Wednesday, May 13, 2020

Gara-gara Covid19 (I)

Halo halo untuk diri saya di masa yang akan datang. Diri ini di masa sekarang nih, 13 Mei 2020 lagi di kampus saat Surabaya, Sidoarjo, dan Gresik lagi PSBB because of Covid19. Saya mau cerita nih.

Saya alhamdulillah masih baik-baik saja sejak ditemukan virus tanggal 2 Maret 2020, dua setengah bulan yang lalu. Engga ding, saya sempet sakit, mungkin kena covid19 mungkin juga ngga. Saya sakit seminggu setelah ada kegiatan di sebuah hotel bersama mahasiswa seluruh Indonesia beberapa hari sebelum Indonesia mengumumkan darurat Covid19 yang menganjurkan untuk berkegiatan di rumah.

Jelas, waktu sakit saya makin stress, dilema ke RS, ntar berangkat negatif pulang malah positif. Akhirnya saya baca petuah dokter yang saya follow di IG, saya ikuti anjurannya. Saya afirmasi bahwa saya covid19 yang bergejala ringan yang hanya perlu isolasi mandiri di rumah, minum paracetamol, cukup tidur. Saya ikuti juga anjuran "psikolog online" saya. Stop baca berita. Saya minum Sanmol punya Keefe, karena adanya ya cuma itu. Saya skip info-info Covid19 dan nonton drakor. Saya menolak untuk berkegiatan di kampus. Alhamdulillah hari ini saya (masih) sehat dan kembali ke kampus.

Sekarang sih, saya ngga tiap hari update berita tentang covid demi menjaga kewarasan. Tapi jika sudah siap mental dan biasanya kalo pas ada kebijakan baru, saya buka twitter dan Instagram. Saya baca info dari dokter-dokter. Saya cuma follow dokter, btw. Tapi sejujurnya follow dokter itu ada sisi positif negatifnya. Positifnya, kita dapat info (yang menurut saya) independen dan memaparkan sisi medis lengkap dengan jurnal ilmiahnya sekaligus ilmu yang bisa kita terapkan sebagai orang awam di rumah. Tapi kadang yang dipaparkan bikin mual. Haha.

Tadi pagi saya baru dapet update info bahwa ditemukan virus Covid19 ini di sperma pasien yang udah sembuh. UDAH SEMBUH, Gaes. Sedih ngga luu.

Follow dokter itu juga wawasan loh. Karena setelah baca twit atau caption dari dokter-dokter (dokter-dokter ya bukan dokter aja) ngga jarang saya jadi geleng-geleng kepala dan menghela napas sama kebijakan pemerintah. Seringnya dokter-dokter itu memaparkan data penting yang ngga (atau belum ya :p) dipaparkan pemerintah waktu merilis kebijakan baru. Tapi yaudahlah, wajar kalo pemerintah bingung di tengah kondisi buruk begini. Lakukan yang bisa saya lakukan ajalah.

Hari ini setelah dua setengah bulan berlalu sejak ditemukannya pertama kali virus ini di Indonesia, harga alat perang masyarakat mulai kembali normal. Masker dan handsanitizer sempat langka dengan harga selangit.

Hari ini saya betul-betul bersyukur bahwa saya ikuti anjuran profesional para dokter. Alhamdulillah saya ngga pernah ngeluarin uang lebih buat beli masker maupun handsanitizer dengan harga ngga wajar. Saya selalu (berusaha) menenangkan diri bahwa santai aja masih ada sabun dan masker kain yang memang selalu saya pakai berangkat kerja.

Berusaha banget loh saya, karena saya sempat takut "kualat" ngga kaya orang-orang yang beli alat perang. Takut nyesel karena ogah ngeluarin duit lebih buat langkah preventif menolak covid19 ini. Tapi balik lagi, saya berusaha men-sugesti diri bahwa udahlah percaya dan ikuti apa kata dokter aja dan SELALU ingat harga susu Keefe yang nyaris sama dengan harga satu box masker, haha. Mana yang jadi prioritas, asem kan.

Saya sempat ngga punya handsanitizer, tapi saya punya botol kecil miniso yang mau saya pake buat skinker. Saya alihkan aja tempat sabun buat saya simpen dalam pouch di tas saya, kali-kali butuh. Nyatanya ngga pernah saya keluarin. Di kampus disediakan aseptik sampe rumah langsung cuci tangan.

Sekarang saya punya satu botol aseptik satu liter yang saya beli dengan harga normal sekitar satu bulan yang lalu, tapi belum saya buka karena ngga kepake. Lebih banyak di rumah sih soalnya.

Yang kocak adalah pas setiap hari masih wajib ke kampus padahal yang lain sudah mulai work from home, tangan saya jadi mengelupas gara-gara keseringan pake aseptik. Keefe sampe bilang, "ibuk cuci duyu tangannya, itu kotoyy".

Eh, pas seminggu saya kebagian WFH tangan saya jadi kaya tangan nenek-nenek, keriput banget, kasar, perih, huhu. Keseringan cuci tangan. Saya cuci tangan di mana aja sih. Pas lagi di dapur, saya cuci tangan pake sabun cuci piring, pas deket kamar mandi saya cuci tangan pake sabun mandi, pas lagi di kamar saya cuci tangan pake sabun cuci tangan. Sekarang alhamdulillah tangan saya mulai normal.

Mungkin ini hal sepele yang dinamakan new normal itu. Tangan saya terbiasa terpapar aseptik dan sabun. 

Sekarang saya sedang mengikuti anjuran ibu negara alias mama saya. Saya pengen beli termometer infrared dari jaman kapan. Eh pas bener-bener mau beli kebetulan covid lewat. Bikin misuh tau merek termometer inceran saya jadi langka dengan harga naik 3x lipat. ebuset termometer bertulisan cina yang ga pernah saya tau mereknya aja tembus dua koma. Mama bilang tunggu aja dua-tiga bulan lagi sampe harga normal. Baiklah.

Lalu gimana bosen ngga di rumah? Untungnya dari dulu saya termasuk anak rumahan. Jaman kuliah, pas weekend saya milih tidur di rumah (iya di rumah saya di Pamekasan itu), bukan ngmall sama temen-temen. Pas kerja di Jakarta, saya jarang banget ngeMall, palingan saya ngeMall kalo pas ada Dicky aja. Saya milih tidur deh. Makanya Mall yang pernah saya datengin itu bisa diitung jari dan itu lagi itu lagi. Tidur itu me time. Lyfe haha.

Tapi ya tetep aja ya, di rumah karena mager sama di rumah karena di luar lagi perang kan beda cerita ya gaes.

Entah harus seneng atau sedih, tapi yang jelas saya ada bersyukurnya juga saya kebagian piket di kampus. Jadi saya punya me time lagi, bisa kerja lebih terstruktur, dan bisa nulis blog ini lagi, lol.

Apa yang mau saya kerjakan setelah pandemi ini berakhir?
Bukan jalan-jalan tapi cari Asisten Rumah Tangga.

No comments:

Post a Comment