.  Tapi, saya ngga pernah panic buying ngeborong mie instan, bahkan ga rela duit ratusan ribu abis buat beli masker sekali pakai. Ngga kepikiran beli suplemen buat saya dan Keefe, entah ini mungkin namanya bego. Saya takut covid makanya sampai detik ini saya betah-betah aja di rumah (?) Ngga juga sih. Mungkin gara-gara saya mager introvert, saya ngga ada keinginan untuk pergi jalan-jalan ke luar rumah. Perlu dicatat untuk urusan #dirumahaja ini saya bukan takut sama covid19 tapi saya memang tidak pernah merasa bosan di rumah, tidak ada keinginan untuk menghirup udara selain di rumah (Sidoarjo dan tentu my home sweet home Pamekasan) dan di kampus.

Selama enam bulan ini, rute dengan niat jalan-jalan itu terealisasi pas libur idul adha kemarin. Dicky ajak kami ke wahana liburan. Atas nama family time maka saya iyain aja. Tapi saya bilang kalo rame puter balik. Alhamdulillah prestasi banget, berhasil, Keefe sehat, ngga ada sakit mampir selama enam bulan ini. Ogah banget virus apapun namanya masuk ke tubuhnya. Di tengah wabah begini saya asli mager banget kalau harus ke dokter yang praktik di RS rujukan.  

Jadilah kami main tempat liburan yang belum sepenuhnya "jadi". Daerah pantai, di siang bolong. Kebayang panasnya. Jadilah saya sendiri yang harus nemenin Keefe yang semangat main di playground, goleran di pasirnya, di bawah terik matahari, karena Dicky ngga sanggup sama panasnya. Hash.    

Mungkin saya harus berterimakasih karena saya cuma merasakan wfh dua minggu aja. Jadi saya punya kegiatan selain di rumah. Bisa jadi kalau sampai saat ini saya WFH akan lain cerita, who knows ?

Alhamdulillah juga Keefe kayanya betah-betah aja di rumah. Entah karena saya pandai menciptakan suasana, tidak menghilangkan hak bermainnya, atau karena doi masih terlalu kecil ngga ngerti merajuk minta ke Kidzoona belum pernah juga sih, hahahaha

Ketiga, saya harus bersyukur karena punya sifat kempro alias jorok. Satu yang saya yakini selama pandemi ini adalah saya ngga bakat jadi ibu rumah tangga. 

Bagi yang belum tau, saya tinggal sama mama, urusan domestik rumtang mama yang ngerjakan. Bolehlah bully saya soal itu, karena saya juga menyesali. Harusnya di usianya, mama saya ngga boleh lagi berurusan sama pel dan sapu :(

Nah, selama pandemi mama saya harus bolak balik PMK-SDA-PMK karena suatu urusan. Kalau sudah di PMK biasanya dua minggu, sekalian isolasi mandiri. Kalau ngga ada covid pasti Keefe diajak mama ke pmk. Tapi karena covid saya ngga bolehin, saya takut tiba-tiba lockdown yang ngga tau kapan berakhirnya, gimana dong masa saya ngga ketemu Keefe. 

Hasilnya, 24/7 saya sama Keefe. Berdua. Ada Erik dan istrinya sih. Tapi Erik WFO dan istrinya kuliah daring. Yaa intinya, Keefe selalu sama saya. 

Nah di bawah ini adalah kondisi saya selama berdua Keefe doang tanpa ada mama.

As a mom, saya percaya ibu akan berusaha menjadi ibu yang baik. Tapi, definisi baik kan tiap ibu ngga bisa dipukul rata. 
 
Bagi saya, saya tetap wajib mengusahakan main bareng Keefe meski membosankan, sumpah, hahaha. Asupan perut tetap harus terjaga. Ajaran tanggungjawab tetap harus dijunjung tinggi. 

TAPI, gara-gara 24/7 sama Keefe saya sadar betul, ibu juga butuh bahagia. Udahlah kalau saya capek, yang tantrum dan cranky justru saya. Saya jadi ngga bisa mengendalikan emosi. Prinsip tidak meneriaki anak bubar jalan saat saya kelepasan ikut lempar botol Keefe. Saya teriak dan nangis di depan Keefe bilang saya capek. Lalu kemudian saya menyesali, elah ini anak belum juga dua tahun (waktu itu). 

Saya yakin, ibu harus bahagia dulu baru bisa mengisi kebahagiaan untuk anak-anaknya. Maka, saya berbahagia karena punya sifat kempro jadi saya ngga stress lihat rumah berantakan. Bebersih tidak menjadi to do list saya. Saya nyapu ngepel kalau saya mau. Yang paling keliatan sih teras rumah ya, daun-daun bakal numpuk karena saya jarang nyapu, haha. Untungnya saya ngga pernah punya tamu. 
Keefe main lalu ngga mau dia beresin, tunggu aja sampai mau, meski harus tidur siang dulu. Saya jarang banget ngeberesin mainan Keefe sendiri dan Keefe ngga terlibat ikut ngerapihin. Ditunda boleh, tapi Keefe tetap harus tanggungjawab sama mainannya. Jadilah saya sering tidur siang dengan mainan di mana-mana.  

Saya dan Keefe bangun di jam 7 pagi. Lalu biasanya saya masak seadanya biar jam 8 Keefe bisa makan (demi feeding rules). Abis masak saya memandikan Keefe, suapin, ajak main, masak, makan siang, ajak main lagi, lalu tidur. Keefe tidur siang biasanya saya juga tidur. Lelah boss nemenin anak main. Kalau ngga tidur sih, biasanya youtube-an, atas nama me time. 4pm, Keefe bangun, yaa nunggu dia on, ajak mandi, makan, main lagi, main, main, main, saya juga colongan main HP biar ngga bosen. Pas malem sih, saya titipin dulu ke Erik sedang saya zoom-ing. Lalu jam 8 malam, saya mulai rutinitas akan tidur: pipis, cuci tangan, cuci kaki, sikatin gigi Keefe, ganti baju. 8.30 siap tidur, tapi Keefe seringnya baru terlelap pk 10 malam. Kegiatan ini lebih melelahkan dari nemenin main. 

Nah, setelah Keefe tidur, saya youtube lagi sebentar sambil muter mesin cuci. Setelah 30 menit nge-youtube, lalu saya buka laptop. Setelah selesai kerja saya jemur pakaian. Iya, saya jemur pakaian itu jam 2 pagi seringnya. Biasanya juga kalau ngga keburu lelah, saya sempetin nyapu rumah biar kaki ngga item, haha parah. 

Makanya saya sungguh sangat beruntung karena rumah berantakan bukan masalah buat saya. Saya ngga kebayang kalau saya penganut rumah harus bersih. Jatah main sama Keefe pasti berkurang, saya juga bakalan sering emosi liat kelakuan ajaib Keefe yang tiba-tiba (sengaja) numpahin air. Ngga punya beban beberes rumah aja saya sempet neriakin Keefe gimana kalau saya tipe perempuan perfect soal kebersihan coba? 

Selama pandemi ini saya jadi tau, waktu kita sama-sama 24 jam, mungkin kita sama-sama ibu, tapi prioritas kita berbeda. Beda cara kita ngatur, bukan berarti ada yang salah. Dalam dua puluh empat jam itu, kebahagiaan diri sendiri tetap nomer satu. Ben ngga marah-marah "mengisi" anak.   

Baiklah. Saya takut covid. Tapi kalau dipikir-pikir ngga ada perubahan gaya hidup yang murni gara-gara covid. Dan saya bangga loh sekarang karena introvert, maka tetaplah punya sifat introvert biar betah #dirumahaja demi sehat sejahtera dan damai sentosa. Terimakasih yaaa diri ini yang introvert, mageran, dan jorok :p 
Wassalam 
 

No comments:

Post a Comment