Saturday, May 18, 2019

Prioritas (!)

Jadi seharian ini saya menjelma ibu rumah tangga. Kemarin sih. Kemarin pagi agak siangan abis mandi saya ke pasar deket rumah. Iya, saya baru punya rumah. Jangan dibalik ya. Bukan punya rumah baru. Ini kali pertama saya (dan Dicky) punya rumah. Jadi ngga ada rumah lama apalagi baru.

Nah, abis dari pasar saya langsung minta anter adik saya ke Kampus Ngagel untuk suatu urusan. Terus cari karpet dan buru-buru pulang karena Dicky sudah otw ke rumah. Jam 4 sore saya sampe rumah. Ganti baju langsung ke dapur untuk eksekusi belanjaan takut keburu Dicky dateng dan magrib.

Saya sempet bingung tuh belanjaan mau dimasak apa yang cepet. Secara saya agak butuh banyak kuantitas karena yang bakal buka puasa di rumah lumayan banyak (at least buat saya, hehe). Apalagi saya terakhir kali masak tiga tahun yang lalu pas masih di Jakarta itupun juarang banget karena ada uwak saya yang masakin. Jadi saya dihadapkan sayur mayur agak kagok juga mau diapain.

Akhirnya saya cuci ikan pindang. Saya cincang bawang putih campurin air dan garem terus saya rendem ikannya. Terus saya potong tempe masukin ke bumbu Racik Indofood haha. . Iya, instan ajalah ben cepet. Lalu saya cuci sayuran dalam satu plastik untuk sayur sop. Sambil saya cuci saya sambil mikir keburu ngga ya masak sop sekaligus sambil inget-inget bumbu sop. Akhirnya saya putuskan ah dioseng ajalah campur telur, lol.

Pas mau potong wortel, Dicky watsap.

Dicky : Sayang, aku masuk tol gempol. Set. 5 jemput ya di tempat kemaren.

Saya liat jam di hp, 16.20.

Saya : gojek ajalah, masak nih

Dicky : jemput rah (baca: lah) sayang. Takut lama gojeknya. Macet juga.

Saya : baiklah

16.27, langsung ganti baju berangkat jemput Dicky. 16.45 udah di TKP. Tapi Dicky baru sampe jam 17 lewat banyak.

Akhirnya kami berdua masak bareng kaya di drama-drama korea itu, eaa. Saya bagian eksekusi oseng sayur telur. Sedangkan Dicky bagian goreng ikan, tahu, tempe. Pas waktu makan,

Dicky : Yah lumayan lah sop mu, ngga jauh beda sama mama. (Jadi ceritanya ini perdana Dicky makan masakan saya).

Saya : Masa'?

Dicky : Iya, sebelas dua puluh lima

Saya : 😂😂. Gpplah yang penting bisa dimakan.

Abis makan, perkara datang, cuci piring segapruk. Yak mari kita laksanakan. Kita? Gue aja. Sendirian. Wkwk. .

Abis cuci piring, saya bersihin kulkas yang sejak pagi saya matikan karena bunga es nya banyak banget. Aer tumpah kemana-mana yang mengharuskan saya untuk ngepel.

Terus saya tepar, tidur jam 11.30 pm. 02.00 bangun. 02.45, dibantuin Dicky nyiapin saur. Ngangetin aja sih plus goreng tahu tempe. Dicky juga nambahin bikin sambel kecap. 03.30 saya bangunin adik saya dan dua orang temannya yang menginap. Saya bilang, "ini diabisin ya, kalo nggak nanti bukanya makan ini lagi, hehe".

Kelar makan, dicky sebat di teras rumah, saya pumping di kamar sampe 5.30. Tidur bentar. 07.00 saya bangun, bangunin Dicky, cuci muka, terus nganter Dicky ke terminal. Pulangnya saya cari toko yang jual selang air. Saya pasang di selang mesin cuci. Terus saya baca petunjuknya. Yaa belum pernah nyuci samsek, wkwk. Saya ambil sisa-sisa baju kotor (karena yang lain dibawa mama pulang, nyahahaha) masukin mesin cuci, kemudian cari deterjen loh kok tinggal satu saset. Akhirnya sambil nyuci saya tinggal ke Indomaret beli deterjen buat orang rumah dan deterjen khusus punya Keefe.

Sampe rumah, sambil nyuci saya masak sop, hehe. . Pokoknya kelar cuci baju, masak, dan cuci piring hasil masak jam 12.30 pm. Sambil nulis blogpost ini saya sambil pumping.

Selama "bekerja" tadi saya salut banget sama IRT terutama mama. Mama mah dedikasi banget. Profesional lah sebagai ibu dan istri. Semua muanya mama yang ngerjain. Emang sekarang-sekarang ini ada mbak ART pulper yang bantuin. Tapi mama ngga serta merta lepas tangan untuk urusan masak. Dan seringkali ada masanya kami ngga ada ART. Lantas apakah anak-anak mama yang tiga orang itu dan seorang suami bantu pekerjaan rumah. Tentyuu tydac. Semua muanya mama.

Minggu lalu, pas ada mama di rumah saya. Saya dimarahin Dicky abis-abisan karena Dicky liat mama saya ke pasar, masak, cuci piring, dan cuci baju semua orang rumah pake tangan (belum ada mesin cuci). Dicky marah karena harusnya itu semua saya yang ngerjain. Padahal saya udah jelasin kalau saya udah ngelarang mama kerja ini itu apalagi cuci baju, saya bilang laundry aja. Tapi gimana dong, tiba-tiba mama udah kerjain ini itu padahal saya ngga kurang-kurang ngelarang. Yakali saya sengaja memperlakukan mama bak ART. Dicky bilang, katanya saya yang kurang inisiatif sampe keduluan mama.

La gimana coba, Keefe kalau ada saya ngga mau sama yang lain. Ngintilin mulu. Apalagi kemarin mau tumbuh gigi. Gendong mulu kalau liat saya. Yaa saya pilih pegang Keefe lah. Meskipun pas Keefe tidur saya juga ikutan tidur.

Saya tau sih omelan Pak Dicky itu adalah bentuk nasehat buat saya, biar saya selalu inget bahwa rumah itu tanggung jawab saya. Bukan mama. Pun Keefe adalah kewajiban saya.

Tapi, berdasarkan hari ini, dimana saya bisa melakukan pekerjaan rumah dari beberes sampe masak, saya jadi bisa buat sebuah prioritas. Kalau nanti ada Keefe dan saya dihadapkan dua pilihan: beberes rumah atau main sama Keefe. Beberes rumah jelas capek tapi main sama Keefe ngga kalah melelahkan. Saya pilih main sama Keefe. Keefe tidur kalau saya masih sanggup saya akan beberes. Tapi kalau saya juga ngantuk maka saya akan ikut tidur lah.

Resikonya dua, rumah berantakan atau kalau ada mama mungkin mama yang akan melakukan pekerjaan rumah. Kedua resiko itu belum termasuk resiko Dicky ngomel. Maka saya akan pilih rumah berantakan dan Dicky ngomel aja. Daripada saya harus kehilangan momen main sama Keefe.

Biar mama masak aja, hehe. Karena ngga mungkin kan saya menghalangi hobi masak Emak Keefe. Ini aja saya rencana mau beli mixer. Bukan buat saya, tapi buat mama, lol. Karena mama bilang mau bawa oven. Baiklah saya yang beli mixer aja, wkwkw.

Terus kerjaan rumah lainnya gimana dong. Cuci baju-setrika, nyapu, dan ngepel di Hari Sabtu atau Minggu aja. Panggil ART pulper, haha. Kan sudah bilang saya mau main sama Keefe. Weekdays kan waktu saya terbatas karena kerja. Masa' weekend saya "kerja" lagi sih. Mainlah sama Keefe. Biarlah dengerin Dicky ngomel karena rumah berantakan. Kan ngga tiap hari juga Dicky ngomel, ya ngga? Haha.

Daripada saya kerja, terus main sama Keefe, Keefe bobok lalu saya harus balik "kerja", bisa-bisa saya yang cranky.

Priotitas ya bukan excuse. Hahaha

Updated: hari berganti, pk 00.54 baru kelar beberes tanpa tidur siang. Huhuhu. . Angkat topi buat IRT.

No comments:

Post a Comment