Thursday, October 22, 2020

Me Time (Produktif) yang Sempurna

Sebagai kaum rebahan, saya udah cukup bahagia ketika saya di kamar tiduran pegang HP, sendiri. Me time yang sempurna. Dulu tuh ya, waktu kuliah lima tahun saya di Surabaya tapi kayanya ngga lebih dari jari tangan dan kaki saya hangout sama temen-temen. Tiap jumat saya memilih untuk naik trevel pulang ke rumah dan kembali hari minggu siang atau senin subuh. Satu setengah tahun di Jakarta, mall yang pernah saya kunjungi ngga lebih dari sepuluh jari tangan saya. Saya ke Mall hanya jika pacar saya waktu itu ngapel aja. Kalo ngga yaa, saya #dirumahaja.

Pas saya kuliah, saya memilih untuk menghabiskan weekend saya di rumah untuk tidur dan ke pasar sama mama. Jadi saya hampir tiap minggu ke pasar sama mama jadi waktu quality time kami berdua. Tapi perlu dicatet saya cuma ikut ke pasar doang, ngga ikut sampe ke dapur >.<. Pas jaman kuliah kan gadget ngga kaya sekarang ya. Saya pun ngga pake Blackberry, jadi rasanya saya pulang sama raga sekaligus jiwa saya. Minim banget terdistraksi gadget. Ngga kaya sekarang, huhu. Makanya butuh detoks HP banget untuk mengembalikan quality time bareng keluarga.

Nah pas di Jakarta itu, biasanya saya nonton drakor dari HP. Jadi pas weekdays saya download drakor pake wifi kantor. Saya tonton di stasiun, pas di KRL, dan weekend. 

Di sini saya mau cerita tentang perubahan genre drakor dan pergerakan me time saya #halah

Sebenarnya, bukan perubahan genre sih. Dari dulu saya random ada nonton drakor yang (katanya) bagus. Setelah menikah, bisa dibilang saya jarang banget nonton drakor. Biar dulu Keefe masih sering di Pamekasan, saya memilih Youtube untuk me time. Nah, beberapa waktu terakhir saya coba kembali nonton drakor karena mulai bosan dengan konten di Youtube. 

Dulu saya nonton drakor via Viu. Tiap akan nonton drakor saya search dulu rekomendasi drakor. Nyatanya, saya nonton drakor tapi ngga sampe selesai gitu. Setengah seri saya bosen. Cari drakor lain. Gitu aja terus. Atau saya tonton sampe selesai, bagus sih, tapi saya kaya ngga dapet apa-apa, kaya cuma penasaran sampe ending, dan oh bagus, titik. 

Dari perjalan drakor saya yang saya tonton sampe abis dan menurut saya beneran bagus pas saya nonton Doctor Romantic. Sampe saya bela-belain berlangganan Viu biar bisa nonton Doctor Romantic 2. Akhirnya saya simpulkan mungkin saya udah ngga tertarik drakor bergenre Romantic.

Pas pandemi, drakor makin naik daun kan ya, timeline IG dan Twitter saya dipenuhi oppa-oppa korea, yang baru bisa saya tonton pas Telkomsel dan Indihome buka blokir Netflix. Saya nonton mulai VIP, Vagabond, Hi bye mama, Crash landing On you. Bagus sih. Tapi paling ngena di saya Hi Bye Mama dan terakhir When the Camelia Blooms. Dua drakor itu buat me time saya ngga sekadar nonton, tapi mikir. Gimana kalau itu terjadi sama saya? Oiya bener juga. Lah ini aku banget. Jadi nonton sekaligus introspeksi diri. Sejak itu saya makin pilih-pilih nonton drakor. Saya mau yang benar-benar dekat dalam kehidupan.  

Drakor yang hits waktu itu juga ada The World of Married dan It's Okay not To be Okay. Tapi belum mau nonton aja. Kayanya nonton dua drakor itu akan makin bikin saya overthinking. Lagi males mikir, sis.

Me time saya baru-baru ini selain ngedrakor juga dengerin podcast. Pas mood saya dengerin yang beredukasi macam podcast psikologi. Kalau ngga saya pilih dengerin podcast receh tapi juga bikin saya lebih berilmu, terhibur, dan sarat instropeksi diri. Podcast "receh" yang sering saya dengerin sih KinosGinaPodcast ya. Ngga bener-bener receh karena mereka juga seringkali mengundang profesional macam psikolog anak yang-dengan gaya mereka menginterview yang kocak-bikin saya teredukasi dan terhibur. Meski obrolan berdua doang tanpa mengundang pakar pun bikin saya iri. Biar untuk konten podcast tapi saya yakin sih, obrolan macam Kinos dan Gina itu merekatkan hubungan mereka sebagai suami-istri. Makanya, saya jadi terinspirasi bikin podcast #obrolanIbukEeefe.   

Terbaru, adalah doodling. Sumpah ini bagian paling bikin saya bangga sih. Saya ngga pernah loh pegang alat tulis selain untuk menulis. Saya terpukau sendiri dengan goresan tangan saya, ternyata bisa juga saya menggambar meski nyontek. Iyalah, harus nyontek, ide berkreasi saya tumpul banget. Tapi lihat hasil gambar saya bangga sama diri sendiri, saya post di IG, bodo amat kata orang gambar saya jelek dan saya lebai #shameless wakakakaka. Karena keberhasilan (menurut) saya dalam menggambar saya makin yakin bahwa kalau dibikin strata Mau itu ada di atas Bisa. Jadi bukan karena aku bisa tapi karena aku mau. Sebaliknya, bukan karena tidak bisa tapi ya aku ngga mau aja.  

Jadi, tiap malem abis nidurin Keefe saya ke dapur, nyalain kipas angin, duduk di meja makan, dengerin podcast di Spotify, dan doodling. Me time produktif yang sempurna. 

 


No comments:

Post a Comment