Friday, September 25, 2020

Berhenti bertanya

Dalam rangka basa-basi, saya memulai percakapan pada teman yang kami jarang bertemu. 
Saya (S): Bu kemarin terakhir kita ke kantor pajak, Ibu lagi hamil kan?
Teman (T): Iyaa, lebih cantik ya aku
S    : Haha iyaa. Umur berapa bu anaknya?
T    : Lahir Januari bu
S    : Anak ke berapa bu?
T    : Anak kedua. Kenapa mau tanya kapan anak ketiga?
S    : Hahaha ngga kok bu. Saya juga ngga mau ditanya kapan anak kedua.









Saking seringnya pertanyaan kapan kawin, kapan punya anak, kapan nambah anak dilontarkan, orang-orang juga dengan mudahnya nebak bakal ditanya apa nih abis ini, haha

Tapi, di era sekarang, sudah banyak juga warning bahkan melalui meme jangan tanya sembarangan alias urus dirimu sendiri. 

Bagi saya yang introvert ini makin lebih dianggap pendiam tidak masalah lah, daripada menyinggung orang lain. Tapi, namanya manusia ya kadang level kepo saya mengalahkan segalanya, khilaf. Saya sudah berusaha membentengi diri agar kepo cukup dalam hati. Beberapa mungkin tidak berhasil. Tapi saya (hampir) yakin bahwa saya sudah tidak pernah lagi bertanya soal dua hal.

Kapan Nikah
Huh, dulu tuh ya sebelum nikah rasanya rajin banget saya ceng-cengin senior untuk ayo segera nikah blablabla. Sekarang kalau bisa ngomong sama diri saya waktu itu, "jangan sotoy anak bau kencur ketek"

Setelah tau rasanya menikah, saya ngga maulah "memerintah" meski cuma basabasi agar orang menikah. Menikah itu adalah serumit-rumitnya masalah. Ngga perlulah berkompromi sama oranglain. Pas nikah berkompromi sama diri sendiri yang melakukan iya padahal hati berkata tidak itu susah loh. Saya ngga maulah suru-suru orang lain padahal saya sendiri ngerasa sulit. Orang lain bahagia atas pernikahannya saya seneng, tapi saya ngga mau turut andil dalam ketidakbahagiaan orang yang menikah yang pernah saya ceng-in untuk cepetan nikah.

punya anak, nambah anak
Sering ya, orang yang anaknya lebih banyak dari kita merasa lebih berhak nanya kapan punya anak kapan nambah anak. Sementara dirinya ogah untuk punya anak lagi. 

Terus nasihatnya macam lingkaran setan, "ah aku bisa loh anak tiga ngurus, kamu pasti bisalah". Tapi yang punya anak tiga ngga mau lagi nambah anak, repot katanya. Terus orang yang punya anak empat komen,"pasti bisalah, ayok satu lagi". Gitu aja terus, hhahaha. . 

Tapi saya dulu keren sis. Nikah belum apalagi punya anak, tapi dulu saya doyan banget becandain senior di kampus yang anaknya empat untuk digenapi jadi lima. Astagaaa, bener-bener deh ya sotoy kamu tuh ibuk Keefe. Noh rasain punya anak satu aja udah capek kan. 

Jadi saya ngga maulah basa-basiin orang nanya kapan punya anak, kapan nambah anak. Punya anak susah, sis. Ngga cuma mencukupi makannya aja loh. Tapi bahagianya, mengajari berbagai macam emosi dan menghadapinya, kesehatan, pendidikan. Semuanya butuh kesabaran, tenaga, pikiran dari orangtua yang sehat jasmani dan rohani (halah).

Saya juga ngga mau ditanya kapan kasih adik Keefe. Ya gapapa sih, kalo mau nanya kapan saya punya anak kedua. Saya bisa jawab jujur, sekarang, saya mau punya Keefe seorang aja. Saya bisa jawab ngasal iya doang biar ngga panjang. Tergantung siapa yang nanya, wkwk.

Tapi soal punya anak ini, saya ngefans banget sama sieomeoni-nya Teh Gina di Kimbab family. Kata beliau, "kalian berdua cukup bagus dalam merawat anak (iya, saya setuju gaya parenting Teh Gina dan si Akang). Saya sangat setuju (nambah anak). Yang paling penting adalah bukan pendapat siapa-siapa. Tapi pendapatmu. Anak dirawat siapa? Sendiri kan? Orang lain cuma akan bilang, "lucu sekali bayinya". Pendapat sendiri lebih penting".

     






No comments:

Post a Comment