Sunday, May 3, 2020

Keefe 23 Bulan

Hahah di tanggal yang sama tulis milestones Keefe 22 dan 23 bulan.
Yang penting ditulis deh.

Asiiikkk imbuhan yang ngga penting sudah hilang. Kembali normal. Bis ya bis. tek ya tek. Keefe ya cif kadang kif. Dan yang paling membanggakan adalah, dia udah bisa panggil saya ibuuukkk.
Secara ya ibuk ini kata yang paling lama penggalannya diucapin Keefe dan panjang metamorfosanya.

bhhuuukk--abu--buk--embuk--ibuk deh \^^/

Yang bikin happy dan bangga untuk saya lebih-lebih terhadap diri saya sendiri adalah Keefe cukup jelas intonasi dia berbicara. Kalo orang bilang Keefe lancar ya ngomongnya, dalem ati saya bilang "iyalah ibuknya yang ngajarin". Akhirnya baca buku, sering ajak Keefe ngomong dua arah, maksa Keefe untuk ngomong lengkap dan benar membuahkan hasil. Meski saya males banget bacain buku, tapi saya lawan rasa males itu karena emang pengen Keefe cepet ngomong lancar. Meski mungkin belum selancar anak-anak lain (karena banyak banget anak temen-temen saya yang bahkan R udah lihai banget) tapi saya juga bangga banget sama Keefe, karena doi ngga mutungan. Mau banget saya suruh ulang kata yang dia salah ucapin sampe bener (atau hampir bener). Empat suku kata pun dia berusaha untuk ngomong sempurna. Proud mom.

Ngomongnya juga makin bervariasi. Udah ngerti kapan pake imbuhan dong, deh, lah sebagai penekanan. "Cama ibuk lah", "Enak dong", "Bagi dong buk", "oke deh". Udah bisa ngomong satu kalimat sempurna, "pinjem (h)apenya dong buk, boyeh?". Tidak boleh.

Diawal umur 22 bulan ini saya mulai rutin ajak dia sikat gigi sekali sehari pas mau tidur. Kenapa sekali? Karena saya sanggupnya sekali aja dulu, huhu. Bocah lagi aktif-aktifnya, negosiasi sambil kejar-kejaran lelah, gaes. Saya nyesel banget sebenernya baru mulai ajarin Keefe sikat gigi. Saya menepis rasa males setelah saya lihat ada flek di giginya. Sumpah nyesel banget. Karena saya udah beli sikat gigi dari jaman giginya masih dua. Sikat giginya biar agak <<AGAK>> anteng pake barang berharga buat Keefe (berharga karena ngga bisa Keefe dapetin dengan mudah) yaitu sikat gigi di kasur sambil nonton yutub balita lagi sikat gigi. Gapapalah screentimenya pas sikat gigi anggep aja sambil nonton video tutorial.

Di umur 22,5 bulan ini, pandemi terjadi di hampir seluruh belahan bumi. Ibuk jadi bisa lebih lama di rumah karena pemerintah menerapkan work from home yang sudah lama tidak ibuk dengar istilah itu sejak pindah dari Jakarta. Imbasnya, nenen all the time. Keefe makin ngga mau minum sufor. Pernah saya biarin Keefe digendong mama satu jam lebih nangis karena ngotot ngga mau minum sufor. Saya sembunyi di dapur jongkok di antara kulkas dan dus besar tupperware. Keefe keras kepala banget deh, instingnya kuat. Ibuk ada di rumah meski mama bilang ibuk kerja. Keefe bilang "itu motoynya ada" mama jawab "ibuk naik gojek". Akhirnya setelah satu jam lebih, ibuk muncul, nenenin Keefe sampe tidur sambil sesegukan. Cian. Apa kabar progres Keefe yang harus minum sekian cc sufor per hari? Cedih.


Well, kayanya validasi emosi yang saya pelajari dan saya praktikkan ke Keefe mulai Keefe cerna dengan baik. Saya jarang banget alihkan pas Keefe nangis tantrum karena sesuatu. Seperti yang saya pelajari, itu cara bayi melampiaskan emosi. Sama seperti orang dewasa, butuh emosi tersalurkan. Misal dia nangis kejer karena ngga saya kasih nonton yutub atau saya minta Hpnya, saya biarin aja, ngga saya alihkan dengan buru-buru kasih mainan lain. Baru setelah nangisnya reda saya aja ajak ngomong, "Keefe sedih ya? jangan main hp nanti matanya rusak. Mainnya sama ibuk aja, cerita-cerita. main yang seru biar seneng" gitu terus. Sampe suatu ketika pas dia mau pinjem hp dan tidak saya bolehkan. Udah ngga nangis tapi pasang wajah melas.

Keefe: cedih aku
Ibuk: Sedih?
Keefe: iya
Ibuk: Sedih kenapa?
Keefe: Ngga boyeh main ape aku
Ibuk: sama siapa?
Keefe: ibuk
Ibuk lalu memulai jurus validasi emosi

Lain cerita
Pas lagi ngelonin Keefe yang dari tidur sampe saya capek pengen tidur juga masih nenen. Saya lepas nenennnya karena pengen tidur dengan damai. Ndilalah Keefe malah bangun. Bolak balek Keefe bangunin saya tapi saya pura-pura tidur. Terus dia duduk dan monolog.

Keefe: Cedih aku---------ibuk nggak mau bangun-----

Lalu ibuk bangun, ayok mau main apa.

No comments:

Post a Comment