Wednesday, December 23, 2020

Momen yang Melegakan sebagai IBU

Pas nih momen hari ibu, sudah lebih dari dua setengah tahun saya menyandang status ibu. Setiap hari belajar, entah belajar sabar, belajar negosiasi, belajar kompromi dari batitaku yang numero uno. Saya mau tulis nih selama dua tahun ini apa sih momen yang paling melegakan, membanggakan (bangga sama diri sendiri maksudnya) sekaligus membahagian untuk saya.

1. Keefe bisa mengunyah sampai menelan daging-dagingan
2. Keefe makan tanpa krupuk
3. Keefe menghabiskan makanannya
4. Keefe sudah sikat gigi (pagi malam)
4. Jika ada makanan (seperti ciki), Keefe mampu mengerti itu bukan makanan untuknya
5. Keefe tidur (susah, bok, nidurin bocah)
6. Keefe minta minum susu pake gelas
7. Keefe bangun tengah malam minta pipis
8. Keefe main sama ibu, tanpa ibu main HP
9. Keefe tidak main gadget
10. Keefe main sensory play (karena ibu pemalas)
11. Berhasil hanya menghela napas saat Keefe rese'

Apalagi yaaa. Tapi ya sepuluh momen itu adalah momen yang paling bikin saya lega dan senang. Paling bikin stress adalah ketika Keefe lama mengunyah daging namun berakhir dilepeh karena ngga bisa menelan, huhu. Paling bikin menyesal adalah marah saat Keefe rese'.

Kemarin, saya nonton video perjuangan ibu-ibu mulai dari yang punya anak berkebutuhan khusus, anak yang meninggal. Oooh, saya mewek. Meski sering saya lelah mengurus Keefe, tapi apa yang mau saya keluhkan? Harusnya saya bahagia ketika Keefe membantah apa yang saya katakan karena itu yang mungkin dirindukan oleh banyak ibu-ibu lainnya. Memang, setiap punya perjuangannya masing-masing. Tapi saya patut bersyukur saya tidak berjuang di jalan mereka. Oohhhh, menyebalkan sekali karena bersyukur harus dulu ya melihat kesedihan orang lain.

Well, ngga perlu jauh melihat ibu-ibu lain. Cukup belajar dari mama saya aja. Lakukan dan tinggalkan apa yang baik dan apa yang kurang baik dari parenting ala mama. Meski banyak yang seharusnya saya lakukan tapi belum/tidak sanggup saya lakukan dari apa yang telah mama ajarkan selama ini, huhu. . Dan rasanya jadi mama saja saya ngga sanggup, merasa tidak sekuat dan sebaik mama.

Mama dan Keefe adalah guru terbaik saya sebagai seorang ibu. Selamat hari ibu untuk mama dan ibu Keefe. I love you two.

No comments:

Post a Comment