Thursday, October 8, 2020

Buku, Penting (?) Ngga Penting (?) sih

 Sejujurnya, minat baca saya termasuk kategori minat baca rendah untuk buku bergenre apapun. Dan sepertinya semakin terkikis oleh waktu. Dulu tuh ya, saya lumayan sering baca novel. Beberapa tahun terakhir males gitu loh. 

Dulu di tempat kos Dicky waktu masih di Cirebon, Dicky beli beberapa novel. Saya, yang nganggur selama nunggu Dicky pulang kerja sama sekali ngga tertarik untuk nyentuh bahkan. Tahun kemarin saya beli dua novel di Gramedia Online, yaaahh beli doang. Ngga saya baca juga. 

Tapi, soal perbukuan ini saya termasuk sering loh beli buku buat Keefe. Ngga bisa dibandingin sih sama temen saya yang menginspirasi saya jadi agak konsumtif beli buku. 

Temen saya ini lebih dulu punya anak, yang saya lihat dari story IGnya, buat saya yang belum punya anak waktu itu jadi duuhh mupeng pengen berparenting menggiatkan minat baca buku anak. Kamar anaknya enak banget buat main dengan mainan edukatif plus lengkap dengan tataan buku-buku bak perpustakaan mini. Temen saya ini ibu bekerja juga. Jadi saya optimis bisa jadi seperti temen saya. 

Dan yang membuat saya makin "wah gue harus nih bacain buku anak gue nanti" adalah umur dua tahun anaknya udah lancar banget ngomong. Ngga ada tuh pelat, huruf R bahkan hajar boss. .

Nah saya kan juga, introvert ya. Tapi saya pengen banget tuh "cerewet" ajak anak saya cerita, ngobrol, memupuk bonding sekalian melatih berbicara. Sayangnya, saya agak kesulitan untuk ber-ide mau cerita apa yaa. Dongeng cerita anak itu kok ya lupa semua. Bahkan cerita kancil anak nakal suka mencuri timun pun saya lupa, gaes. Jadi waktu Keefe bayi, iya bayi kan katanya harus sering diajak ngomong ya, saya suka krik-krik gitu loh, mau ngomong apalagi yaa.

Cita-cita saya juga adalah meminimalkan hubungan anak saya dengan gadget. Udah taulah ya, kalau baca postingan-postingan terdahulu. Bukan mau sok idealis sih. Tapi berdasarkan pengalaman pribadi, emang gadget itu menjauhkan yang dekat tapi mendekatkan yang jauh. Apakabar memupuk bonding?

Maka, saya semangat 45 pas temen saya ajak saya ke BBW. Waktu itu Keefe berumur empat bulan. Pertama kali saya kalap beli buku. Pas di BBW saya main ambil buku hinggu penuh satu troli besar. Saya galau pas sortir kok bukunya edukatif. Eman-eman kalau ngga beli. Saya beli buku hampir tembus 1.5juta kalau ngga salah. Kalau ngga disortir bisa dipastikan saya ngga bisa bayar, hahahaha. 

Soal baca buku ini, dasar minat baca rendah yaa bacain buku untuk Keefe butuh komitmen tinggi. Antara males dan yaahh saya kaya baca buku balita untuk saya sendiri alias ngga komunikatif. Yaahh anak 4 bulan coy berharap apa.

Eh tapi ternyata meski ngga komunikatif, bayi itu bisa memahami lohh. Pas udah agak gedean, doi bisa tunjuk gambar-gambar yang saya sebutkan dengan ocehan ah eh ah eh. 

Terus seinget saya, saya beli buku di shopee setelah lihat review dari salah satu editor mommiesdaily. Buku anak yang kalau dibuka halamannya mengeluarkan suara yang sesuai dengan gambar di halaman itu. Jadi, kalau gambarnya sapi ya bunyi sapi etc. 

Kemudian saya semangat beli lagi karena pas buku itu saya bacakan ke Keefe, Keefe yang waktu itu belum bisa ngomong jadi bisa niruim suara binatang. 

Saya sempat beberapa kali beli buku eceran seratus ribuan tapi sarat makna untuk anak, menurut saya. Sampai akhirnya benteng pertahanan saya runtuh saat temen saya (yang sudah beberapa kali menawarkan buku edukatif dan saya tolak karena budget paspasan) bilang ada diskon gede. 

Karena ngga tahan lihat manfaatnya, akhirnya saya beli juga, mumpung diskon lah. Yaah gapapalah duit tabungan terkuras uang bisa dicari yakan. Saya beli buku Confidence in Science Volume 2 yang dibundling dengan e-pen seharga 2,56 juta. Seminggu kemudian teman saya bilang ada buku Halo Balita yang didiskon tapi bisa dicicil dan bukunya udah langsung bisa diambi lengkap jadi ngga harus ikut arisan. Jiwa impulsif saya memberontak. Saya iyain ajalah udah. Jadi saya beli buku Halo Balita itu diharga 2,156 juta. 



Nah ngga lama, honor side job saya sebagai analis statistika cair dong. Jadi biar ga ada tanggungan, saya lunasin deh buku Keefe sekaligus mengganti dana tabungan yang sebelumnya saya pakai untuk beli buku. Jadi honor saya semua untuk beli buku. Ngga tau harus sedih atau harus bangga, sumpah deh.

Mungkin memang benar yaa, bacain bukh anak itu salah satu stimulasi berbicara pada anak. Apalagi bagi saya yang introvert ini buku ngebantu banget biar ga kehabisan ide bercerita. Jadi di usianya waktu itu, menurut saya, intonasi Keefe udah cukup jelas dibanding anak seusianya. Sekarang PRnya cuma huruf R dan L yang entah kenapa jadi Y. Rusak jadi Yusak. Galon jadi Gayon. 

Lalu apakah saya sesering itu bacain buku. Nyatanya ngga gaes. Dari 27 buku seri Halo Balita, ngga sampe setengahnya yang sering dibaca. Apalagi Confidence in Science, yang cuma dibuka dua buku aja. Maksudnya gini loh, dibanding temen saya, saya jauuuuuuhhh jadinya sejarang itu bacain buku. Ngga tiap hari tapi saya selalu mengusahakan sesering mungkin, Mengingat manfaatnya dan harganya, wkwkw. 

Jadi pas temen saya nawarin lagi buku serupa nanti-nanti dulu deh.  Investasi dana pendidikan, kesehatan, dan darurat dulu yang masih amburadul. Ditambah rasanya saya juga ga punya komitmen setinggi itu untuk bacain buku Keefe jadi daily routine. Ogah mubazir karena laper mata. 

Saya masih beberapa kali beli buku, titip kakak sepupu saya di BBW. Sampai akhirnya, pandemi menghajar lalu BBW hadir di Tokopedia. 

Pas BBW Tokopedia pertama tuh yaa saya udah tinggal klik M-Banking loh. Lagi-lagi saya kalap dengan total belanja di angka satu jutaan. Tapi kemudian malaikat menghampiri.

Saya tiba-tiba banget mikir, waduh kereta udah ngga beroperasi, saya juga kerja di kampus swasta yang mana mahasiswa dari kampus lain udah banyak minta uang semester dikurangi. Bukan ngga mungkin, saya dan Dicky akan terdampak secara ekonomi. Apalagi uang tabungan saya udah terkuras oleh treatment stunting Keefe yang membuat saya hampir miskin. Saya miskin gara-gara kesehatan anak saya bangga. Mungkin saya lebih bangga ketika saya kere agar anak sehat dan pintar karena pundi-pundi saya emang untuk itu. Tapi terus saya mikir ngga bijak juga kalo saya beneran miskin karena beli buku padahal buku lama aja ngga habis dibaca. 

Udahlah saya putuskan untuk menunda beli buku demi dana darurat. PR saya soal perbaikan gizi Keefe juga masih panjang. Kali saya butuh apa iya saya mau bayar pake buku. BBW di Tokped pasti ngga cuma ini aja. 

Dan bener aja, BBW di tokped kedua dst, tapi saya ngga buka aplikasinya, karena merasa saya masih butuh duit simpenan. Eh ngga beli buku saya beralih ke puzzle dan lego gaes. Hahaha. Apa kabar doooong resolusi 2020 T__T

Nah tapiiii setelah BBW di tokped yang udah diadakan kesekian kali ini, hari ini empat buku untuk Keefe mendarat dengan selamat dengan total harga setengah dari belanja buku yang saya batalkan di BBWxTokped yang pertama. Saya ngga nyesel sampai pada akhirmya saya denger kabar soal omnibus law lalu tengok nominal di rekening. Hadeehhh, belum juga pandemi kelar yang mana saya dan Dicky masih beresiko banget terdampak ekonomi, sekarang ditambah soal resesi dan UU ciptaker elah. Beli buku kemarin jadi harus menguatkan diri sendiri. Ngga salah kok ngga salaaahhhh. 

Yaudahlah buat apa pula disesali yekan. Ngga beli buku juga jiwa impulsif saya beli mainan untuk Keefe masih susah ditekan pula. 

Eh tapi yang bikin saya bangga soal prioritas ya. Jadi beli mainan dan buku ini tuh sebenernya keinginan saya. Keefe ngga pernah minta. Bahkan pas saya tunjukin dan saya tanya mau nggak, Keefe selalu jawab dengan mantap, "nggak mau ibuk, kan masih ada". Beli buku dan mainan itu untuk kepuasan saya. Tapi gara-gara itu saya ngga keberatan loh menurunkan grade skinker, hahaha. . 

Nah setelah curhat ngalor ngidul, jadi buku itu penting ngga sih. Dari apa yang saya rasakan sih banyak manfaat yaa. Saya jadi ada ide #mainbarengncip (Keefe maksudnya), baca buku itu juga termasuk main ya. Dengan saya baca buku saya bisa lebih cerewet dan menghasilkan anak cerewet dan kritis (menurut saya). Membentuk bonding saya dapatkan dengan baca buku dan main, kami jadi lebih interaktif. Sehingga Keefe juga lebih lancar ngomong meski masih ada PR di dua huruf R dan L. Selain itu, karena baca buku saya jadi punya bahan pertimbangan untuk Keefe. Contohnya pas Keefe ngga mau makan. Saya ajak baca buku "eh Keefe kan Sali (tokoh di buku) makannya banyak ya jadi dia kuat. Ayok coba baca Sali makan sendiri pake pennya". Nah biasanya sih it works ya. Keefe jadi mau makan sambil baca buku. Meski kadang gagal juga sih kalau GTMnya kumat.

Tapi buku jadi ngga bermanfaat gaes kalau cuma beli doang tapi ngga dibaca. Udah taukan. Dan, jangan sampai juga beli buku hanya karena FOMO. 

Sebenernya pemanfaatan buku yang kami punya masih rendah banget. Iyalah bayangin aja, Dari sekian buku masih banyak buku yang tak terjamah. Jadi, kalau ngga tertarik untuk bacain buku sih mending cari media lain untuk menstimulasi anak. Kan ngga harus buku yak. Tapi saya juga ngga nyaranin penggunaan gadget sih, monmaap, ngga bermaksud menyinggung karema saya juga ngga seketat itu mengasuh tanpa gadget. Gadget adalah opsi terakhir yang menjadi solusi ketika saya capek banget.

Setelah cerita panjang lebar, intinya cuma tiga kata: pikir sebelum membeli, halah


2 comments:

  1. Mbak saya mau nanya Ig mbak kalo boleh,mau DM biar lebih enak tentang ADB Abang Keefe mbak.
    Perkembangannya gimana n apa tipsnya supaya supplemenyabterserap
    Apalagi mbak dah pernah de dr.meta..MasyaAllaj

    Salam kenal ya mbak dari Dewi Ngawi uang tinghal di Batam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mba maaf baru bales bisa ke ig ya @elviraputri91. Salam kenal :)

      Delete