Thursday, July 11, 2019

Ibu yang Insecure

Setelah punya anak, banyak banget hal-hal yang bikin saya resah dah gelisah #tsah. Kemarin saya baca IGs temen saya yang intinya temen saya ngga mau anaknya ngga dapetin apa yang ngga bisa didapet sama temen saya. Well, itu ngga salah sih. Tapi saya justru berbeda. Dan berbeda kan ngga papa ya #mantra.

Keluarga saya tidak kaya, cukuplah. Cukup untuk berutang, hahaha.

Saya tidak pernah menyesali masa kecil saya. Kalau dipikir-pikir saya ngga pernah merasa kekurangan. Meski mama papa cerita pernah sekadar beli kue putu aja saya nangis jejeritan karena mama papa ngga ada duit untuk belikan.

Saya pernah ada di posisi bertahun-tahun mudik dengan kol atau bis mini alias angkutan umum ke Bangkalan. Dilanjutkan di hari H lebaran ke rumah buyut saya di Surabaya juga dengan angkutan umum. Jangankan mobil, pernah bertahun-tahun kami hidup tanpa motor.
Tapi saya ngga pernah merasa itu adalah nestapa.

Makanya beberapa waktu lalu saya malah excited bawa Keefe naik bis. Dicky bilang kasian Keefe. Why? Kenapa kasian? Bis sekarang udah nyaman. Kalau ada yang harus dikasihani, sayalah orangnya, lol. Keefe mah tinggal duduk diam sama aja kaya naik mobil pribadi. Yang rempong kan ibunya kudu gendong 10 kg naik turun bis, ya ngga.

Saya pernah ada di posisi pengen mainan tapi selalu saya dapatkan. Beda sama adik saya yang kadang harus tantrum karena ngga bisa dapet yang dia pengen. Kalau papa saya ngga bisa belikan mainan yang saya mau, biasanya mami saya (kakak papa) yang belikan. Jaman saya TK dan SD saya punya banyak barbie yang harganya minimal 199900. Satu dari papa dan lainnya dari mami papi saya. Dan semuanya hilang. Ngga ada bangkainya.

Kalau dipikirin sekarang saya nyesel, kenapa sih dulu ortu saya bela-belain beli mainan mahal ngga cukup satu.

Saya ngga galau saya ngga punya mobil, ngga bisa belikan mainan mahal. Tapi kadang saya tetep mikirin sih mainan bermanfaat tapi kok mahal? Bisa ngga saya beli buat Keefe? Huhu.

Saya tu takut apa yang dulu bisa ortu saya kasih ke saya ngga bisa saya lanjutkan ke Keefe. Apa itu?

Kesehatan. Mama papa saya tu menomorsatukan banget kesehatan. Biar kata harus ngutang itu sabodo amat asal anak dapet fasilitas kesehatan yang mumpuni. Dulu saya sakit dibawa sekali dua kali ke dokter di Pamekasan ngga sembuh mama papa saya langsung ajak saya atau adik-adik berobat ke dokter spesialis profesor di Surabaya. Sebelum berangkat telpon sana sini untuk tanya rekomendasi dokter.

Adik pertama saya pernah sakit waktu buang air kecil. Berobat ke dsa Prof Teddy, di Surabaya dan didiagnosis fimosis, harus sunat. Hari itu juga sunat di Surabaya dengan biaya yang bikin sakit perut kami. Bukan kebanyakan duit. Ingat.

Lalu adik bungsu saya. Sunat juga di dokter yang sama dengan adik pertama saya. Padahal dokter di tempat tinggal kami katanya sudah cukup mampuni untuk proses khitan. Biayanya makin bikin mual dan sakit perut. Lagi-lagi bukan kebanyakan duit.

Pas saya SMA, tulang belakang saya sakit. Mama papa saya bawa ke dokter orthopedi di Surabaya. Saya diharuskan MRI. Biayanya fantastik. Saya tau waktu itu ngga ada duit sebesar itu. Tapi kata mama saya : duit bisa dicari, utang bisa disaur (baca:dilunasi), yang penting sehat.

Jadi hal yang saya takutkan adalah saya ngga bisa kasih fasilitas kesehatan yang baik untuk Keefe. Saya ngga minta sakit ya. Tapi who knows kan? Orang kaya sekalipun mana mau duitnya dipake untuk berobat kan.

Apalagi? Pendidikan. Lagi-lagi prinsip mama papa saya. Uang bisa dicari, utang bisa disaur. Inget banget waktu itu saya mau kuliah kedokteran. Mana ada duit? Pas banget, ada kebijakan baru di kantor lama papa saya. Terus papa saya ambil kebijakan tersebut. Apa itu? Pensiun dini. Uang pensiunnya bisa buat biaya Emak (nenek dari papa) saya berobat sekaligus tambahan uang masuk kuliah saya (yang waktu itu maunya sih di kedokteran, ternyata selain uang, otaknya juga ngga cukup, sis). Mama papa saya ngga pernah bilang ngga ada duit untuk urusan sekolah anak-anaknya. Apapun dilakukan. Gadai emas, udah sering sekolah di pegadaian.

Selain itu ada lagi yang bikin saya resah. Masa depan. Selain pendidikan dan kesehatan untuk Keefe, saya takut masa depan saya bikin repot Keefe. Katanya anak adalah investasi orangtua. Heh? Kan katanya juga kasih orangtua ngga pernah pamrih? Investasi itu kan bersinonim dengan pamrih. Menurut sayah. So, Saya takut masa depan saya jadi beban untuk Keefe. Huhu. .

Banyak banget ketakutan-ketakutan. Takut doang, usahanya apa woy? Berdoa. Hahaha. Dana pendidikan udah saya rencanakan sejak Keefe belum ada di kantung kehamilannya. Sudah ada pos sendiri untuk itu. Semoga aja lancar seterusnya.

Yang belum bisa terealisasikan adalah pos untuk kesehatan dan pos untuk masa tua nanti. Walaahh. Jadi yang ditakutin duit toh. Iya hahaha. Pan pengen aye cukup tanpa berutang, bang. Kalau ngga ada pos terpisah mana bisa, wkwkwk. Mental kere. Semoga bisa merencanakan keuangan dengan baik. Biar deh skinker downgrade asal segala untuk Keefe aman. Yang penting kan rutin dirawat ya #ngelesajalaw.

Saya pernah baca katanya, tidak usah menghina Tuhan. Takut besok ngga bisa makan aja adalah bentuk penistaan terhadap Tuhan.

Ya saya tau. Tapi gimana dong. Karena tau kapasitas diri dengan keinginan tinggi jadi wajarlah saya takut. Karena dengan takut saya berdoa dan berusaha.

Ngga menikmati hidup? Ngga juga. Tiap orang kan punya cara sendiri untuk menikmati hidup. Bagi saya, menikmati hidup adalah tidur tanpa perlu pasang alarm.

No comments:

Post a Comment