Friday, May 15, 2020

Keefe 24 Bulan

Dua tahun. Kerasa ngga kerasa. Haha. . Dua tahun udah bener-bener ngga monolog lagi. Cerewet banget. Nanya mulu diulang-ulang. Anake sopo iki reeeekkk?

"Anak ibuk", Keefe menjawab.

Keefe 24 bulan nyaris 2 Bulan 24/7 sama Ibuk terus gara-gara lagi pandemi. Jadilah dia anak ibuk (laa maunya) banget. Apa-apa sama ibuk. Ngga mau minum susu, maunya nenen. Apakabar sapih? Haha

Soal sapih ini, gengs, sebenernya saya udah capek nenenin tapi tetep mau idealis ala saya, sapihnya WWL ngga mau tipu-tipu kasih segala macem di PD saya. Dulu memulai menyusui dengan drama paksaan ngga mau dong diakhiri pake drama juga. 

Lagian yah, Keefe mah rasa-rasanya ngga bisa diboongin. Kemaren saya pake daster, saya bilang ngga bisa nyusuin, eh disuru ganti baju saat itu juga. 

Nah kalo PD dikasih sesuatu bisa-bisa saya disuru mandi malem-malem, rajin amat. Udahlah sapihnya dengan kesadaran Keefe aja meski saya sumpah lelah men. Kangen tidur ngga kebangun gara-gara kudu nenenin. Caranya gimana? Sindirin aja doi udah gede bukan bayi, kali-kali manjur, hahaha. 

Udahlah yang penting ngga nenen sampe 4 tahun, lol

24 bulan ini Keefe:

susah tidur
Main mulu maunya. Ada aja idenya untuk menunda tidur.
Keefe: "makan yuk ibuk. lapeyy"
Ibu :"----------" pura-pura tidur
Keefe: "buat cucu yuk ibuk"
Ibuk kasih botol susu yang udah disiapin tanpa bersuara
Keefe:"ngga. nenen aja. suaya (baca: suara) apa itu ibuk?"
Ibu:"-------------------------"
Keefe:"main satu kali yuk ibuk"
Ibu:"-----------------------------------------------"
Keefe:"huu ibuknya ga mau bangun. Ga mau jawab"
Keefe:"ibuk kejja di kampus ya? bapak di keta api ya?"

daaaaann masih banyak ocehan-ocehan lainnya
yang lebih ekstrem

Keefe:"mau batuk aku ibuk"
Ibuk:"----------------------------------------"
Keefe muali nangis
Ibuk:"yaudah batuk aja"
Keefe:"mau muntah aku ibuk"
Ibuk:"yaudah muntah aja"

dari ngga muntah sampe muntah beneran gara-gara nangis
Abis muntah sih doi lebih tenang di kasur. Lebih tenang ya bukan tenang. 
Masuk kamar jam 8. Siap tidur jam setengah 9. Tidur jam 10 atau 10.30 malem. 

Nemenin tidur lebih melelahkan daripada ngajak main, gengs. 

Sikat gigi tanpa HP
Bulan lalu masih sikat gigi dengan screentime di kasur tapi alhamdulillah hanya berlangsung 1-2 minggu aja. Abis gitu sikat gigi tanpa hp. Keefe sikat gigi sendiri terus ibu lanjutin sikatnya tetep di kasur biar bersih. Sikat gigi sama ibu tentu dengan drama nangis, karena ibu kejam. Tangan Keefe ibu tindih pake kaki biar ga gerak. Terus ibu sikat giginya. Ngga bisa bayangin ya? Sama saya juga ngga bisa nulis gimana posisinya, lol. Biar nangis tapi doi masih mau diajak sikat gigi. Udah bisa kumur-kumur yeeyyyy. 

Toilet Training
Setelah nyaris 3 minggu setiap hari setiap waktu pake diapers, setelah mama kembali dari rumah Pamekasan saya bulatkan tekat ngga mau bikin sia-sia cuci celana dalem. Akhirnya tiap berapa jam saya ajak ke kamar mandi. Awalnya doi ogah tapi akhirnya malah semangat liat pipis mancur. Saya bilang kalo pipis di celana pipisnya ngga mancur. Sebelum tidur saya ajak pipis dulu. Setelah saya selesai kerja jam 1-2 dini hari saya bangunin buat pipis di kamar mandi. Udah lumayan sering doi ngajak pipis sendiri di KM. Tapi kalo asik main, ibu, atau emak lupa ajak ke KM ya ngompol juga gengs. 

PRnya masih pup. Saya uda dua kali beli potty tapi Keefe belum terbiasa. Doi sempet bilang mau ee, dari ekspresinya emang mau ee, pas di toilet, 
Keefe: "eenya ngga jadi dateng ibuk"
gitu sampe seharian ngga ee. eenya baru malem karena saya biarin dia ee di celana dalem. Selain kasian Keefe, saya juga capek bolak balek nungguin bocah batal pup. Selama memulai toilet training saya baru sekali berhasil membujuk Keefe sampe pup beneran, bonus tangan pegel karena megangin badan Keefe yang bolak balek bilang ngga jadi, dan pupnya ga pake potty jadi kudu dipegangin. Sampe tulisan ini dipublish saya masih berjuang biar Keefe bisa pup di kamar mandi. Biar ngga berurusan sama cuci ee di celana yang bikin stress, hahahaha.

Tanya mulu
Tapi pertanyaan yang sama dan doi sebenernya tau jawabannya. 
Keefe:"ibuk, mama ngapain?"
ibuk: "masak"
Keefe:"ibuk, mama ngapain?"
ibuk: "masak"
Keefe:"ibuk, mama ngapain?"
ibuk: "masak"
Keefe:"ibuk, mama ngapain?"
ibuk: "masak"
Keefe:"ibuk, mama ngapain?"
ibuk: "masak"
Keefe:"ibuk, mama ngapain?"
ibuk: "masak"
Keefe:"ibuk, mama ngapain?"
ibuk: "masak"
Keefe:"ibuk, mama ngapain?"
ibuk: "masak"

Akhirnya
Keefe:"ibuk, mama ngapain?"
ibuk: "masak. Mama ngapain Keefe?"
Keefe:"masak"
selesai

gitu terus. nanya ke mama, bapaknya, kokonya, tika. Pertama kali tau Keefe begitu, mama, Dicky, dan orang-orang di rumah jawab "ihh tanya mulu"
saya kasih tau tricknya, setelah jawab langsung tanya balik maka selesai. 

Kasih jawaban iseng
Keefe: "tadi ibuk kejja ya?"
Ibuk:"iyaaa"
Keefe:"Kejja di keta api ya ibuk?"
Ibuk:" looo. Bapak kerja dimana?"
Keefe:"bapak keja di kampus"
Ibuk:"Bener gitu?"
Keefe:"cayah"
Ibuk:" yang bener gimana?"
Keefe:"Ibuk kejja di kampus. Bapak di keta api"

Pas mau tidur, saya iseng tanya namanya
Ibuk:"Ini siapa ya?" sambil tunjuk dadanya
Keefe:"Acaaa" (Nama tetangga)
Ibuk: "Kalo ini siapa?" Nunjuk ke diri sendiri
Keefe:"Budeeee"
-_-

Ngga gampang percaya
Keefe: buk menggambar yok buk. Di papan.
Ibuk: spidolnya abis Keefe (asal karena mager)
Keefe: cobain dulu cobain (sambil tarik tangan)
Akhirnya ibuk bergerak cari spidol
Keefe: tukan bica kan buk

Keefe: buk ini apa buk?
Ibuk: bakso
Keefe: mau dong buk
Ibuk: iya ntar masi panas ya
Keefe: cobain buk cobain
Ibuk: sini tangan keefe pegang kalo ga percaya
Keefe: ibuk aja cobain
-_- panas beneran ini woyyy. Pinter amat yang bahaya suru orang cobain

Mengakui kesalahan
entah mungkin karena belum paham juga kali ya. Seperti biasa tiap pagi Keefe berjemur sama mama, saya tidur. Kata mama pas jemur Keefe ngbuang nasi sisa yang dijemur sama tetangga sebelah. Tapi pas bude sebelah keluar rumah disamperin dong sama Keefe.

Keefe: "Bude tadi nasiknya dibuang cama kiff"
Bude:" Loo kok dibuang itu buat makan ayam Kiiff"
Keefe: "Buat makan ayam ya bude?"
Bude: "iyaa"
sama mama disuru minta maaf
Keefe:" maaf ya bude"

Besoknya lagi gengs,
Keefe: "Bude tadi nasiknya dibuang cama kiff"
Bude:" Loo kok dibuang itu buat makan ayam Kiiff"
Keefe: "Buat makan ayam ya bude?"
Bude: "iyaa"
Keefe:" maaf ya bude"
--Mengulangi kejadian yang sama

Keefe masih begitu, saya berharap terus begitu. Makanya saya berusaha ngga marah kalo Keefe ajak saya ke tempat sampah karena doi abis buang roti, abis lempar mainan. Saya ngga mau doi jadi takut jujur karena takut saya marah. Biar pengen kasih tau dengan ngomel saya berusaha kasih tau baik-baik sih. Yaahh meski kadang pernah khilaf, tapi masih dalam tahap wajar ngga sampe lvl maxi kayanya, hihi.

Sekolah Online
Pas mama lagi di Pamekasan itu saya coba-coba daftarin Keefe program Distance Learning Program di sekolah montessori ternama di Surabaya. Satu paket 10 kali pertemuan. Seminggu dua kali. 30 Menit. Maksud saya sih biar 30 menit itu saya fokus ga terdistraksi apapun nemenin Keefe totalitas. Biar saya juga ngga keabisan ide mau ngapain yak sama Keefe. 

Keefe seringnya bosen duluan. Main puzzle materi missnya, Keefe yang padahal udah biasa main sama saya jadi ogah-ogahan pas sesi dimulai. Keefe baru tertarik sama sesi sensory play yang emang ditaro di akhir sesi 30 menit itu. Emang doyan kotor-kotoran yang buat kerja ibu dua kali lebih banyak, nyahahah. 

Minggu ini sekolah berakhir udah lengkap 10x sesi Keefe. Kayanya saya belum mau sekolahin lagi deh. Pertama, materi montessori, sensory play udah biasa saya mainin sama Keefe jauh sebelum doi sekolah. Rasanya saya bisa sih nemenin dia belajar dan main by myself, wkwkw. Daripada sekolah online sesinya selain sensory Keefe ogah-ogahan. Baru mau main setelah sesi berakhir. Kaya saya dong yang sekolah. 

Setelah pandemi berakhir sih saya juga belum pengen sih sekolahin Keefe,. Kenapa? Karena masih merasa mampu ngajarin dan ajak main sendiri dengan materi yang saya yakin sama aja kaya di sekolah. Kenapa yakin? Yaa baca dong baca. 

Apa? Sosialisasi? Bawa aja Keefe main tiap sore, banyak anak seumuran Keefe, wkwk. 

12,5 Kgs
Setelah berbulan-bulan grafik BBnya di bawah garis hijau dan PB menunjukkan Keefe pendek. Saya bawa konsul dokter. Gara-gara pandemi ini saya ngga bisa melanjutkan treatment apapun. Tapi alhamdulillah meski nenen makin banter, susu tidak memenuhi target, tapi makan dan nyemil makin lahap. BBnya udah di atas hijau, PBnya udah normal. Yang jadi masalah adalah kesimpulan si Primaku resiko gizi lebih. Jadi kayanya saya mau daftar konsultasi online sama dokter di Jakarta itu deh. 
  
Kalo bulan kemaren dia ikut-ikut bilang aku. Sekarang dia udah tau penggunaan kamu, nyahahaha. Ngikut bapaknya ini mah.


-Selamat dua tahun, Keefe. Anak ibu yang bikin ibu bangga sama diri ibu sendiri. I love you.

No comments:

Post a Comment