Saturday, June 8, 2019

Keefe 13 Bulan

Akhirnya sering kasih Keefe Ultra mimi setelah sebelumnya lagi-lagi berdebat sama mama. Saya bilang aja lebih bagus UHT daripada sufor padahal mah biar ngga ribet aja cuci botol dan nggodhok air, nyahaha. Eh btw, jangan salah sangka ya soal sufor dan UHT, hihi. Banyak banget informasi yang kurang tepat beredar. Bisa baca di sini. Karena Keefe pernah mengalami defisiensi besi maka saya tetap memilih sufor sebagai selingan ASIP.

Di usia 13 bulan ini Keefe udah banyak merasakan emosi. Udah mulai cemburu. Saya ngga boleh peluk bapaknya. Erik ngga boleh gendong Al. Atau pas mau tidur kalau Keefe malah main, saya bilang, "Keefe, ibuk ngadep tembok ya", sambil saya ubah posisi menghadap tembok, Keefe pasti nangis, tarik badan saya biar ngadep dia dan nenen.

Keefe juga udah mulai ngambek. Kemarin, saya beli bakso. Dicky taruh mangkok bakso panas di meja yang bisa diraih Keefe terus Dicky keluar lagi untuk ambil mangkok lainnya. Terus Keefe ngerecokin mau pegang mangkok panas. Meski saya udah sering banget pegangin makanan panas, Keefe ngga kapok. Akhirnya kemarin saya gendong Keefe yang nangis abis saya larang pegang mangkok terus saya taro Keefe gitu aja di lantai, saya biarin. Pas bapaknya masuk Keefe makin nangis kejer, saya mau gendong lagi eh dia ogah. Keefe malah minta gendong bapaknya. Aahh. . Senenglah Dicky dipilih Keefe.

Banyak mau ! Udah bisa milih, gaes. Jadi kebiasaan yang dibawa Emakny, abis mandi pake sepatu. Kemarin abis saya pakein baju saya pakein dia sepatu yang cocok sama bajunya. Eh terus dia ke tempat sepatu ambil sepatu ke Dicky terus minta ganti sepatu. Gitu aja terus. Tiap abis mandi dia sendiri yang pilih sepatu.

Narsis. Ngga tau deh siapa yang ngajarin. Jadi kemarin, jilbab saya ada di kasur. Keefe kasih ke saya dengan bahasanya dia minta pakein ke kepalanya. Baiklah saya random aja pakein dia jilbab. Terus saya foto. Eh dia senyum abis gitu langsung minta liat hasil fotonya. Ampun deh.

Dari segi motorik, Oromotornya makin membaik, udah bisa makan bakso dan lahap dan banyak dan kusenang, setelah seminggu lebih GTM parah.

Udah bisa jalan, lari, horayy. . Catet banget nih, jalan di tanggal 11 Mei 2019.

Mahir minum pake sedotan, pake gelas, bahkan botol air mineral tanpa sedotan. Salah satu alasan saya kasih UHT selain karena saya malas ribet adalah saya mau membatasi hubungan Keefe dengan dot. Jadi kalau sama saya memang Keefe putus hubungan sementara sama dot. Bahkan kemarin seminggu lebih segala-galanya pake sedotan dan langsung dari botol air mineral berhasil tanpa tersedak.

Udah makin ngerti perintah. "remote ac mana, Keefe coba cari", "ibu mau dong", "ambil HP ibu dong", kalau Keefe lagi berbaik hati dia akan ikuti kalau ngga ya wassalam.

Selain ngerti perintah, cocoknya jadi bos. Pinter banget merintah. Tinggal tunjuk sambil "eh ehh ehhh" padahal yang dimau ada di depan matanya. Saya bilang ambil sendiri dong. Eh dia ogah, nangis sambil tetep nunjuk. Saya pokoknya ngga langsung ambilin. Sampe dia mulai nangis heboh saya ajak untuk ambil sendiri, saya arahin tangannya untuk ambil barang yang dia maksud.

Dari segala-galanya yang paling membahagiakan Keefe udah bisa banget main. Udah bisa main sembunyi sembunyian. Paham aturan Keefe yang sembunyi atau Keefe yang cari. Kemarin pas hari H lebaran saya dan Keefe main ke kantor Dicky. Ada meja besar jadilah kami berdua heboh main mengelilingi meja itu. Saya kejar Keefe atau Keefe kejar saya. Bodo lah itu kantor.

Keefe juga udah bisa request mau main apa. Dia udah bisa tunjuk mobilan yang mana atau buku yang apa. Mau main dan siapa yang bacakan buku udah terkonsep dalam diri Keefe.

PR saya adalah Keefe bicara. Karena Keefe masih ogah banget niruin kata-kata, Huhu. Saya pengen banget Keefe lancar bicara. Apalagi kalau liat anak lain seumuran yang udah fasih bicara, at least orang lain paham maksudnya. Membandingkan in a good way ngga papa banget, menurut saya. Karena berambisi Keefe lancar bicara saya jadi usaha banget. Mustahal lah ya pengen tanpa usaha. Meski capek banget saya kudu rajin-rajin bacain buku, ngomong dengan intonasi jelas dan keras. Saya inget banget kata papa saya beberapa belas tahun yang lalu waktu sepupu saya masih TK dan ngomomgnya masih cadel. Papa bilang, makanya kalau punya anak jangan ngomong pake bahasa bayi dipelatin-pelatin, nanti anak ngga tau mana yang bener mana yang salah. Itu kata papa saya saat sepupu saya TK dan sekarang udah mau kuliah. Perkataan saat ilmu parenting tidak segencar sekarang.

🙍:Kifkif coba bilang iiibuuu
👦:eh eh eh eh
🙍: baaa paakk
👦: eh eh eh
🙍: maaa kaaann
👦: eh eh eh
🙍: petok petok petok
👦: tok tok tok

Good job good boy 👏👏

No comments:

Post a Comment