Friday, January 3, 2020

Resolusi 2020

Seorang kolega saya di kampus baru saja tanya resolusi 2020. Demi apa lalu saya tulis di sini setelah tahun lalu buat resolusi 2019? Ehm, kayanya karena buat saya writing is healing sih. Wait, resolusi 2019 apa kabar?

Sepanjang 2019 rasanya hidup saya dipenuhi penyesalan-penyesalan dari setiap keputusan yang saya ambil di kehidupan kemarin. Gagal mencintai diri sendiri karena saya seolah terus menerus menyalahkan diri atas kesedihan yang saya alami hari ini. Huhu. 2020 ini rasanya saya perlu "menerima" apa yang terjadi tempo dulu agar lebih bahagia dan menemukan celah untuk bersyukur.

Tapi dengan bangga hati saya bisa tertib soal dana pendidikan Keefe yang sudah terlaksana sejak dirinya ada di rahim saya. Malah dengan nominal yang lebih besar tiap bulannya. Maka 2020 jangan kasih kendor lah.

Skincare memang jadi skincare Indomaret haha. Tapi bukan juga karena pelit demi dana, tapi memang pas lagi bokek aja saya putuskan untuk coba beli skincare yang ada di etalase Indomaret. ndilalah muka saya lebih kinclong pake skincare affordable yang bisa dibeli di Indomaret, wkwkw. Alhamdulillah lah.

Jadi, apa Resolusi 2020?

Kemarin keramas besok keramas
Haha, iya sereceh itu karena saya jarang banget keramas. Sejak berjilbab apalagi. Merasa bau rambut tertutupi selembar kain :p. Maka mari kita mulai 2020 dengan keramas dua hari sekali.

Minum air putih lebih banyak
Dari tahun ke tahun rencana tanpa praktik sih. Saya tu termasuk yang jarang banget minum air putih. Lebih suka Nu Milk Tea atau minuman berasa dan dingin. Tapi tiap hari khawatir sama badan saya takut kenapa-napa gitu, huhu. Saya ngga mau muluk-muluk dulu deh untuk minum sekian liter airputih. Yaaahh lebih banyak aja dulu dengan mengurangi minuman kemasan.

Dana foya-foya
Hahah, sok-sokan ini. Mengurangi minuman kemasan dengan ngopi. Halah. Weeh, beberapa bulan terakhir saya jadi gemar jajan kopi kekinian macam Janji Jiwa, Kenangan, dll. Memang jajan menguras kantong tapi hash dengan ngopi demikian kok jiwa saya jadi lebih tenang. Maka kalau kata Jouska yaa anggarkan saja, anggaran habis ya puasa (ngopi), njir, jangan ambil dana lainnya.

Berani berkata tidak
Susah banget kecuali sama mama dan Keefe. Emang mama tempatku menjadi diri sendiri. Tidak di sini artinya menolak. Susah banget deh nolak padahal ogah. Saya lagi mau bahagiain diri kan bukan nyenengin oranglain.

Dana pensiun selain dana foya-foya. Sederhana, karena saya bukan pegawai pemerintah yang dapat uang pensiun tiap bulan, masa tua nanti saya ngga maulah jadi beban hidup Keefe. Makanya saya kudu

Rutin dan tertib mencatat arus uang
Dari 2017 saya sudah download aplikasi Money Lover untuk catet dari, ke mana, dan berapa duit nafkah Dicky, dan penghasilan saya. Tapi ngga pernah tertib. Sering banget sekian rupiah saya lupa perginya kemana karena ngga langsung dicatet. Maka demi keuangan keluarga yang sehat maka semoga diri ini tidak lagi malas mencatat cashflow.

Ehm apalagi ya. Itu dulu deh. Lain-lain sambil jalan 2020 benahi diri. Masak, belajar nyetir mobil, rajin beres-beres rumah ngga termasuk resolusi 2020. Karena menurut saya, dewasa itu adalah orang yang mampu membedakan kapan harus memotivasi diri dengan "jika orang lain bisa mengapa aku tidak bisa?" dan kapan saatnya harus demotivasi dengan "jika orang lain bisa maka orang lain sajalah, ngga harus saya."

2020, salaman dulu yuk.

No comments:

Post a Comment