Thursday, August 8, 2019

Keefe 15 bulan

Nyempetin nulis milestone 15 bulan nih pas lagi nunggu nyuci motor, killing time ceritanya.

15 bulan ini Keefe bisa . . .

dieksploitasi
Udah bisa disuru dan kayanya masih hobi disuru-suru. Eh salah minta tolong maksudnya, wkwkwkw. Ibu lagi skinkeran ada sampah kapas, "Keefe tolong buang dong ke tempat sampah." kutukkutuk dateng dan buang ke tempat sampah. Alhamdulillah lebih banyak dapet jackpot abis buat ke tempat sampah balik lagi. Udah jarang zonk berhasil buang ambil yang laij dari tempat sampah.

Ibu mager terus minta tolong, "Keefe tolong dong matikan kipas angin". Waow tak kusangka bisa loh.

Ibu mau berangkat kerja mau buka pintu lo pintu dikunci. Kunci ngga ada. "Kunci rumah mana ya Keefe?" geol geol celingak celinguk lalu Keefe temukan kunci rumah di karpet depan TV, Keefe ambilkan buat Ibu.

Mang Erik di depan tv ngobrol sama ibu, engkong, dan Emak. Terus Erik ngomong, "Keefe tolong dong ambilin HP di kamar". Yaahh sigap berdiri buat ambil. Kami yang di luar ngintip sambil menertawakan dong, haha. Keefe di dalam sibuk nyari, naik ke atas kasur buka-buka bantal. Buka tas dan tereeenng ketemu ada di bawah tas. Terus tertawa bahagia dan jalan kasih HPnya ke Erik.

Peluk
Emang udah ngerti peluk kan. Kalau tidur kan seringnya di atas badan saya sambil nenen atau badan emak (tentu tidak sambil nenen). Nah sekarang di atas saya tidur terus tangannya meraih tangan saya atau emak terus ditaruh di atas punggungnya.

Kosakata makin banyak
Udah bisa niruin ngomong tante dengan tate. Terus yang terakhir yang bikin bahagia adalah nenen. Beberapa kali saya dengar Keefe bilang bhuu tapi pas disuru ngomong dia ngga mau. Kalau udah keburu manggil ibu dengan mamaaaa. Kalau saya perhatikan Keefe ngga PD ngomong sesuatu yang ngga bisa dia sebut dengan jelas. Pas ngomong tante sekali dengan tate itu dia mau disuru berkali-kali. Nenenpun. Tapi tidak dengan bhuu.

Makan minum auto duduk
Diajarinnya bentar doang. Terus Keefe otomatis duduk. Misal nih dia bawa UHT nyamperin saya sambil "eh eh" minta bukain. Belum saya suru Keefe udah auto duduk. Mau makan pun begitu. Meski kalau makan masih sering ngga betah duduk. Kejar-kejaran lagi.

Iseng
Jadi kan Keefe udah tau rasa panas, udah saya pegangin mangkok bakso panas pas dia maksa pegang. Udah pernah pegang daleman magic com yang super panas. Saya udah bilang itu panas, Keefe tetep buka tutup magic com meski dia hati-hati takut kena pancinya. Saya biarin deh makin dilarang makin jadi kan. Ke nyos dong, kapok. Hahah. Saya bilang, "kan aku sudah bilang kalau panas. Itu namanya panas ya. Coba pegang lagi". Yaa ogah ibuuu. .

Lain cerita, Emak lagi nyetrika. Keefe mendekat ibu emak langsung teriak panaaass. Keefe langsung ngga jadi pegang setrika. Laa tapi dia iseng purapura mau pegang setrika. Emak dan ibu awalnya teriak kan. Terus karena tau ni anak iseng keliatan dari tampang cengengesannya yaudah kami biarin. Kami bilang yaudah deh pegang aja. Yaa ngga dipegang juga.

Tapi karena tau panas Keefe jadi tau sebelum makan harus ditiup.

Iseng suka gigit dan nyubit. Entah tau darimana dia nyubit. Tapi namanya anak makin dilarang makin disuru. Asa perintah dibuat untuk dilanggar.

Variasi permainan
Udah tau kan bola itu ditendang. Sering banget ada bola dia mundur mundur dulu terus jalan maju lalu tendang. Ni anak kenapa ya. Ternyata pas ada Dicky, Dicky lihat Keefe main bola mundur dulu terus bilang, "ooh dia merhatiin pas Al main bola". Oohh good.

15 bulan kemarin Keefe sempat jijik sama nenennya. Dia ogah nenen. Kebingungan. Dia pengen banget nenen. Tapi begitu dibuka dia nangis jijik gitu minta bra saya ditutup. Saya tutup la dia nangis karena pengen nenen. Keefe galau ibu juga dong. Pas mau tidur emak bilang kasih botol ya. Tentu saya tolak. "tunggu dulu coba dulu". Akhirnya sebelum tidur Keefe gelisah buka tutup bra saya. Saya gendong. Saya tidurin lagi. Coba nenen berbagai pose. Sampai akhirnya Keefe ngantuk baru mau nenen karena udah ngga sadar. Tiga hari begitu. Sampai akhirnya saya makin galau karena Emak harus ke Pamekasan dan Keefe harus ikut. Nanti gimana kalau Keefe jadi yakin ngga mau nenen. Waktu itu saya sempet sebel sama keadaan. Terus mama bilang, "Udahlah. Mau kok nenen". Yaudah bekal omongan mama saya relakam Keefe dibawa mama. Tapi saya melepas Keefe tetap dengan kegalauan. Dan akhirnya Keefe balik ke Surabaya dan menyambut nenen dengan suka cita. Ngga drama lagi jijik sama nenen. Alhamdulillaahh. Omongan emak emang tiada duanya.

Dan yah akhirnya di 15 bulan ini saya berhasil imunisasi MR Keefe yang harusnya dilakukan saat usianya 9 bulan. Dokter bilang, "waah ini mamanya nakalan baru imunisasi sekarang". Saya jawab, "Dok lihat deh rekam medis Keefe, saya bawa ke sini itu niatnya vaksin dok, bukan periksa, tapi jadinya ngobat karena Keefe demam."

Beberapa hari kemarin saya ajak Keefe ke Jakarta naik kereta dan pulang dengan pesawat. Sungguh melelahkan akhirnya kumerasakan apa yang ibu-ibu lainnya rasakan. Makin gede makin capek. Mana Keefe caper sama penumpang lainnya. Masa ya dia pegang sampah plastik bekas snacknya dia kasih dong ke penumpang di belakang. Keefe bilang, "ppahh". Maksudmu minta tantenya buat buangin gitu.

Tipsnya apa ajak bayi dengan transportasi umum? Sabaaarrrr. Udah deh berkali-kali menghela napas karena batre bayi asa pake apa ya. Ngga abis-abis terus sekalinya ngecharge cepet banget keisi full.

15 bulan ini Keefe udah saya kasih makanan pedas. Tenang. Itu semua pas saya lagi makan sambel Keefe recok minta. Saya bilang pedes loh. Maksa. Yaudah saya jilatin aja tangan saya ke mulut. Nangis lah kepedesan. Nah udah tau kan yang namanya panas dan pedes. Mau apalagi Keefe? Sini ibu kasih.

No comments:

Post a Comment